Selain Manusia Silver, Kini Ada Manusia Black di Pontianak

KalbarOnline, Pontianak – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pontianak kembali berhasil mengamankan dua orang gelandangan dan pengemis (gepeng) yang sedang beraksi di salah satu kawasan lampu merah Kota Pontianak pada Selasa (25/06/2024). Satu di antaranya adalah manusia black atau manusia hitam.

Kasatpol PP Kota Pontianak, Ahmad Sudiyantoro mengungkapkan, dalam operasi tersebut pihaknya berhasil mengamankan satu pria berpakaian serba hitam, yang juga kedapatan membawa dua kantong bubuk dan senjata tajam.

“Kami mengamankan satu pria hitam, black semuanya, beserta dua kantong bubuk, juga ditemukan senjata tajam, itu identitasnya dari luar Kota Pontianak,” jelas Ahmad.

Tidak hanya melakukan penangkapan, selanjutnya dua gepeng tersebut diarahkan ke Dinas Sosial Kota Pontianak untuk mendapatkan pembinaan lebih lanjut. Ahmad menekankan, bahwa peran lingkungan sekitar juga turut mempengaruhi fenomena ini.

“Fenomena ini tak terlepas dari lingkungan sekitar. Yang silver saya interogasi mereka mencontoh, beli produk dari online satu bungkus Rp 500 sampai Rp 600 ribu,” tambahnya.

Ahmad Sudiyantoro mengungkapkan, bahwa fenomena gepeng yang mengubah penampilan mereka menjadi “Manusia Silver” dan “Manusia Black” telah menjadi perhatian serius. Mereka ditangkap karena dinilai meresahkan masyarakat dengan cara mereka yang tidak lazim untuk meminta belas kasihan.

“Memang tambah banyak, orangnya itu-itu saja. Kemarin bawa kaleng nyanyi, sekarang gitar disimpan mulai di cat. Fenomena ini digunakan dengan cara yang salah untuk meminta, kadang mereka bikin ribut di jalan itu yang bikin masyarakat resah,” ujar Ahmad.

Satpol PP Kota Pontianak terus berupaya menjaga ketertiban dan keamanan di kota ini, serta mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menanggulangi fenomena gepeng yang meresahkan. (Lid)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Tim SAR Gabungan Temukan Korban Tenggelam di Sungai Momong

KalbarOnline, Bengkayang - Kepala Kantor SAR Pontianak, I Made Junetra menyampaikan, bahwa korban atas nama…

1 hour ago

Terima Sertifikat dari Menteri AHY, Warga Petuk Katimpun: Bangga, Terima Kasih Sudah Serahkan Sertifikat Kami

KalbarOnline, Palangka Raya - Sertifikat tanah menjadi hal yang sangat dinantikan oleh para pemilik tanah,…

1 hour ago

Turun ke Desa Petuk Katimpun, Menteri AHY: Mengurus Sertifikat Itu Mudah

KalbarOnline, Palangka Raya - Pada setiap kunjungan kerjanya, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan…

1 hour ago

Serahkan Sertifikat Tanah Elektronik di Kalimantan Tengah, Menteri AHY: Bagian dari Transformasi Digital

KalbarOnline, Palangka Raya - Sertifikat Tanah Elektronik mulai diimplementasikan di beberapa kabupaten/kota Indonesia. Hal ini…

1 hour ago

Babinsa Koramil 1206-06/Putussibau Utara Berikan Pembinaan Olahraga Umum kepada Murid SDN 01 Putussibau

KalbarOnline, Putussibau - Babinsa Koramil 1206-06/Putussibau Utara jajaran Kodim 1206/Putussibau memberikan pembinaan olahraga umum (oraum)…

2 hours ago

Sambut HUT Bhayangkara ke-78, Polres Kapuas Hulu Gelar Jalan Sehat

KalbarOnline, Putussibau - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-78 tahun 2024, Polres…

2 hours ago