Kurangi Sampah Plastik, Kadisporapar Windy Terus Galakkan Gerakan Kalbar Membawa Tumbler

KalbarOnline, Pontianak – Kadisporapar Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari terus menggalakkan Gerakan Kalbar Membawa Tumbler, sebagai upaya untuk mengurangi penggunaan sampah plastik pada kehidupan sehari-hari.

Gerakan ini juga telah didukung oleh Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harisson yang telah menginstruksikan untuk meminimalisir penggunaan sampah plastik di lingkungan Pemprov Kalbar. Mulai dari mengganti minuman kemasan saat rapat, dengan penyediaan dispenser untuk isi ulang air para ASN.

Windy juga mengajak berbagai sektor dan industri di Kalbar untuk sama-sama mengelola sampah atau limbah mereka dengan baik. Seperti di industri Perhotelan, Windy mengajak agar perhotelan di Provinsi Kalimantan Barat berinovasi untuk bisa meminimalisir penggunaan sampah plastik, atau bahkan mengusung konsep perhotelan yang ramah lingkungan.

Bahkan dikatakan Windy, alangkah bagus lagi apabila pihak perhotelan bisa melakukan kerjasama dengan beberapa pihak atau komunitas untuk pengelolaan sampah perhotelan yang berkelanjutan.

“Gerakan ini, bisa dimulai misalnya di lingkungan Perhotelan secara perlahan, tapi harus dimulai dari sekarang. Bagaimana pihak hotel bisa meminimalisir penggunaan sampah plastik saat ada acara, misalnya mulai dari mengganti air kemasan plastik dan makanan dengan bahan habis sekali pakai yang tidak mencemari lingkungan,” ujar Windy.

Windy juga mengajak, agar pelaku industri di Kalimantan Barat bisa bersama dalam upaya mengurangi penggunaan sampah plastik saat aktivitas sehari-hari.

“Kalau kita pribadi kemana-mana wajib membawa tumbler, nah mungkin pada saat acara di hotel atau saat lagi pengen staycation, kita juga perlu membawa tumbler. Supaya kita pribadi yang datang ke hotel itu tidak membawa atau menggunakan sampah plastik,” ujar Windy.

Windy mengatakan, Gerakan Kalbar Membawa Tumbler ini akan terus digaungkan, bahkan keterlibatan banyak pihak diharapkan untuk terus menyebarluaskan aksi positif ini, sehingga berdampak baik kepada lingkungan. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Gembiranya Warga Ngabang Saat Jumpa Ria Norsan di Pasar Pagi

KalbarOnline, Ngabang- Sejumlah warga yang tengah berbelanja di Pasar Ngabang dikejutkan dengan kedatangan Ria Norsan.…

2 hours ago

Silaturahmi ke Istana Amantubillah, Raja Mempawah Doakan Sutarmidji Kembali Jadi Gubernur Kalbar

KalbarOnline, Mempawah - Bakal calon Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji bersilaturahmi ke Istana Amantubillah Kesultanan…

12 hours ago

Menparekraf Umumkan 50 Besar ADWI 2024, Termasuk Desa Batu Lintang Sungai Utik

KalbarOnline, Putussibau - Perjalanan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 telah memasuki babak akhir kurasi.…

12 hours ago

Maman Ajak Seluruh Kader Golkar Menangkan Midji-Didi

KalbarOnline, Pontianak - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golongan Karya (Golkar) Kalimantan Barat (Kalbar),…

14 hours ago

Bertemu Tokoh Sanggau, Ria Norsan Minta Doa Restu dan Bertukar Ide Soal Pembangunan ke Depan

KalbarOnline, Pontianak- Bakal Calon Gubernur Kalbar, Ria Norsan berdiskusi bersama tokoh masyarakat Kabupaten Sanggau, Munawar…

14 hours ago

Maman Minta Masyarakat Waspada Jelang Pilkada, Banyak Politisi Bermulut Manis

KalbarOnline, Pontianak - Ketua DPD Partai Golkar, Maman Abdurrahman mengingatkan bahwa Kalimantan Barat memiliki kompleksitas…

15 hours ago