Perang Terhadap Narkoba, Kodim Putussibau Gelar Tes Urine Prajurit dan PNS

KalbarOnline, Putussibau – Kodim 1206/Putussibau menggelar tes urine terhadap 56 prajurit dan PNS di lingkungan Kodim Putussibau beserta koramil jajaran, pada Rabu (25/06/2024).

Kegiatan itu difokuskan di Aula Alambhana Makodim 1206/Putussibau, Jalan Piere Tendean, Kelurahan Putussibau Kota, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu.

Dalam kesempatan itu, Dandim 1206/Putussibau yang diwakili Pasi Inteldim 1206/Psb, Lettu Inf Syafridoni mengatakan, bahwa pemeriksaan urine anggota Kodim 1206/Psb ini adalah upaya untuk mencegah, mencari, membasmi dan membersihkan lingkungan TNI AD, khususnya Kodim 1206/Putussibau dari narkoba.

Kegiatan yang merupakan bagian dari program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) itu juga dilaksanakan dalam rangka mencegah keterlibatan anggota Kodim 1206/Putussibau terhadap peredaran dan penggunaan narkoba.

“Kalau ada anggota Kodim Putussibau yang kedapatan memakai narkoba, pimpinan TNI AD tidak segan memecat secara tidak hormat, karena ini sudah jadi atensi dari pusat dan harus dilaksanakan,” tegasnya.

Syafridoni menyebut, kalau tes urine ini sengaja dilakukan secara dadakan dan akan terus dilaksanakan secara berkesinambungan, supaya tidak ada anggota kodim yang berani mencuri kesempatan untuk mencoba barang haram tersebut.

“Seperti diketahui, keseriusan pimpinan TNI dalam memberantas narkoba di lingkungannya dengan memberikan sanksi tegas berupa pemecatan. Kami meminta dukungan dari masyarakat jika kedapatan anggota TNI ada yang menggunakan narkoba agar segera laporkan kepada saya,” pungkas Syafridoni.

Sebagai informasi, tes urin ini dilaksanakan setelah apel pagi, dan tempat pengambilan urine mendapat penjagaan ketat oleh provost serta anggota Unit Inteldim 1206/Putussibau.

Turut Hadir dalam kegiatan itu, Dansubdenpom XII/1-6 Putussibau, Lettu Cpm Mujib, Dan Unit Inteldim 1206/Psb, Letda Inf Sugianto, Danru Provost, Serda Roby Leonardo, Kepala Lab RS Diponegoro, Abdurrachman, Penanggung Jawab Hasil Lab,  Fili Oei beserta para analis Laboratorium RS Diponegoro. (Haq)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Babinsa Koramil 1206-06/Putussibau Utara Berikan Pembinaan Olahraga Umum kepada Murid SDN 01 Putussibau

KalbarOnline, Putussibau - Babinsa Koramil 1206-06/Putussibau Utara jajaran Kodim 1206/Putussibau memberikan pembinaan olahraga umum (oraum)…

12 mins ago

Sambut HUT Bhayangkara ke-78, Polres Kapuas Hulu Gelar Jalan Sehat

KalbarOnline, Putussibau - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-78 tahun 2024, Polres…

14 mins ago

Program Kependudukan dan Keluarga Bupati Kapuas Hulu Dapat Pengakuan Nasional

KalbarOnline, Semarang - Bupati Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, Fransiskus Diaan menerima penghargaan Manggala Karya…

26 mins ago

Digitalisasi Layanan Perizinan Penyelenggaraan Event Dorong Pertumbuhan Ekonomi Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Presiden Joko Widodo secara resmi meluncurkan digitalisasi layanan perizinan penyelenggaraan event, dalam…

52 mins ago

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN Mitigasi Karhutla di Kalimantan Tengah

KalbarOnline, Palangkaraya – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) yang diperingati…

1 hour ago

Pj Gubernur Kalbar Sambut Baik Rencana Presiden Jokowi Meregulasi Tanaman Kratom

KalbarOnline, Pontianak - Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menyambut baik rencana Presiden RI, Joko Widodo…

16 hours ago