Sederet Kerajinan Ekraf Kalbar Bakal “Mejeng” di HUT ke-44 Dekranas Tahun Ini, Apa Saja?

KalbarOnline, Pontianak– Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) terus mematangkan kesiapan menghadapi gelaran Hari Ulang Tahun (HUT) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ke-44 yang akan digelar di Solo pada 15 – 18 Mei mendatang.

Berbagai produk kerajinan unggulan terbaik dari para pelaku ekraf Kalbar pun dipersiapkan untuk “mejeng” di ajang yang bakal dihadiri segenap perwakilan dari berbagai provinsi di Indonesia tersebut. Terlebih momentum istimewa tersebut bakal dihadiri langsung oleh Ibu Negara, Iriana Joko Widodo(Jokowi) dan istri Wakil Presiden yang juga merupakan Ketua Dekranas, Wurry Ma’ruf Amin.

Penjabat (Pj) Ketua Dekranasda Provinsi Kalbar, Windy Prihastari mengungkapkan rasa syukurnya, bahwa Kalbar dapat ikut terlibat dalam gelaran HUT ke-44 Dekranas. Ia menyebut, dalam gelaran HUT kali ini, Provinsi Kalbar secara spesial bakal menampilkan parade mobil hias dengan tema kerajinan nusantara. Mobil hias Dekranasda Kalbar itu mengusung desain mobil “Rumah Baluk” yang merupakan rumah adat Dayak Bidayuh.

Ia bahkan telah diminta langsung oleh Ibu Negara Iriana Jokowi pada saat pameran Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2024 lalu, agar replika rumah adat dan musik tradisional sape’ yang ditampilkan pada ajang tersebut dapat juga turut diboyong pada saat gelaran HUT ke-44 Dekranas di Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah. Hal tersebut menurut Windy tentu merupakan keistimewaan bagi Provinsi Kalbar.

Desain mobil hias Pemerintah Provinsi Kalbar yang mengambil tema “Rumah Baluk” yang akan ditampilkan di HUT Dekranas ke-44 di Solo. (Foto: Dekranasda Kalbar For KalbarOnline.com)

“Kita akan tampilkan rumah adat dan alat musik sape’ di hadapan Ibu Negara Iriana Joko Widodo,” ungkap Windy sembari menambahkan bahwa Dekranasda Kalbar beserta kabupaten kota yang turut sebagai peserta, akan mendesain booth Rumah Baluk Dayak Bidayuh.

Sementara mengenai produk yang akan ditampilkan, Windy menyatakan, kalau pada ajang tersebut Dekranasda Kalbar akan menampilkan produk-produk kerajinan unggulan yang telah melewati proses kurasi, baik di tingkat provinsi sampai nasional bersama desainer Samuel Wattimena dan Mariko Timpati. 

Windy turut berharap, kalau keikutsertaan Kalbar kali ini dapat membuahkan motivasi yang tinggi bagi perajin yang terkurasi produknya.

“Kita harus untuk lebih optimis dan senantiasa meningkatkan kualitas kerajinan, promosi, dan mampu berkompetisi dengan produk kerajinan unggulan lain di Indonesia maupun gempuran produk impor, semua dalam rangka menjaga kelestarian seni budaya daerah untuk jadi tuan rumah di negeri sendiri,” tutup Windy. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Bupati Kapuas Hulu Hadiri Deklarasi ODF 4 Desa di Badau

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menghadiri kegiatan deklarasi ODF di Desa…

7 hours ago

Bergabung Bersama 700 Relawan Saro’an di Tebas, Ria Norsan Disambut Antusias

KalbarOnline, Sambas - Calon Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan menghadiri pengukuhan tim kemenangan dan relawan…

7 hours ago

Bang Midji Serahkan Bantuan Sajadah ke Masjid Agung Sultan Anum Sekadau

KalbarOnline, Sekadau - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) periode 2018 - 2023, Sutarmidji bersilaturahmi dengan jemaah…

11 hours ago

Tragedi Perkemahan di Kubu Raya, Harisson Minta Panitia Kemah Perhatikan Kondisi Cuaca

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson turut menyampaikan duka cita yang mendalam…

11 hours ago

Pj Gubernur Harisson Dukung Metode Gasing Diterapkan di Sekolah-sekolah Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson, mendorong penerapan metode belajar berhitung dengan…

11 hours ago

Hari Kedua, Napak Tilas Bupati dan Rombongan Ziarah ke Makam-makam Pahlawan Daerah

KalbarOnline, Ketapang - Rangkaian kegiatan napak tilas tahun 2024 di Kabupaten Ketapang sudah dimulai, salah…

12 hours ago