Categories: Market

Polisi Iran Tangkap Tujuh Ribu Penambang Mata Uang Kripto Ilegal

Polisi Iran Tangkap Tujuh Ribu Penambang Mata Uang Kripto Ilegal

KalbarOnline, Market – Polisi Iran menangkap tujuh ribu penambang mata uang kripto ilegal, tangkapan terbesar hingga saat ini dari aktivitas mesin boros energi yang telah memperburuk pemadaman listrik di negeri mullah.

Pada akhir Mei lalu, Iran melarang penambangan mata uang kripto seperti Bitcoin selama hampir empat bulan, sebagai bagian dari upaya untuk mengurangi insiden pemadaman listrik di tengah lonjakan konsumsi saat musim panas terik.

Kepala Kepolisian Iran Jenderal Hossein Rahimi mengatakan, 7.000 penambang mata uang kripto ditangkap di sebuah pabrik yang tidak beroperasi lagi di Barat Teheran, kantor berita IRNA melaporkan, seperti dikutip Reuters.

Bitcoin dan mata uang kripto lainnya dibuat melalui proses yang dikenal sebagai penambangan, di mana komputer yang kuat bersaing satu sama lain untuk memecahkan masalah matematika yang kompleks.

Prosesnya sangat intensif energi, seringkali mengandalkan listrik yang dihasilkan oleh bahan bakar fosil, yang melimpah di Iran.

Menurut perusahaan analitik blockchain Elliptic, sekitar 4,5% dari semua penambangan Bitcoin terjadi di Iran, memberikannya ratusan juta dolar pendapatan dari mata uang kripto yang bisa digunakan untuk mengurangi dampak sanksi AS.

Iran telah menerima penambangan kripto dalam beberapa tahun terakhir, menawarkan daya murah dan mengharuskan penambang untuk menjual Bitcoin mereka ke bank sentral.

Teheran mengizinkan mata uang kripto yang ditambang di Iran untuk digunakan membayar barang impor resmi. Listrik murah yang disubsidi negara telah menarik para penambang, terutama dari China, ke Iran. (Kontan)

Redaksi KalbarOnline

Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Kisah ‘Sandwich Generation’ Dirangkai Apik dalam Film Home Sweet Loan

KalbarOnline.com - Fenomena generasi berlapis atau sandwich generation makin sering kita dengarkan. Generasi sandwich atau roti…

8 hours ago

Meta Mulai Menghapus Arsip Instagram, Berikut Cara Memindahkan Data ke Google Drive

KalbarOnline.com - Baru-baru ini, Meta, perusahaan induk dari Instagram mengumumkan perubahan kebijakan terkait pengelolaan arsip…

9 hours ago

Jelang Peringatan HUT TNI ke-79, Kodim Putussibau Gelar Lomba Kreasi Baris Berbaris

KalbarOnline, Putussibau - Dalam rangka memperingati HUT TNI ke-79, Kodim 1206 Putussibau menggelar Lomba Kreasi…

9 hours ago

Tak Mau Jadi Pengkhianat, 34 Kader Demokrat di 5 Kecamatan Kapuas Hulu Mengundurkan Diri

KalbarOnline, Kapuas Hulu - 34 orang kader Partai Demokrat dari 5 kecamatan menyatakan mundur dari…

9 hours ago

FEB Untan Pontianak Kirim 10 Dosen dan Mahasiswa Ikuti ICDC di Unand Padang

KalbarOnline, Padang - Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak mengirimkan 5 dosen…

9 hours ago

Harisson Pastikan Program Beasiswa Pelajar SMA Negeri Berjalan Baik

KalbarOnline, Singkawang - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten…

9 hours ago