Peringatan HLH Momentum Perkuat Komitmen Jaga Alam

KalbarOnline, Kubu Raya – Menyemarakkan Peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia Tahun 2024, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kubu Raya membagikan bibit pohon buah dan menggelar kegiatan jalan sehat, pada Jumat (21/06/2024).

Ratusan warga, pelajar dan pegawai pemerintah daerah antusias mengikuti kegiatan yang dilepas langsung oleh Pj Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman itu, di halaman Kantor Bupati Kubu Raya.

Syarif Kamaruzaman mengatakan, bahwa peringatan HLH menjadi momen untuk menguatkan komitmen bersama dalam menjaga kelestarian alam.

“Karena ada simbiosis mutualisme (antara manusia dan alam). Diberikannya bibit tanaman buah-buahan ini merupakan wujud konkret untuk melestarikan lingkungan yang hijau dan sehat,” kata Kamaruzaman usai mengikuti jalan sehat.

Dirinya menuturkan, kegiatan menanam tanaman buah ini diharapkan menjadi tradisi bagi Kabupaten Kubu Raya demi keberlangsungan hidup dan kemanfaatan generasi ke depannya.

“Kita berharap momen peringatan Hari Lingkungan Hidup ini tidak hanya sebuah seremonial, tapi ada hal-hal yang konkret yang bisa kita lakukan untuk menjaga keseimbangan alam ini. Makanya ini adalah momen untuk menjaga kondisi lingkungan tetap stabil dan memberikan manfaat buat semua,” ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kubu Raya, Dedy Hidayat mengatakan, jalan sehat yang digelar pihaknya merupakan bagian dari agenda peringatan HLH Sedunia yang diperingati pada 5 Juni setiap tahunnya.

“Pada momentum HLH ini, kami ingin mengingatkan masyarakat betapa pentingnya kita melakukan pengelolaan dan perlindungan lingkungan. Dengan memiliki lahan gambut terluas di Kalimantan Barat, maka Kubu Raya harus mampu mengelola dan memanfaatkan lahan gambut yang dimiliki,” ucap Dedy.

Ia menambahkan, pembagian bibit tanaman buah-buahan juga sebagai bagian dari komitmen Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dalam berkontribusi melestarikan alam dan lingkungan hijau.

“Bibit tanaman yang dibagikan oleh Pj Bupati Kubu Raya ini merupakan bantuan dari Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kubu Raya yang menjadi stimulan agar warga gemar menanam untuk penghijauan di sekitar lingkungannya,” kata Dedy. (Jau)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Jelang Pilkada Kapuas Hulu, Bakal Cawagub Sukardi Dikabarkan Belum Kantongi Rekom dari Gerindra

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Bakal calon wakil bupati (cawabup) Kapuas Hulu, Sukardi dikabarkan belum mengantongi…

59 mins ago

Pj Gubernur Harisson Sampaikan Apresiasi Peran TNI Turut Serta Tekan Angka Stunting

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menyampaikan apresiasi mendalam kepada Pangdam XII…

1 hour ago

Hadiri Upacara Hari Bhayangkara ke-78, Pj Gubernur Harisson Ajak Sukseskan Pilkada di Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menghadiri upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-78…

2 hours ago

Pj Gubernur Harisson Hadiri Peringatan Harganas ke-31

KalbarOnline, Semarang - Tiba di Lapangan Pancasila, Simpang Lima Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Penjabat…

2 hours ago

Kapolres Kapuas Hulu Jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-78 Tahun

KalbarOnline, Putussibau - Polres Kapuas Hulu menggelar upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024 dengan…

2 hours ago

Terkait Masalah PETI di Suhaid, Camat Candra Ardiansyah Angkat Bicara

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Daerah aliran Sungai Batang Suhaid di Kecamatan Suhaid, Kabupaten Kapuas Hulu,…

2 hours ago