Audisi Duta Genre Kota Pontianak Resmi Dimulai

KalbarOnline, Pontianak – Audisi Duta Generasi Berencana (Genre) Tingkat Kota Pontianak tahun 2024 secara resmi dimulai. Bunda Genre Kota Pontianak, Anita Ani Sofian membuka secara simbolis agenda tersebut.

Dalam kesempatan itu, Bunda Anita berharap, kehadiran duta genre dapat menjadi figur yang memiliki kemampuan dan keterampilan untuk mengajak remaja ke arah positif.

“Ada dua pendekatan, pertama terhadap remaja itu sendiri melalui Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) dan pendekatan kepada orang tua melalui program Bina Keluarga Remaja (BKR),” terangnya di Aula Sekretariat TP PKK Kota Pontianak, Rabu (03/07/2024).

Bunda menerangkan, genre adalah satu di antara upaya pemerintah untuk mencegah kenakalan remaja seperti penyalahgunaan narkoba dan hubungan seks di luar pernikahan. Untuk itu, ia berpesan kepada kelompok PIK-R agar secara aktif melaksanakan kegiatan setiap bulan.

“Aktif memberikan penyuluhan, sosialisasi tentang materi yang berkaitan dengan remaja, agar remaja tersebut memahami permasalah seputar seksualitas, penyakit menular seksual dan lainnya. Utamakan program kerja yang menyentuh masyarakat di lingkungan kita tinggal,” pesannya.

Remaja merupakan generasi harapan bangsa. Kemajuan Indonesia ke depan, menurut dia, bergantung bagaimana cara merencanakan dan menyiapkan remaja Indonesia yang berkualitas.

“Berkualitas memiliki kecerdasan intelektual, spiritual serta emosional yang kuat,” sebutnya.

Saat ini, persoalan kenakalan remaja masih kerap terjadi di belahan negeri. Bunda Anita menambahkan, Indonesia akan gemilang di masa mendatang jika mampu melahirkan remaja yang unggul dan berdaya saing.

“Jika kenakalan remaja tidak dihentikan dan tidak menjadi keseriusan bersama, dikhawatirkan membawa dampak negatif bagi bangsa dan negara. Pemerintah terus melakukan berbagai program lintas institusi dengan pendekatan preventif,” imbuhnya.

Bunda Anita menyampaikan, Duta Genre Kota Pontianak mengandung nilai-nilai moral yang baik dan jangan hanya digelar dengan bersifat seremonial saja tetapi juga mengedepankan esensi.

“Semoga menjadi remaja yang sehat, berprestasi, berinovasi, hebat dan mandiri,” pungkasnya yang juga selaku Pj Ketua TP PKK Kota Pontianak. (Jau)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Pj Gubernur Harisson Dukung Kapolda Kalbar Berantas PETI

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson, secara tegas menyatakan dukungannya terhadap upaya…

14 seconds ago

UKW 2024 PWI Kalbar bersama PLN Resmi Digelar

KalbarOnline, Pontianak - Ujian Kompetensi Wartawan PWI Kalbar Tahun 2024 bekerja sama dengan PLN Unit Induk…

2 hours ago

Sakau Menggunakan Sabu, Pria Ini Nekat Panjat Atap Hotel di Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Seorang pria ditemukan dalam kondisi sakau narkoba jenis sabu, ia nekat memanjat…

12 hours ago

Windy Prihastari Nahkodai Yayasan Kanker Indonesia di Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harisson resmi mengukuhkan pengurus Yayasan Kanker Indonesia untuk…

12 hours ago

Pengurus Masjid At Tanwir Al Kazhim Kalbar Adakan Kegiatan Penanaman Pohon

KalbarOnline, Pontianak - Pengurus Masjid At Tanwir Al Kazhim yang berada di bawah Pimpinan Wilayah…

12 hours ago

PLN Manfaatkan Isolator Sebagai Inovasi Media Transplantasi Terumbu Karang Pantai Damba Enggang Borneo Balikpapan

KalbarOnline.com – Perusahaan Listrik Negara (PLN) tidak hanya fokus pada penyediaan energi, tetapi juga berperan…

16 hours ago