Tutup TMMD ke-120 di Ketapang, Irdam XII/Tpr Harap Kerja Sama TNI dan Pemda Terus Berlanjut

KalbarOnline, Ketapang – Irdam XII/Tpr, Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang menutup secara resmi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Imbangan ke-120, Kodim 1203/Ktp, di Desa Mayak, Kecamatan Muara Pawan, Kabupaten Ketapang, Jumat (07/06/2024).

Membacakan amanat Pangdam XII/Tpr, Irdam XII/Tpr mengatakan TMMD merupakan bagian dari program bakti TNI yang dilaksanakan dengan melibatkan masyarakat, instansi terkait dan lembaga pemerintahan dengan target program berupa fisik maupun non fisik.

“Sarana fisik maupun non fisik, berupa jalan rabat beton, rehab TPA/surau, jembatan, penerangan, lapangan olahraga, sumur bor dan penghijauan. Non fisik tentang pembekalan wawasan kebangsaan, bahaya narkoba, stunting dan bagaimana rekruitmen menjadi prajurit TNI,” ujarnya.

Irdam XII/Tpr menjelaskan, program ini merupakan upaya TNI dalam mendorong tumbuhnya partisipasi masyarakat di pedesaan dalam membangun daerah, serta meningkatkan kesejahteraan dan terciptanya kondisi keamanan yang kondusif serta sebagai prasyarat berlangsungnya pembangunan berbagai aspek untuk percepatan kemajuan wilayah.

“Ini dilakukan unsur TNI sebagai mitra dan rekan kerja pemerintah daerah dalam berkontribusi membantu percepatan pembangunan daerah. Dengan percepatan itu, outputnya dapat mendorong perekonomian masyarakat,” terangnya.

Sesuai dengan tema yang diusung “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah“, Irdam XII/Tpr berharap, TMMD merupakan langkah awal, di mana sinergitas TNI dan pemerintah daerah dapat terus berlanjut dalam berbagai hal sebagai upaya kemajuan daerah.

“Kita harapkan kerjasama ini terus dilakukan bersama unsur pemerintah daerah dan TNI sehingga pembangunan di wilayah bisa berjalan optimal. Berkelanjutan apakah dalam bentuk TMMD atau karya bakti sehingga peran serta TNI diharapkan,” papar Irdam.

Atas kerjasama dengan pemerintah daerah ini, Irdam XII/Tpr mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga, merawat serta melanjutkan program pembinaan yang telah dilakukan TNI dalam program TMMD yang telah dilakukan.

“Kita berharap apa yang kita lakukan dikerjakan TNI bisa dirawat masyarakat sehingga masa pakainya bisa lebih lama,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo mengungkapkan terima kasih pada TNI yang turut serta membantu pemerintah daerah dalam program TMMD ini.

“Kami mengucapkan terima kasih pada TNI Kodam/ XII/Tpr dan Kodim 1203/Ktp, karena ini memang sangat membantu pemerintah daerah baik berupa fisik maupun non fisik dalam percepatan pembangunan di Ketapang,” katanya.

Meski TMMD telah selesai dilaksanakan, namun kerja sama pemerintah daerah dengan TNI dapat terus berlanjut.

“Kerjasama ini kita lanjutkan pada tahun-tahun mendatang selain TMMD bisa berupa karya bakti, baik itu dari kodam maupun kodim dalam membantu pemerintah daerah untuk terus melakukan pembangunan infrastruktur,” tuturnya.

Upacara Penutupan TMMD tersebut juga dihadiri Kasrem 121/Abw, Aspers Kasdam XII/Tpr, Aslog Kasdam XII/Tpr, Sekda Ketapang, Dandim 1203/Ktp, Kapolres Ketapang, Ketua Persit KCK Cabang XLVII, jajaran Forkopimda, jajaran forkopimcam, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama serta masyarakat. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

PWI Kalbar Lakukan Media Visit ke Kompas TV dan Pontianak Post

KalbarOnline, Pontianak - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Barat melakukan media visit ke dua media…

11 hours ago

Terima Kunjungan PWI Kalbar, Prabasa Anantatur: Saya Senang, PWI Seperti Hidup Kembali

KalbarOnline, Pontianak - Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Prabasa Anantatur menerima kunjungan kehormatan (audiensi)…

12 hours ago

Tiba di Palangka Raya, Menteri AHY Akan Buka Borneo Forum ke-7

KalbarOnline, Palangka Raya - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) RI, Agus…

12 hours ago

Rumah Warisan Keluarga Akhirnya Miliki Sertifikat, Warga Jambi Rasakan Kemudahan PTSL

KalbarOnline, Jambi - Kurnia (33 tahun), salah seorang warga Kelurahan Sijenjang di Provinsi Jambi, resmi…

13 hours ago

Tidak Terima Tetangga Pasang CCTV, Pria di Sungai Rengas Ancam dengan Sajam

KalbarOnline, Kubu Raya - Tim Opsnal Polsek Sungai Kakap mengamankan seorang pria di Sungai Brembang,…

13 hours ago

Devy Harinda Resmikan Penancapan Tiang Pertama Balai Raya Cengkrame Melayu Ketapang

KalbarOnline, Ketapang - Mewakili Bupati Ketapang, Asisten bidang Administrasi Umum Pemkab Ketapang, Devy Harinda meresmikan…

13 hours ago