Raperda RPJPD Jadi Acuan Visi Misi Calon Wali Kota

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak tengah menyempurnakan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 Kota Pontianak.

Pj Wali Kota Pontianak Ani Sofian menerangkan, Raperda tersebut merupakan tindak lanjut dari RPJPN.

“Kami bacakan kepada legislatif sebagai dasar nanti bagi mereka yang akan maju menjadi calon wali kota,” ungkapnya usai Rapat Paripurna 3 dan 4 Masa Persidangan III di Gedung DPRD Kota Pontianak, Kamis (04/07/2024).

Bagi individu yang hendak mencalonkan diri menjadi Wali Kota Pontianak, terang Ani Sofian, perlu mengacu pada RPJPD 2025-2045 dalam merumuskan visi dan misi sebelum menjadi kepala daerah.

“Para calon mengacu RPJPD dalam merumuskan visi dan misi untuk menjadi Wali Kota Pontianak ke depan,” imbuh Ani Sofian.

Bersamaan dengan penyampaian Raperda tersebut, Pj Wali Kota juga mendengarkan pandangan fraksi atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Pontianak tahun 2023.

“Jadi banyak hal yang harus tingkatkan sesuai dengan pendapat fraksi tadi dan besok kami akan menyampaikan jawaban dari pandangan umum DPRD Kota Pontianak,” jelasnya.

Ani Sofian menerangkan, pandangan fraksi banyak fokus membahas peningkatan pendapatan daerah lewat retribusi daerah. Selain itu juga perbaikan drainase di beberapa titik di Kota Pontianak.

“Dipandang teman-teman DPRD sektor ini masih bisa ditingkatkan karena potensinya masih banyak, tentu didukung masyarakat Kota Pontianak agar peningkatan pembangunan bisa dilaksanakan,” sambungnya.

Ketua DPRD Kota Pontianak, Satarudin menerangkan, pihaknya mendorong eksekutif untuk meningkatkan pendapatan daerah Kota Pontianak. Ia menilai, potensi pendapatan perlu dioptimalkan.

“Sudah banyak membahas itu, besok kita mendengar jawaban dari Pj Wali Kota seperti apa, ada beberapa target belum tercapai apakah SDM kurang atau bagaimana akan kita perdalam di pembahasan anggaran,” pungkasnya. (Jau)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Pj Gubernur Harisson Dukung Kapolda Kalbar Berantas PETI

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson, secara tegas menyatakan dukungannya terhadap upaya…

1 hour ago

UKW 2024 PWI Kalbar bersama PLN Resmi Digelar

KalbarOnline, Pontianak - Ujian Kompetensi Wartawan PWI Kalbar Tahun 2024 bekerja sama dengan PLN Unit Induk…

3 hours ago

Sakau Menggunakan Sabu, Pria Ini Nekat Panjat Atap Hotel di Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Seorang pria ditemukan dalam kondisi sakau narkoba jenis sabu, ia nekat memanjat…

13 hours ago

Windy Prihastari Nahkodai Yayasan Kanker Indonesia di Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harisson resmi mengukuhkan pengurus Yayasan Kanker Indonesia untuk…

13 hours ago

Pengurus Masjid At Tanwir Al Kazhim Kalbar Adakan Kegiatan Penanaman Pohon

KalbarOnline, Pontianak - Pengurus Masjid At Tanwir Al Kazhim yang berada di bawah Pimpinan Wilayah…

13 hours ago

PLN Manfaatkan Isolator Sebagai Inovasi Media Transplantasi Terumbu Karang Pantai Damba Enggang Borneo Balikpapan

KalbarOnline.com – Perusahaan Listrik Negara (PLN) tidak hanya fokus pada penyediaan energi, tetapi juga berperan…

17 hours ago