Pastikan Distribusi Pupuk Subsidi Tepat Sasaran

KalbarOnline, Kubu Raya – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harrison didampingi Pj Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman meninjau Kios Pupuk Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Makarti Mukti Tama di Desa Rasau Jaya Satu, Kecamatan Rasau Jaya, Rabu (03/07/2024). Peninjauan ini guna memastikan distribusi pupuk subsidi kepada petani tepat sasaran.

“Tidak ada kemungkinan-kemungkinan untuk penyelewengan,” jelas Harisson.

Berdasarkan keterangan Ketua Gapoktan Makarti Mukti Tama, kata Harisson, untuk menebus pupuk yang tersedia di kios harus melalui aplikasi. Hal itu guna mempersempit terjadinya penyelewengan penyaluran pupuk.

“Yang menjadi persoalan, petani harus datang ke kios, melampirkan KTP-nya dalam aplikasi dan harus tanda tangan melalui aplikasi juga. Kesulitan itu dialami oleh petani yang jauh dari kios Gapoktan ini,” ujar Harisson.

Untuk mengatasi hal itu, kata Harisson, pihaknya akan mengusulkan kepada Kementerian Pertanian agar mempermudah pendistribusian pupuk.

Sementara itu, Pj Bupati Syarif Kamaruzaman mengatakan, kalau kios pupuk bersubsidi saat ini telah ada di delapan kecamatan di Kubu Raya dengan total 14 kios. Tinggal satu kecamatan yang belum terdapat kios pupuk, yakni Kecamatan Batu Ampar yang saat ini masih dalam proses pengadaan kios.

“Hingga saat ini ketersediaan pupuk aman. Yang menjadi persoalan, pupuk ini bisa didapatkan petani dengan cepat namun harus menggunakan aplikasi. Terlebih jarak petani dengan kios cukup jauh dan kebutuhan internet juga menjadi kendala petani untuk mendapatkan pupuk,” katanya.

Kamaruzaman mengungkapkan, yang saat ini diupayakan adalah bagaimana kios bisa lebih mudah dijangkau petani khususnya petani yang jauh. (Jau)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Capaian Realisasi Anggaran Wilayah Kanwil BPN Provinsi Bengkulu Tuai Apresiasi

KalbarOnline, Bengkulu - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melakukan evaluasi dan pembinaan…

7 hours ago

Kunjungi Kantah Kabupaten Gresik, Menteri AHY Memotivasi Jajaran Garda Terdepan Kementerian ATR/BPN

KalbarOnline, Gresik - Usai melakukan serangkaian kegiatan di Kompleks Makam Sunan Giri, Menteri Agraria dan…

7 hours ago

Serahkan Sertifikat Tanah Wakaf Elektronik, Menteri AHY: Semangat Pemerintah Modernisasi Layanan Pertanahan

KalbarOnline, Gresik - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono…

7 hours ago

Perkuat Sinergi dan Kolaborasi Keandalan Listrik, PLN Kunjungi Tiga Kejaksaan Tinggi di Kalimantan

KalbarOnline - PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan bersama…

14 hours ago

Kemacetan Panjang di Jalan Semuntai – Sekadau

KalbarOnline, Sanggau - Kemacetan panjang terjadi di Jalan Semuntai - Sekadau. Sejak Sabtu (06/07/2024) kemarin,…

14 hours ago

Pj Gubernur Harisson Dukung Kapolda Kalbar Berantas PETI

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson, secara tegas menyatakan dukungannya terhadap upaya…

21 hours ago