Mencurigakan, Pengadaan Cool Box dan Freezer Dinas Perikanan Ketapang Dinilai Tak Tepat Sasaran

KalbarOnline, Ketapang – Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Ketapang saat ini sedang mendapat sorotan dari publik. Pasalnya, terdapat proyek pengadaan cool box (kotak pendingin) dan freezer tahun anggaran 2023 yang dinilai tidak tepat sasaran.

Diketahui, kalau pengadaan dua jenis sarana penunjang bagi masyarakat nelayan itu dianggarkan oleh DKPP senilai Rp 700 juta yang hingga kini sama sekali tidak dimanfaatkan. Padahal dana yang bersumber dari APBD Kabupaten Ketapang itu telah dicairkan oleh DKPP pada akhir tahun 2023 lalu.

Seorang sumber yang tak ingin identitasnya diketahui mengungkapkan, proyek itu dicairkan pada APBD Perubahan tahun 2023. Anggaran senilai Rp 700 juta dibagi dalam empat paket pengadaan. Dua perusahaan ditunjuk secara langsung untuk pengadaan barang tersebut.

“Coolbox dan Freezer itu diperuntukkan untuk Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Rangga Sentap dan TPI Kendawangan. Lucunya, TPI Kendawangan itu tidak ada aktivitas pelelangan ikan, tapi kenapa harus dianggarkan dan dicairkan,” ujarnya kepada wartawan belum lama ini.

Dia memaparkan, khusus untuk TPI Kendawangan, DKPP Ketapang telah mencairkan proyek pengadaan freezer dan cool box sekitar Rp 400 juta, padahal tidak ada aset atau tanah pemerintah di lokasi tersebut.

“Mereka (pengusaha pelelangan ikan) membangun dengan biaya sendiri, berarti salah sasaran seandainya itu disalurkan ke TPI Kendawangan, karena mereka tidak ada menggunakan aset Pemda Ketapang,” ucapnya.

Aduan sumber tersebut juga dikuatkan oleh pengakuan salah seorang tokoh masyarakat Kecamatan Kendawangan, Asmuni. Ia menyebut, sudah sejak lama tidak ada lagi aktivitas pelelangan ikan di TPI Kendawangan.

“Dulu memang ada TPI, tapi sejak beberapa tahun lalu, muncul masalah, karena tanah itu milik masyarakat. Sekarang tak ada itu TPI di Kendawangan,” sebutnya, Selasa (16/07/2024).

Saat dikonfirmasi, Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKPP Kabupaten Ketapang, Uti Anwar Sanusi tak bisa memastikan jumlah kios yang ada di TPI Kendawangan.

“Kalau TPI Kendawangan kita lihat dulu fasilitasnya di sana. Kita juga mau koordinasi dulu dengan pengelola di Kendawangan, berapa yang dibutuhkan,” sambungnya.

Dia tak menyangkal kalau ada permasalahan lahan di TPI Kendawangan. Tanah tersebut memang bukan milik pemerintah daerah. Ahli waris mendesak dan menuntut agar lahan tersebut dikembalikan ke pihak keluarga.

“Jadi pengusaha pindahlah ke tempat-tempat yang lain, di TPI Kendawangan itu hanya ada dua sampai empat pengusaha, mereka biasa memberikan retribusi pada kita untuk pendapatan daerah,” ujarnya.

Dia mengaku, seluruh barang dari proyek pengadaan tersebut masih tersimpan rapi di gudang di kawasan Payak Kumang Ketapang. Belum diserahkan ke TPI karena terbentur aturan.

Menurutnya, barang itu merupakan aset DKPP yang akan disewakan ke kios milik Pemkab Ketapang yang berada di TPI Kendawangan dan TPI Rangga Sentap, bukan barang hibah untuk nelayan.

Dia menyebut, jika seluruh dokumen pendukung telah lengkap, maka dalam waktu dekat cool box dan freezer tersebut akan didistribusikan. (Adi LC)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

RSUD Tuan Besar Syarif Idrus Resmi Jadi Nama Rumah Sakit Kubu Raya

KalbarOnline, Kubu Raya - Penjabat (Pj) Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman meresmikan nama Rumah Sakit…

6 hours ago

APBD Perubahan Kubu Raya 2024 Diketok, Kamaruzaman: Koordinasi Antar Mitra Setara Harus Terus Dijaga

KalbarOnline, Kubu Raya – Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (RAPBD-P) Tahun Anggaran 2024…

6 hours ago

Pj Bupati Kubu Raya Harap Pilkada Berjalan Lancar

KalbarOnline, Kubu Raya - Penjabat (Pj) Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman memberikan apresiasi kepada Polres…

6 hours ago

Kalbar Siap Implementasikan Transformasi “New Posyandu” dengan 6 Bidang Pelayanan

KalbarOnline, Tangerang - Penjabat (Pj) Ketua Pembina Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Provinsi Kalimantan Barat, Windy…

7 hours ago

Pj Gubernur Harisson Serukan Netralitas ASN dan Kesiapan Pengamanan Pilkada Kalbar 2024

KalbarOnline.com – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kalimantan Barat tahun 2024, Penjabat Gubernur Kalimantan…

7 hours ago

Pj Gubernur Lepas Kontingen Kalbar Menuju PON XXI

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson Azroi secara resmi melepas kontingen Kalbar…

7 hours ago