Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Windy Gaungkan Gerakan Membawa Tumbler

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari mengucapkan selamat memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang setiap tahunnya jatuh pada tanggal 5 Juni.

Windy yang juga menjabat sebagai Kadisporapar Kalbar mengingatkan, agar peringatan hari lingkungan hidup ini tidak hanya diperingati secara seremonial saja, tapi harus dibarengi dengan aksi nyata.

Di momentum peringatan hari lingkungan hidup tahun 2024 ini, Windy turut membuat sebuah aksi atau Gerakan Kalbar Membawa Tumbler.

Gerakan ini sebelumnya sudah digaungkan oleh Windy yang melibatkan peran pemuda di Kalimantan Barat, sebagai upaya untuk mengurangi sampah plastik.

“Saya mengajak agar kita semua untuk bisa mengurangi penggunaan sampah plastik, salah satunya dengan cara membawa tumbler kemanapun kita pergi atau saat beraktivitas,” ujarnya.

Windy mengatakan, gerakan membawa tumbler ini pun, telah diterapkan di lingkungan kerjanya. Windy mewajibkan seluruh ASN di Lingkungan Disporapar Kalbar untuk membawa tumbler ke kantor maupun saat mereka beraktivitas.

“Sebisa mungkin saat aktivitas kita kurangi sampah plastik, dan kita sama-sama belajar untuk membiasakan diri membawa tumbler. Kalau bukan kita, siapa lagi. Maka dari itu, mulailah dari diri sendiri, lingkungan hingga mengajak masyarakat luas,” ujarnya.

Sebelumnya, Pj Ketua TP PKK Provinsi Kalbar bersama Disporapar Kalbar dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalbar telah membagikan ratusan tumbler ke sekolah hingga turun ke jalan-jalan, sebagai aksi nyata dari gerakan membawa tumbler ini.

Bahkan, gerakan ini juga menyasar usia remaja, sebagai upaya untuk membiasakan anak-anak remaja untuk membawa tumbler saat mereka ke sekolah, sehingga bisa dicontoh oleh orang banyak.

“Dan ketika sudah terbiasa membawa tumbler ini di usia mereka yang masih remaja, maka ini akan menjadi kebiasaan mereka kelak. Inilah upaya kita untuk menumbuhkan kecintaan anak kita akan bumi kita, dengan cara mengurangi penggunaan sampah plastik,” ujarnya.

Dalam waktu dekat, Windy juga akan turun kembali untuk membagikan tumbler ini, untuk terus menggaungkan gerakan membawa tumbler ke masyarakat luas. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Menteri BUMN Apresiasi Gerak Cepat PLN Hadirkan Energi Bersih di IKN

KalbarOnline, Kaltim - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengapresiasi gerak cepat PLN…

6 hours ago

Windy Raih Penghargaan Tingkat Nasional, Komitmen Turunkan Stunting Secara TSM

KalbarOnline, Pontianak - Kegigihan Bunda Generasi Berencana (GenRe) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Windy Prihastari dalam…

17 hours ago

Tim SAR Gabungan Temukan Korban Tenggelam di Sungai Momong

KalbarOnline, Bengkayang - Kepala Kantor SAR Pontianak, I Made Junetra menyampaikan, bahwa korban atas nama…

1 day ago

Terima Sertifikat dari Menteri AHY, Warga Petuk Katimpun: Bangga, Terima Kasih Sudah Serahkan Sertifikat Kami

KalbarOnline, Palangka Raya - Sertifikat tanah menjadi hal yang sangat dinantikan oleh para pemilik tanah,…

1 day ago

Turun ke Desa Petuk Katimpun, Menteri AHY: Mengurus Sertifikat Itu Mudah

KalbarOnline, Palangka Raya - Pada setiap kunjungan kerjanya, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan…

1 day ago

Serahkan Sertifikat Tanah Elektronik di Kalimantan Tengah, Menteri AHY: Bagian dari Transformasi Digital

KalbarOnline, Palangka Raya - Sertifikat Tanah Elektronik mulai diimplementasikan di beberapa kabupaten/kota Indonesia. Hal ini…

1 day ago