Pemprov Kalbar Dukung Optimalisasi Peran Petani Milenial

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menyambut baik audiensi dari PW Duta Petani Milenial/Andalan (DPM-DPA) dibawah Kementerian Pertanian Republik Indonesia Provinsi Kalbar, di Pendopo Gubernur Kalbar, Senin (01/07/2024).

Dalam kesempatan itu, Harisson menyatakan akan mendukung penuh dalam hal kebijakan yang kelak akan diambil untuk membantu petani milenial dalam mengembangkan penjualan hasil taninya, demi kesejahteraan petani itu sendiri.

“Saya mendukung terobosan yang telah dilakukan oleh petani milenial dalam mengembangkan usaha taninya kearah yang lebih modern, Pemprov Kalbar melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalbar kelak akan melakukan pembinaan kepada Petani Milenial agar dapat lebih terarah,” ujarnya.

Ia memandang, kehadiran petani milenial dapat menumbuhkan semangat anak-anak muda untuk bertani, yang sudah sangat sulit ditemukan petani dari kalangan anak muda.

“Ini lah salah satu upaya untuk menggerakkan lagi agar generasi muda  cinta pertanian dan mau jadi petani,” katanya.

Pemprov Kalbar, lanjut dia, melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalbar akan mengarahkan petani milenial untuk menjadi mitra dari kelompok tani yang ada, agar dapat meningkatkan pemasaran untuk kesejahteraan para petani.

“Terutama dari segi pemasaran, agar petani-petani kita dapat sejahtera, meningkatkan produksi hasil pertaniannya dan menjual hasil taninya di dalam negeri maupun luar negeri,” katanya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalbar, Florentinus Anum menambahkan, bahwa pihaknya akan melakukan pendataan terhadap petani milenial dan produksi tani yang dihasilkan, serta akan melakukan rapat kerja untuk menentukan langkah ke depan.

“Petani milenial akan kita data sebaik mungkin, dan kita akan melakukan rapat-rapat kerja tingkat Provinsi Kalbar untuk menentukan langkah yang tepat kedepannya seperti apa,” ungkapnya.

Sementara itu, Korwil Petani Milenial Provinsi Kalbar Firminus Dodi menyampaikan harapannya agar mendapatkan bimbingan dan dukungan dari pemerintah daerah, sehingga mereka dapat mempertahankan dan mengembangkan generasi penerus petani-petani muda yang ada di Kalbar.

“Petani milenial inilah sebagai generasi penerus untuk orang-orang  tua dalam mencukupi kebutuhan pangan. Untuk mengoptimalkan hal tersebut dibutuhkan aksesibilitas alat-alat mesin pertanian dapat kami miliki untuk menggenjot produksi pangan di Kalbar,” katanya.

Firminus menyampaikan, pembinaan dari pemerintah daerah diperlukan agar produksi dan pemasaran tani lebih terarah dan terukur.

“Dan kita juga berharap dapat dilibatkan dalam kegiatan skala lokal dan nasional, agar dapat belajar dan menambah pengalaman serta ilmu baru pada bidang pertanian dan perdagangan hasil tani tersebut,” ujarnya. (Jau)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

RSUD Tuan Besar Syarif Idrus Resmi Jadi Nama Rumah Sakit Kubu Raya

KalbarOnline, Kubu Raya - Penjabat (Pj) Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman meresmikan nama Rumah Sakit…

8 hours ago

APBD Perubahan Kubu Raya 2024 Diketok, Kamaruzaman: Koordinasi Antar Mitra Setara Harus Terus Dijaga

KalbarOnline, Kubu Raya – Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (RAPBD-P) Tahun Anggaran 2024…

8 hours ago

Pj Bupati Kubu Raya Harap Pilkada Berjalan Lancar

KalbarOnline, Kubu Raya - Penjabat (Pj) Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman memberikan apresiasi kepada Polres…

8 hours ago

Kalbar Siap Implementasikan Transformasi “New Posyandu” dengan 6 Bidang Pelayanan

KalbarOnline, Tangerang - Penjabat (Pj) Ketua Pembina Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Provinsi Kalimantan Barat, Windy…

8 hours ago

Pj Gubernur Harisson Serukan Netralitas ASN dan Kesiapan Pengamanan Pilkada Kalbar 2024

KalbarOnline.com – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kalimantan Barat tahun 2024, Penjabat Gubernur Kalimantan…

9 hours ago

Pj Gubernur Lepas Kontingen Kalbar Menuju PON XXI

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson Azroi secara resmi melepas kontingen Kalbar…

9 hours ago