Tingkatkan Literasi Anak, Pj Bupati Kubu Raya Apresiasi Lomba Bercerita Tingkat Sekolah Dasar

KalbarOnline, Kubu Raya – Penjabat (Pj) Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman mengapresiasi pelaksanaan Lomba Bercerita Tingkat SD/MI se-Kabupaten Kubu Raya yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kubu Raya di Aula Kepong Bakol DPMD Kubu Raya, Selasa (11/06/2024).

“Kegiatan ini dalam rangka pengembangan literasi. Karena kita tahu bahwa dengan pengembangan literasi ini, kita dapat mengukur kemampuan anak dalam belajar dan membaca sehingga dia mampu menyampaikan kembali (apa yang dibaca),” kata Kamaruzaman usai menutup lomba tersebut.

Kamaruzaman mengaku optimis, bahwa lomba bercerita akan dapat meningkatkan minat baca anak di Kubu Raya. Sebab lomba berskala kabupaten itu diikuti oleh para peserta terbaik yang merupakan perwakilan dari seluruh kecamatan yang ada.

Alhamdulillah, ini pelaksanaan di level kabupaten. Dari 18 peserta kita dapat enam pemenang terbaik,” ujarnya.

Lebih jauh Kamaruzaman berharap, lomba bercerita tidak hanya sebagai ajang tahunan. Lomba bercerita, jelasnya, menjadi investasi jangka panjang dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kubu Raya.

“Yakni investasi untuk menciptakan generasi yang cinta membaca sekaligus berperan aktif dalam meningkatkan budaya literasi Indonesia,” jelasnya.

Kamaruzaman pun mengungkapkan upaya untuk meningkatkan literasi anak sejak dini telah lama dilakukan oleh pemerintah kabupaten.

“Selain lomba bercerita, dalam konteks peningkatan literasi ini kita juga menggelar lomba-lomba lainnya seperti lomba mewarnai dan menggambar. Semua potensi untuk meningkatkan literasi ini dari sejak dini sudah kita lakukan di Kubu Raya,” pungkasnya. (Jau)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Selamat Jalan Sayuri, Penyanyi OST Anime My Hero Academia

KalbarOnline.com - Dunia musik Jepang berduka atas kepergian penyanyi berbakat Sayuri, yang dikenal luas lewat…

16 mins ago

Kisah ‘Sandwich Generation’ Dirangkai Apik dalam Film Home Sweet Loan

KalbarOnline.com - Fenomena generasi berlapis atau sandwich generation makin sering kita dengarkan. Generasi sandwich atau roti…

14 hours ago

Meta Mulai Menghapus Arsip Instagram, Berikut Cara Memindahkan Data ke Google Drive

KalbarOnline.com - Baru-baru ini, Meta, perusahaan induk dari Instagram mengumumkan perubahan kebijakan terkait pengelolaan arsip…

15 hours ago

Jelang Peringatan HUT TNI ke-79, Kodim Putussibau Gelar Lomba Kreasi Baris Berbaris

KalbarOnline, Putussibau - Dalam rangka memperingati HUT TNI ke-79, Kodim 1206 Putussibau menggelar Lomba Kreasi…

15 hours ago

Tak Mau Jadi Pengkhianat, 34 Kader Demokrat di 5 Kecamatan Kapuas Hulu Mengundurkan Diri

KalbarOnline, Kapuas Hulu - 34 orang kader Partai Demokrat dari 5 kecamatan menyatakan mundur dari…

15 hours ago

FEB Untan Pontianak Kirim 10 Dosen dan Mahasiswa Ikuti ICDC di Unand Padang

KalbarOnline, Padang - Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak mengirimkan 5 dosen…

16 hours ago