Uji Mental Atlet, Big Boy Biliar Gelar Open Turnament 9 Ball se-Kapuas Hulu

KalbarOnline, Putussibau – Untuk menguji mental serta menambah jam bertanding para atlet pemula, Manajemen Rumah Big Boy Biliar Putussibau menggelar Open Turnamen 9 Ball se-Kabupaten Kapuas Hulu, pada Jumat (14/06/2024).

Open turnamen 9 ball ini dibuka secara resmi oleh Ketua Umum  Pengurus Kabupaten Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (Pengkab POBSI) Kapuas Hulu, M Ishak Buntarman di Big Boy Biliar Putussibau.

Ketua panitia, Nicolaus Purwanto menyampaikan, selaku panitia dirinya mengucapkan selamat datang kepada para atlet yang mengikuti open turnamen 9 ball pemula ini.

“Peserta yang mengikuti open turnamen 9 ball biliar ini berjumlah 64 orang, terdiri dari atlet putra 59 orang dan atlet putri 5 orang,” ujarnya.

Nico yang juga mantan atlet biliar Kapuas Hulu itu menceritakan pengalamannya pada tahun 2017, di mana pernah dilaksanakan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Kapuas Hulu. Pada waktu itu pertandingan olahraga biliar menggunakan meja 7 pit, dan pada tahun yang sama bersama Pengkab POBSI Kapuas Hulu pernah mengikuti kejuaraan daerah (kejurda) biliar se-Kalimantan Barat yang diselenggarakan Pengprov POBSI Kalbar di Sintang.

“Walaupun dengan keterbatasan, belum memiliki meja biliar 9 pit, saya dan Salman Fadli berhasil juara ke 3 se-Kalbar di 9 double,” tuturnya.

Berbeda dengan sekarang, menurut Nico, animo masyarakat pecinta olahraga biliar di Kabupaten Kapuas Hulu sangat banyak, yang diikuti pula dengan kemajuan rumah biliar yang menyediakan meja 9 pit sudah ada dimana mana, baik di Kota Putussibau maupun di kecamatan.

“Perkembangan maupun kemajuan olahraga biliar di Kabupaten Kapuas Hulu sangat pesat,” kata Nico.

(Foto: Pengkab POBSI Kapuas Hulu)

“Kami berharap dengan open turnamen biliar 9 ball pemula ini yang diadakan Rumah Big Boy Biliar bekerja sama dengan POBSI dan KONI Kapuas Hulu, bisa memberikan warna bahwa olahraga biliar adalah olahraga prestasi,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Umum Pengkab POBSI Kapuas Hulu, M Ishak Buntarman memberikan apresiasi atas gelaran open turnamen biliar 9 ball yang diadakan Rumah Big Boy Biliar Putussibau.

“Olahraga biliar adalah olahraga prestasi. Tentunya dengan sering diadakan open turnamen biliar di Kabupaten Kapuas Hulu akan menambah jam tanding maupun pengalaman para atlet olahraga biliar pemula, dan akan bermunculan serta hadirnya atlet olahraga biliar baru  Kabupaten Kapuas Hulu, untuk dipersiapkan pada kejuaraan biliar se Kalimantan Barat nantinya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ishak menyampaikan, bahwa setiap kejuaraan olahraga, seorang atlet bukan hanya didukung dengan sarana prasarana yang lengkap, tetapi seorang atlet itu harus juga disiapkan dan dibekali dengan mental dan fisik. Sehingga saat mengikuti pertandingan atau kejuaraan olahraga khususnya olahraga biliar, mental dan fisik serta skill sudah terbentuk dan atlet itu tidak lagi grogi saat bertanding.

“Kalau ketiga salah satu unsur itu diterapkan, maka seorang atlet akan mampu meraih juara. Di samping itu juga jam tanding dan latihan pun menjadi salah satu kunci dari keberhasilan atlet,” katanya.

“Saya berharap open turnamen biliar 9 ball ini berjalan baik dan menjunjung tinggi sportivitas sebagai seorang atlet. Ikuti dan patuhi aturan aturan yang sudah ditetapkan oleh panitia maupun wasit,” pesan Ishak.

Kepada management Rumah Big Boy biliar beserta panitia, Ishak turut mengucapkan selamat dan sukses atas diselenggarakan open turnamen biliar 9 ball se-Kabupaten Kapuas Hulu.

“Kami berharap kemitraan antara  management Rumah Big Boy biliar   dengan Pengkab POBSI maupun KONI Kabupaten Kapuas Hulu dapat terus terjalin dengan baik untuk kemajuan olahraga biliar di Bumi Uncak Kapuas,” kata Ishak.

(Foto: Pengkab POBSI Kapuas Hulu)

Terpisah, Ketua Umum KONI Kapuas Hulu, Anwar Sanusi menyampaikan apresiasinya atas diselenggarakannya open turnamen biliar 9 ball oleh Management Rumah Biliar Big Boy Putussibau.

“Selamat bertanding dan junjung tinggi sportivitas. Menang ataupun kalah, itu hal yang biasa dalam pertandingan olahraga,” tutur Anwar Sanusi.

Pria yang karib disapa Bang Boy tersebut menambahkan, olahraga adalah kegiatan yang sangat positif sekali guna membentuk karakter atlet agar  berprestasi.

“Serta (melalui olahraga) bisa mengharumkan nama Kabupaten Kapuas Hulu di kejuaraan biliar baik tingkat Provinsi Kalimantan Barat maupun ditingkat Nasional,” ujarnya.

Hadir dalam kesempatan itu Wakil Ketua dan Sekretaris Pengkab POBSI Kapuas Hulu, M Hidayat dan Rohendri Juliardi, Managemen Big Boy Biliar Putussibau, Alvin, Rizal, panitia dan para atlet yang mengikuti open turnamen biliar 9 ball. (Haq)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Tim Basket Putri SMP Pelita Cemerlang Juara 1 Widya Dharma Basketball Cup

KalbarOnline, Pontianak - Universitas Widya Dharma Pontianak menggelar kejuaraan bola basket yang diikuti pelajar dan…

39 mins ago

Ketua Tim Pemenangan Koalisi Menyala Luruskan Tentang Program Pembangunan Listrik di Kapuas Hulu

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Masih adanya klaim mengklaim tentang siapa yang memperjuangkan proyek pembangunan listrik…

2 hours ago

Melki Sedek Huang Kritisi Pembangunan Kalbar Belum Adil dan Merata

KalbarOnline, Pontianak - Aktivis pergerakan, Melki Sedek Huang menjadi salah satu pembicara utama mewakili calon…

2 hours ago

Jadi Pembicara Dialog Kebangsaan BEM-SI, Bang Midji Bocorkan Rahasia Keberhasilannya Saat Pimpin Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Calon Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) nomor urut 1, Sutarmidji menjadi narasumber dialog…

2 hours ago

Cawagub Didi Sarapan Bubur di Pinggir Jalan Landak, Didoakan Pedagang Jadi Wakil Gubernur Kalbar

KabarOnline, Landak - Calon Wakil Gubernur Kalimantan Barat nomor urut 1, Didi Haryono melaksanakan kegiatan…

2 hours ago

Istimewa, 12 Fitur Kecerdasan Buatan Galaxy AI Hadir di Galaxy S24 FE

KalbarOnline.com - Samsung baru saja merilis versi lebih terjangkau dari flagship mereka, yakni Samsung Galaxy…

3 hours ago