CFD di Jalan Ayani Pontianak Kembali Dibuka Mulai 30 Juni 2024

KalbarOnline, Pontianak – Kabar gembira. Mulai tanggal 30 Juni mendatang, Car Free Day (CFD) di Kota Pontianak akan kembali dibuka di Jalan Ahmad Yani (Ayani).

Penjabat (Pj) Wali Kota Pontianak, Ani Sofian menerangkan, pelaksanaan CFD dikembalikan dengan berbagai pertimbangan.

“Sama dengan yang dulu, kemudian sempat ditiadakan karena pandemi covid. Sekarang kita berharap masyarakat bisa berolahraga dengan nyaman,” tuturnya di Kantor Wali Kota Pontianak, Jumat (21/06/2024).

Pj Wali Kota menilai, CFD di Jalan Ayani lebih berkesan dan menarik lebih banyak pengunjung. Kemudian dari sisi ruang terbuka, ruas Jalan Ayani lebih luas dari tempat lainnya. Sehingga menurutnya, masyarakat bisa lebih menikmati suasana Kota Pontianak sembari berolahraga.

“Apalagi sekarang olahraga sudah kian digemari, berbagai kalangan masyarakat saya melihat menggunakan trotoar Jalan Ayani sebagai sarana berolahraga, ada yang jogging dan lainnya,” ucap Ani Sofian.

Kota Pontianak, kata Ani Sofian, dikenal karena tiga hal. Yaitu sikap toleransi masyarakat, kebersihan dan bebas dari bunyi klakson. Ia mengajak masyarakat Kota Pontianak untuk saling menjaga dan memelihara setiap potensi yang dimiliki.

“Yang terpenting adalah kesehatan dengan melakukan aktivitas gerak atau berolahraga, Insyaallah tubuh sehat dan produktif,” tuturnya.

Ani Sofian menambahkan, penyediaan sebuah kawasan CFD merupakan upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak dalam mewujudkan sumber daya manusia yang sehat dan berkualitas. Masyarakat bisa mengisi waktu liburannya dengan melakukan aktivitas bermanfaat dengan berolahraga.

“Salah satu indikator Indeks Pembangunan Manusia (IPM) ada usia harapan hidup, unsur kesehatan sangat berpengaruh, kita ingin mendorong lagi dengan menyediakan wadah olahraga,” tutupnya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pontianak, Trisna Ibrahim menjelaskan, berdasarkan hasil rapat dengan forum lalu lintas, CFD akan berlangsung setiap hari Minggu dimulai dari pukul 06.00 – 09.00 WIB.

“Segmen dari Jalan Perdana sampai dengan gedung ATM BCA. Arus lalu lintas dialihkan ke bagian sebelah ruas,” paparnya.

Trisna menyebut, pihaknya akan berpatroli memantau pelaksanaan CFD agar tetap tertib dan lancar. Kemudian dibantu Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian.

“Arus lalu lintas dipantau satlantas polresta dan dirlantas polda bersama dishub juga,” pungkasnya. (Lid)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

TNI Ajak Masyarakat Perkuat Wawasan Kebangsaan

KalbarOnline, Putussibau – Komando Distrik Militer (Kodim) 1206/Putussibau menggelar kegiatan komunikasi sosial (komsos) dengan komponen…

35 mins ago

PWI Kalbar Komitmen Tingkatkan Sinergi Bangun Daerah

KalbarOnline, Pontianak -  Persatuan Wartawan Indonesia atau PWI Kalimantan Barat melaksanakan audiensi ke PT Bank…

3 hours ago

Terlilit Utang, Remaja di Pontianak Nekat Bobol Kos-kosan, Curi HP dan Uang Rp 2,5 Juta

KalbarOnline, Pontianak – Akibat terlilit utang, seorang remaja berinisial R (19 tahun) nekat mencuri handphone…

5 hours ago

Suasana Baru Ngopi Sambil Menikmati Sungai di Pasar Kapuas Indah Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Pasar Kapuas Indah sepertinya akan menjadi destinasi baru di Kota Pontianak, Kalimantan…

5 hours ago

Raperda RPJPD Jadi Acuan Visi Misi Calon Wali Kota

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak tengah menyempurnakan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rancangan…

5 hours ago

Audisi Duta Genre Kota Pontianak Resmi Dimulai

KalbarOnline, Pontianak – Audisi Duta Generasi Berencana (Genre) Tingkat Kota Pontianak tahun 2024 secara resmi…

5 hours ago