Sinergi Kemendikbudristek dan Pemerintah Daerah, Bangun Ekosistem Pendidikan Digital

KalbarOnline, Bandung – Dalam rangka memperkuat sinergi dengan pemerintah daerah terkait pemanfaatan platform teknologi pendidikan di tahun 2024, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Layanan Platform Teknologi (BLPT), Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) menyelenggarakan rapat koordinasi bertajuk “Berkobar (Berkolaborasi dan Berbagi) Membangun Sinergi Ekosistem Digital Pendidikan BLPT x Pemerintah Daerah” pada 28 – 31 Mei di Bandung, Jawa Barat.

Adapun unsur pemerintah daerah yang terlibat dalam kegiatan, yaitu dinas pendidikan di 38 provinsi, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) di lingkungan Kemendikbudristek, dan Balai Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan (BTIKP) di masing-masing daerah.

Salah satu pilar dalam menyediakan akses pendidikan berkualitas adalah ekosistem pendidikan digital. Untuk itu, Kemendikbudristek berkomitmen penuh dalam optimalisasi pemanfaatan platform teknologi pendidikan, di antaranya akun belajar.id, Platform Merdeka Mengajar (PMM), Rapor Pendidikan, SIPLah dan ARKAS untuk pengelolaan sumber daya sekolah, dan Platform Kampus Merdeka untuk pendidikan tinggi.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti. Ia mendorong agar sinergi ini dapat berfungsi sebagai media eksplorasi dan kolaborasi terhadap pemetaan program pendidikan Indonesia.

“Dengan mengoptimalkan pemanfaatan platform teknologi dan data pendidikan, kita dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Semangat Berkobar (berkolaborasi dan berbagi) ini menjadi bahan bakar untuk meningkatkan pemanfaatan teknologi secara efektif,” ucap Suharti, di Bandung, Selasa (28/05/2024).

Suharti menyampaikan, pemanfaatan teknologi secara efektif dapat meningkatkan kualitas pendidikan di seluruh provinsi di Indonesia, sekaligus memastikan bahwa setiap siswa mendapatkan kesempatan yang sama untuk meraih pendidikan yang berkualitas.

“Mari bersinergi untuk mewujudkan Merdeka Belajar, yakni kesempatan bagi anak-anak Indonesia untuk merdeka dalam belajar apa pun dan terlepas dari berbagai hambatan yang melatarbelakangi mereka,” katanya.

Berbagai transformasi pendidikan yang dilakukan oleh Kemendikbudristek ditujukan untuk meningkatkan kinerja pendidikan, baik itu pemerataan akses, peningkatan kualitas, dan peningkatan tata kelola. Ketiga hal tersebut perlu didukung oleh penguatan platform teknologi untuk mengakselerasi pencapaian target-target pendidikan yang begitu tinggi.

“Untuk itu, kolaborasi dan partisipasi yang berkelanjutan dari semua stakeholder, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan peran mitra teknologi pendidikan, sangat krusial dalam keberhasilan transformasi digital pendidikan,” tambah Suharti.

Senada dengan itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi, Wibowo Mukti mengatakan, bahwa untuk meningkatkan pemerataan platform teknologi pendidikan di seluruh wilayah Indonesia, BLPT memerlukan dukungan dan kerja sama berbagai pihak untuk dapat mempercepat distribusi dan pemanfaatan platform secara luas.

“Kegiatan ini bertujuan untuk merumuskan strategi sinergitas Pusdatin, BLPT, dan pemerintah daerah dalam pemanfaatan dan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi. Kami berharap berbagai platform yang telah dikembangkan oleh Kemendikbudristek dapat dimanfaatkan dengan baik di level daerah,” ucap Wibowo.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Balai Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan Jawa Barat, Firman Oktora pun menyambut baik inisiatif BLPT dan Pusdatin untuk melakukan kolaborasi bersama. Menurutnya, hal tersebut selaras dengan empat nilai transformasi pendidikan di Jawa Barat, yaitu kolaborasi, integrasi teknologi informasi dan kualitas pendidikan, pemerataan akses pendidikan, dan satu guru satu sertifikat kompetensi.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini menghadirkan sejumlah narasumber yang berkaitan dengan kebijakan transformasi digital, data pendidikan, dan rapor pendidikan daerah, serta mitra platform teknologi pendidikan seperti Canva dan Quizizz.

Hadir pula para Duta Teknologi sebagai mitra BLPT di daerah yang akan berbagi praktik baik terkait pelaksanaan Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) dan Kita Harus Belajar (Kihajar) di provinsinya masing-masing. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Asisten III Resmi Tutup Pameran Pembangunan Hari Jadi KKU 2024, Berikut Ini 3 Stand Terbaik

KalbarOnline, Kayong Utara - Asisten Administrasi Umum (Asisten III) Sekretariat Daerah Kabupaten Kayong Utara, Muhammad…

8 hours ago

Pemerintah Daerah Support Open Turnamen ML Season III, Idham: Jadi Momen Kenalkan Daerah dan Wisata

KalbarOnline, Kayong Utara - Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kayong Utara, Muchamad…

8 hours ago

Bendahara Desa Sungai Nanjung Jadi Tersangka Kasus Korupsi Dana Desa

KalbarOnline, Ketapang - Kepala Urusan (Kaur) Keuangan atau Bendahara Desa Sungai Nanjung Kecamatan Matan Hilir…

9 hours ago

Komite I DPD RI Dukung Penambahan Anggaran Kementerian ATR/BPN

KalbarOnline, Jakarta - Komitmen Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) untuk melaksanakan seluruh…

10 hours ago

Bank Kalbar Sabet Penghargaan Nasional Sebagai Top Bank dengan Modal Inti Kurang dari Rp 6 Triliun

KalbarOnline, Pontianak - Torehan Kinerja apik Bank Kalbar di tahun 2023 berbuah manis dengan semakin…

10 hours ago

Capaian Desa Mandiri di Provinsi Kalbar Meningkat

KalbarOnline, Pontianak - Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) kembali berhasil meningkatkan jumlah desa mandiri sesuai program…

12 hours ago