Polda Kalbar Gelar Sosialisasi dan Asistensi Bidang Keuangan di Polres Kapuas Hulu

KalbarOnline, Putussibau – Bidang Keuangan (Bidkeu) Polda Kalbar menggelar sosialisasi dan asistensi bidang keuangan di Aula Mapolres Kapuas Hulu, Senin (10/06/2024).

Kegiatan yang dipimpin oleh AKBP Tonny Wintara selaku ketua tim sosialisasi dan asistensi dari Bidkeu Polda Kalbar itu dihadiri Wakapolres Kapuas Hulu, PJU dan kapolsek beserta anggota.

AKBP Tonny Wintara menjelaskan, bahwa kegiatan sosialisasi dan asistensi ini terlaksana dengan tujuan membantu dalam hal pertanggungjawaban keuangan yang telah disalurkan dan yang direalisasikan dalam pelaksanaan tugas kepolisian yang dilaksanakan oleh Polres Kapuas Hulu.

“Kami juga mengingatkan bahwa sebentar lagi kita akan memasuki tahapan Operasi Kepolisian Mantap Praja, harapan kami agar bag, sat dan si, saling berkolaborasi mengingat kegiatan tersebut sepenuhnya akan didukung oleh anggaran,” ujarnya.

Terkait dana hibah, ia menyampaikan bahwa pada prinsipnya harus dikelola secara transparan, akuntabel dan efektif.

AKBP Tonny juga menambahkan, bahwa jajaran Polda Kalbar harus lebih teliti dan berhati-hati juga tidak disertai dengan ikatan politik dan tidak terdapat muatan yang dapat mengganggu stabilitas keamanan negara dalam pelaksanaan pilkada tahun ini serta mendukung program pembangunan nasional.

“Bagi anggota yang bertanggung jawab untuk mengelola keuangan di subsatker atau kasium polsek jajaran agar berpedoman sesuai Perkap Nomor 5 Tahun 2022 dalam mengelola administrasi keuangan dan mencatat setiap penerimaan dan pengeluaran anggaran ke dalam buku kas agar tidak terjadi permasalahan ke depan,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakapolres Kapuas Hulu, Kompol Dahomi Baleo Siregar dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran tim dari Bidkeu Polda Kalbar yang melaksanakan sosialisasi dan asistensi di Mapolres Kapuas Hulu.

“Polres Kapuas Hulu telah melaksanakan kegiatan kepolisian secara optimal sesuai dengan perencanaan dan anggaran yang dibuat. Dan kami menyadari bahwa kami masih memiliki kekurangan, mohon arahan dan bimbingan dari Tim terkait pengelolaan anggaran dan sistematis penyalurannya” ucapnya.

Kegiatan tersebut lalu dilanjutkan dengan pendalaman materi oleh Tim dari Bidkeu Polda Kalbar yang meliputi modal belanja pegawai dan barang, penerimaan dana hibah pilkada, pertanggungjawaban penerimaan dan penyetoran PNBP. (Haq)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

PWI Kalbar Lakukan Media Visit ke Kompas TV dan Pontianak Post

KalbarOnline, Pontianak - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Barat melakukan media visit ke dua media…

11 hours ago

Terima Kunjungan PWI Kalbar, Prabasa Anantatur: Saya Senang, PWI Seperti Hidup Kembali

KalbarOnline, Pontianak - Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Prabasa Anantatur menerima kunjungan kehormatan (audiensi)…

12 hours ago

Tiba di Palangka Raya, Menteri AHY Akan Buka Borneo Forum ke-7

KalbarOnline, Palangka Raya - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) RI, Agus…

12 hours ago

Rumah Warisan Keluarga Akhirnya Miliki Sertifikat, Warga Jambi Rasakan Kemudahan PTSL

KalbarOnline, Jambi - Kurnia (33 tahun), salah seorang warga Kelurahan Sijenjang di Provinsi Jambi, resmi…

13 hours ago

Tidak Terima Tetangga Pasang CCTV, Pria di Sungai Rengas Ancam dengan Sajam

KalbarOnline, Kubu Raya - Tim Opsnal Polsek Sungai Kakap mengamankan seorang pria di Sungai Brembang,…

13 hours ago

Devy Harinda Resmikan Penancapan Tiang Pertama Balai Raya Cengkrame Melayu Ketapang

KalbarOnline, Ketapang - Mewakili Bupati Ketapang, Asisten bidang Administrasi Umum Pemkab Ketapang, Devy Harinda meresmikan…

13 hours ago