Pemkot Gelar Sosialisasi Ranham, Libatkan Mahasiswa dan Warga

KalbarOnline, Pontianak – Dalam rangka memenuhi hak perlindungan anak, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak menggelar Sosialisasi Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (Ranham), di Ruang Rapat Kantor Wali Kota Pontianak, Selasa (16/07/2024).

Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian menekankan, agar sosialisasi ranham dilaksanakan secara rutin dengan melibatkan masyarakat dan mahasiswa.

“Sosialisasi ranham ini diharapkan mampu memberi pemahaman kepada warga dan mahasiswa tentang pentingnya perlindungan anak serta diskusi bersama membahas rekomendasi strategi terbaik mencegah kekerasan yang melibatkan anak,” ungkapnya usai membuka acara.

Ani Sofian menuturkan, anak merupakan masa depan pembangunan Kota Pontianak, maka diperlukan perlindungan khusus yang diberikan kepada anak dari orang tua. Dari segi kebijakan, Pemkot Pontianak berkomitmen untuk menjadikan Pontianak sebagai Kota Layak Anak.

“Kami di sini mengundang perwakilan warga dan mahasiswa, karena peran keduanya sangat penting. Kolaborasi keduanya menciptakan lingkungan yang aman, di mana hak-hak anak dihormati dan perlindungan terhadap mereka diutamakan,” sebut Pj Wali Kota.

Menurutnya, yang masih menjadi perhatian adalah keterlibatan anak terhadap perbuatan melawan hukum, misalnya tawuran, judi online maupun penyimpangan seksual. Ia menyebut, kesepahaman setiap pihak menentukan upaya perlindungan anak.

“Perlindungan terhadap anak ini sudah diatur dalam peraturan. Misalnya Undang-Undang (UU) Nomor 35 Tahun 2014 serta Perpres Nomor 53 Tahun 2021 tentang Ranham hingga UUD 1945 Pasal 28B ayat 2,” sambungnya.

Tidak jarang, lanjut Ani Sofian, yang menjadi pelaku kasus kekerasan, eksploitasi, penelantaran dan perlakuan salah terhadap anak adalah orang di lingkungan terdekat. Ia mengimbau para orang tua agar dapat lebih memahami tumbuh kembang anak, baik secara fisik maupun psikis.

“Anak harus dipahami dengan baik, ada ilmunya maka coba dipelajari, mengasuh dan mendidik anak. Mudah-mudahan menjadikan masa depan anak-anak kita cerah,” pungkasnya. (Jau)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

RSUD Tuan Besar Syarif Idrus Resmi Jadi Nama Rumah Sakit Kubu Raya

KalbarOnline, Kubu Raya - Penjabat (Pj) Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman meresmikan nama Rumah Sakit…

7 hours ago

APBD Perubahan Kubu Raya 2024 Diketok, Kamaruzaman: Koordinasi Antar Mitra Setara Harus Terus Dijaga

KalbarOnline, Kubu Raya – Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (RAPBD-P) Tahun Anggaran 2024…

7 hours ago

Pj Bupati Kubu Raya Harap Pilkada Berjalan Lancar

KalbarOnline, Kubu Raya - Penjabat (Pj) Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman memberikan apresiasi kepada Polres…

7 hours ago

Kalbar Siap Implementasikan Transformasi “New Posyandu” dengan 6 Bidang Pelayanan

KalbarOnline, Tangerang - Penjabat (Pj) Ketua Pembina Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Provinsi Kalimantan Barat, Windy…

7 hours ago

Pj Gubernur Harisson Serukan Netralitas ASN dan Kesiapan Pengamanan Pilkada Kalbar 2024

KalbarOnline.com – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kalimantan Barat tahun 2024, Penjabat Gubernur Kalimantan…

8 hours ago

Pj Gubernur Lepas Kontingen Kalbar Menuju PON XXI

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson Azroi secara resmi melepas kontingen Kalbar…

8 hours ago