Ani Sofian Ajak Warga Lansia Tetap Produktif

KalbarOnline, Pontianak – Seorang warga lanjut usia, Ahmad (75 tahun) tampak terharu saat mendapat kue ulang tahun perayaan ulang tahun pernikahannya yang ke-47, pada Kamis (13/06/2024), di halaman Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pontianak. HUT pernikahan Ahmad itu jatuh bertepatan dengan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2024.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pontianak, Ani Sofian didampingi Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pontianak, Anita Ani Sofian turut mengucapkan selamat kepada Ahmad.

“Saya doakan Pak Ahmad mudah-mudahan sehat selalu, panjang umur, dan kalau merasa sakit, periksakan diri ke posyandu terdekat. Sampaikan salam saya kepada istri Pak Ahmad dan keluarga,” ujarnya.

Dalam rangka memperingati HLUN 2024, Dinsos Kota Pontianak sengaja mengundang para lansia untuk merayakan bersama di halaman Dinsos Kota Pontianak. Para lansia menerima bantuan berupa paket sembako, tali asih dan kursi roda bagi mereka yang membutuhkannya.

Ani Sofian berharap, para lansia bisa menikmati berkah usia yang sudah dijalani selama ini. Ia berpesan agar warga lansia meningkatkan amal ibadah, melaksanakan ibadah sesuai dengan agamanya serta tetap produktif.

“Kemudian memberi contoh positif kepada anak-anak dan cucu-cucunya supaya lansia di Kota Pontianak ini tetap bahagia dan mudah-mudahan sejahtera,” tuturnya.

Meski di usia lanjut, dia berpesan kepada warga lansia untuk tetap produktif. Paling tidak mereka memberi peran minimal pada diri sendiri dan keluarga. Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak berkomitmen dalam memfasilitasi warga lansia di semua lini dengan memberikan kemudahan dalam pelayanan publik di Kota Pontianak.

“Kita juga berkeinginan mewujudkan Pontianak sebagai Kota Ramah Lansia dengan menyediakan posyandu lansia. Selain itu, Dinsos Kota Pontianak juga konsen memberikan perhatian kepada para lansia,” imbuhnya.

Kepala Dinsos Kota Pontianak, Trisnawati menerangkan, sebagaimana arahan Menteri Sosial RI, bahwa pemerintah daerah harus peduli dan turun langsung memantau lansia yang ada di wilayah masing-masing.

“Jadi beberapa program yang dilakukan oleh Dinsos Kota Pontianak sesuai dengan arahan dari menteri sosial adalah melakukan kunjungan langsung, pemberian bantuan berupa sembako kepada lansia yang ada di tiga kecamatan yang kita temui memang perlu mendapatkan bantuan,” jelasnya.

Menurut Trisnawati, saat ini jumlah warga lansia di Kota Pontianak tercatat sekitar 6 ribu orang. Di HLUN tahun ini, pihaknya juga menyerahkan bantuan paket sembako kepada 75 warga lansia yang tersebar di enak kecamatan. Pemeriksaan kesehatan gratis juga disediakan pihaknya serta pembaharuan dokumen kependudukan.

“Pembaharuan dokumen kependudukan ini untuk menyesuaikan data yang ril saat sekarang untuk memudahkan para lansia,” terangnya. (Jau)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Jelang Pilkada Kapuas Hulu, Bakal Cawabup Sukardi Dikabarkan Belum Kantongi Rekom dari Gerindra

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Bakal calon wakil bupati (cawabup) Kapuas Hulu, Sukardi dikabarkan belum mengantongi…

4 hours ago

Pj Gubernur Harisson Sampaikan Apresiasi Peran TNI Turut Serta Tekan Angka Stunting

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menyampaikan apresiasi mendalam kepada Pangdam XII…

5 hours ago

Hadiri Upacara Hari Bhayangkara ke-78, Pj Gubernur Harisson Ajak Sukseskan Pilkada di Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menghadiri upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-78…

5 hours ago

Pj Gubernur Harisson Hadiri Peringatan Harganas ke-31

KalbarOnline, Semarang - Tiba di Lapangan Pancasila, Simpang Lima Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Penjabat…

5 hours ago

Kapolres Kapuas Hulu Jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-78 Tahun

KalbarOnline, Putussibau - Polres Kapuas Hulu menggelar upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024 dengan…

6 hours ago

Terkait Masalah PETI di Suhaid, Camat Candra Ardiansyah Angkat Bicara

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Daerah aliran Sungai Batang Suhaid di Kecamatan Suhaid, Kabupaten Kapuas Hulu,…

6 hours ago