Wabup Ketapang Ucapkan Selamat atas Opini WTP ke-8 Pemerintah Pusat

KalbarOnline, Jakarta – Wakil Bupati Ketapang, Farhan menghadiri acara penyampaian hasil pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2023.

Acara tersebut dihadiri Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin serta jajaran Kabinet Indonesia Maju, di Gedung Jakarta Convention Center, Senayan Jakarta, Senin (8/7/2024).

Presiden Jokowi menerima langsung penyerahan LHP LKPP tahun 2023 dari Ketua BPK RI dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Presiden Jokowi dalam kesempatan tersebut menyampaikan, bahwa penghargaan dan apresiasi serta terima kasih kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK RI) yang telah melaksanakan tugas pemeriksaan keuangan negara dan terus meningkatkan profesionalismenya dalam fungsi pemeriksaan.

“Saya juga ingin menyampaikan selamat kepada seluruh jajaran pemerintah pusat dan daerah atas predikat WTP dalam laporan keuangan pemerintah tahun ini,” ujarnya.

Selain itu, Presiden Jokowi mengingatkan, kalau predikat  WTP bukan sebuah prestasi, melainkan kewajiban.

“Sering saya sampaikan, WTP bukan prestasi, tapi WTP adalah kewajiban menggunakan, menjalankan dan mempertanggungjawabkan APBN dan APBD secara baik,” kata Jokowi.

Terakhir, dalam sambutannya, Presiden Jokowi meminta kepada para menteri, kepala lembaga, dan kepala daerah agar segera menindaklanjuti dan menyelesaikan rekomendasi-rekomendasi dari pemeriksaan BPK agar pengelolaan keuangan APBN dan APBD semakin baik.

Sementara itu, Wakil Bupati Ketapang usai kegiatan memberikan ucapan selamat kepada pemerintah pusat yang telah meraih opini  WTP untuk ke-8 kalinya. Lebih lanjut ia juga akan menindaklanjuti apa yang telah disampaikan presiden dalam pidatonya.

“Kami tadi hadir sekaligus mendengarkan arahan Bapak Presiden serta Kepala Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. Dari arahan tersebut, kita akan menindaklanjuti apa yang menjadi perhatian Bapak Presiden, sebagaimana yang telah kita laksanakan selama ini,” ujar Farhan.

Oleh karena itu menurutnya, laporan keuangan yang transparan dan akuntabel merupakan kunci untuk membangun kepercayaan publik serta memastikan pembangunan yang berkelanjutan.

Turut hadir dalam Acara ini, seluruh pimpinan lembaga negara, menteri Kabinet Indonesia Maju, kepala daerah gubernur/bupati/ wali kota dan ketua DPRD seluruh Indonesia. (Adi LC)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

5 Drama Korea Romantis yang Tayang September 2024, Siap Bikin Baper!

KalbarOnline.com – Para penggemar drama Korea romantis siap-siap terhanyut dengan berbagai judul terbaru yang akan…

2 hours ago

Berlangsung Sengit, Persija Jakarta vs Dewa United Berakhir Tanpa Gol

KalbarOnline.com – Pertandingan Persija Jakarta melawan Dewa United pada lanjutan BRI Liga 1 2024/2025 berakhir…

3 hours ago

2.178 Personel Amankan Pertandingan Persija Jakarta vs Dewa United di GBK

KalbarOnline.com – Pertandingan seru antara Persija Jakarta melawan Dewa United akan digelar pada Senin, 16…

3 hours ago

Tegas! Polsek Boyan Tanjung Larang Aktivitas PETI di Dusun Penemur I Desa Teluk Geruguk 

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Kepala Polsek Boyan Tanjung, IPTU Widiharso,  menggelar sosialisasi dan imbauan kepada…

6 hours ago

5 Fakta Menarik Drama Korea Fragile, Kisah Remaja SMA yang Mencari Jati Diri

KalbarOnline.com – Bulan September ini, ada banyak drama Korea baru yang menarik untuk ditonton, salah…

7 hours ago

Peringatan Maulid Jadi Momentum Aktualisasi Nilai Keteladanan Nabi Muhammad Saw

KalbarOnline, Ketapang - Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Heryandi menghadiri tabligh akbar dalam…

8 hours ago