Windy Apresiasi Mahasiswa FK Untan Turut Jadi Sahabat Thalasemia

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Kalbar yang juga merupakan Ketua Perhimpunan  Orang Tua Penyandang Thalasemia Indonesia (Popti) Kalbar, Windy Prihastari Harisson menerima audiensi perwakilan angkatan ke-23 Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, Rabu (01/05/2024).

Kedatangan tim tersebut dalam rangka menyampaikan rencana  keterlibatan mereka untuk turut serta mensosialisasikan tentang bagaimana pencegahan  thalasemia di Kalbar.

Windy menyambut baik maksud dan tujuan tersebut, bahwa memang  keterlibatan aktif masyarakat sangat diperlukan, khususnya para pemuda untuk ikut serta mengkampanyekan dan mensosialisasikan mengenai pencegahan dan perawatan thalasemia.

“Sebagaimana diketahui bahwa setiap tahunnya penyandang thalasemia di Kalimantan Barat semakin meningkat, yang mana, thalasemia memang tidak bisa disembuhkan, tetapi sangat bisa dicegah, salah satunya dengan cara mencegah pernikahan sesama pembawa gen thalasemia,” ucap Windy.

Dalam audiensi tersebut, Windy juga menyampaikan pentingnya mengetahui bagaimana cara mengetahui seseorang itu adalah pembawa gen thalasemia atau tidak, yaitu melalui screening thalassemia yang telah dilakukan beberapa kali oleh Popti Kalbar dan Pemprov Kalbar.

“Sebagai wujud kepedulian akan  pencegahan thalasemia, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat bersama POPTI Kalbar telah beberapa kali menggelar kegiatan tersebut (screening thalasemia),” tutur Windy.

Diketahui, peringatan Hari Thalassemia yang jatuh pada tanggal 8 Mei 2024, Popti Kalbar bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kalbar akan menggelar berbagai kegiatan, antara lain sosialisasi pencegahan thalassemia dan aksi-aksi sosial lainnya.

“Sangat penting bagi kita untuk tahu bagaimana pencegahan dan bagaimana pola asuh untuk anak penyandang thalasemia,” tambahnya.

Windy berharap ,semakin banyak pemuda di Kalimantan Barat yang ikut dan berperan dalam mensosialisasikan akan pentingnya pencegahan maupun pola asuh untuk anak-anak penyandang thalasemia.

“Terima kasih FK UNTAN angkatan 23 atas kepedulian dan semoga terus bisa memberikan kontribusi yang terbaik untuk Masyarakat Kalimantan Barat,” kata Windy. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

5 Drama Korea Romantis yang Tayang September 2024, Siap Bikin Baper!

KalbarOnline.com – Para penggemar drama Korea romantis siap-siap terhanyut dengan berbagai judul terbaru yang akan…

2 hours ago

Berlangsung Sengit, Persija Jakarta vs Dewa United Berakhir Tanpa Gol

KalbarOnline.com – Pertandingan Persija Jakarta melawan Dewa United pada lanjutan BRI Liga 1 2024/2025 berakhir…

2 hours ago

2.178 Personel Amankan Pertandingan Persija Jakarta vs Dewa United di GBK

KalbarOnline.com – Pertandingan seru antara Persija Jakarta melawan Dewa United akan digelar pada Senin, 16…

3 hours ago

Tegas! Polsek Boyan Tanjung Larang Aktivitas PETI di Dusun Penemur I Desa Teluk Geruguk 

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Kepala Polsek Boyan Tanjung, IPTU Widiharso,  menggelar sosialisasi dan imbauan kepada…

6 hours ago

5 Fakta Menarik Drama Korea Fragile, Kisah Remaja SMA yang Mencari Jati Diri

KalbarOnline.com – Bulan September ini, ada banyak drama Korea baru yang menarik untuk ditonton, salah…

7 hours ago

Peringatan Maulid Jadi Momentum Aktualisasi Nilai Keteladanan Nabi Muhammad Saw

KalbarOnline, Ketapang - Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Heryandi menghadiri tabligh akbar dalam…

7 hours ago