Pj Bupati Kamaruzaman Resmikan 123 Lapak Swadaya Pasar Bahagia Kuala Dua

KalbarOnline, Kubu Raya – Penjabat (Pj) Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman meresmikan 123 lapak swadaya pedagang Pasar Bahagia Desa Kuala Dua, Kecamatan Sungai Raya, pada Jumat (28/6/2024).

Selain menjual kebutuhan pokok, pasar yang beroperasi mulai pukul 02.00 dini hari itu juga menyuplai untuk pasar induk Kota Pontianak yakni Pasar Flamboyan.

Syarif Kamaruzaman mengatakan, setelah diresmikan, pelaku pasar segera mendapatkan akses kredit usaha rakyat sehingga semakin kokoh menopang perekonomian masyarakat dan berdampak pula kepada para petani penghasil komoditas.

“Pasar ini ke depan bisa menjadi sebuah model bagi pasar-pasar yang masih ilegal. Pemerintah daerah juga memberikan izin kepada mereka secara gratis supaya dapat berusaha dengan baik, tenang, dan legal dengan diberikannya dasar hukum kepada pedagang,” katanya.

Kamaruzaman menjelaskan lapak yang disediakan berjumlah 123 unit dan melebihi dari jumlah pedagang. Sehingga relokasi tersebut sangat mencukupi.

“Lebih banyak lapaknya ketimbang pedagangnya dan kita terus melakukan komunikasi agar pedagang yang berada di luar bisa pindah ke dalam,” ujarnya.

Kamaruzaman menambahkan, pada peresmian itu, dirinya turut menghadirkan sejumlah kepala perangkat daerah terkait. Hal tersebut demi mengoptimalkan keberadaan pasar dengan segala fasilitas pendukungnya. Terutama terkait dengan lahan parkir agar pihak pengelola bisa menertibkan guna kelancaran mobilitas masuk-keluar orang dan barang.

“Selanjutnya dari sisi kesehatan terkait dengan higienitas, pasar ini memberikan keyakinan kepada pembeli bahwa ini pasar sehat dari aspek pengolahan dan tata kelola limbah-limbah yang ada,” katanya.

“Termasuk dari Satpol PP bagaimana untuk mengamankan kondisi supaya pembeli dan pedagang bisa bertransaksi dengan lancar,” tambah Kamaruzaman.

Selanjutnya, ia juga meminta dinas komunikasi dan informatika untuk bisa memberikan informasi terkait keberadaan Pasar Bahagia tersebut.

“Sehingga dapat diketahui oleh masyarakat bahwa Desa Kuala Dua memiliki pasar yang bisa menampung 123 pedagang yang direlokasi,” tutupnya. (Jau)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Asisten III Resmi Tutup Pameran Pembangunan Hari Jadi KKU 2024, Berikut Ini 3 Stand Terbaik

KalbarOnline, Kayong Utara - Asisten Administrasi Umum (Asisten III) Sekretariat Daerah Kabupaten Kayong Utara, Muhammad…

8 hours ago

Pemerintah Daerah Support Open Turnamen ML Season III, Idham: Jadi Momen Kenalkan Daerah dan Wisata

KalbarOnline, Kayong Utara - Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kayong Utara, Muchamad…

8 hours ago

Bendahara Desa Sungai Nanjung Jadi Tersangka Kasus Korupsi Dana Desa

KalbarOnline, Ketapang - Kepala Urusan (Kaur) Keuangan atau Bendahara Desa Sungai Nanjung Kecamatan Matan Hilir…

9 hours ago

Komite I DPD RI Dukung Penambahan Anggaran Kementerian ATR/BPN

KalbarOnline, Jakarta - Komitmen Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) untuk melaksanakan seluruh…

10 hours ago

Bank Kalbar Sabet Penghargaan Nasional Sebagai Top Bank dengan Modal Inti Kurang dari Rp 6 Triliun

KalbarOnline, Pontianak - Torehan Kinerja apik Bank Kalbar di tahun 2023 berbuah manis dengan semakin…

10 hours ago

Capaian Desa Mandiri di Provinsi Kalbar Meningkat

KalbarOnline, Pontianak - Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) kembali berhasil meningkatkan jumlah desa mandiri sesuai program…

12 hours ago