Pj Bupati Kubu Raya Serahkan 8.000 Bibit Ayam Broiler untuk Cegah Inflasi

KalbarOnline.com – Penjabat (Pj) Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman, menyerahkan sebanyak 8.000 bibit ayam broiler kepada PT Bintang Sejahtera Bersama (BSB) di Peternakan Ayam Desa Durian, Kecamatan Sungai Ambawang, pada Selasa (23/7/2024). Penyerahan bibit ayam ini merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial PT Charoen Pokphand, yang disalurkan kepada PT BSB sebagai mitra peternakan.

Program ini bertujuan untuk membantu penanggulangan inflasi melalui kemitraan ternak yang dijalankan oleh Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Kubu Raya.

“Mudah-mudahan, dengan adanya bantuan bibit ayam ini, kita dapat mendukung upaya pencegahan inflasi. Ayam merupakan salah satu komoditas yang berperan dalam inflasi,” ujar Kamaruzaman.

Kamaruzaman menjelaskan bahwa perusahaan mitra peternak, PT BSB, telah berpengalaman dalam usaha peternakan ayam selama delapan tahun dengan sistem kerja sama kemitraan. Sistem ini memastikan harga jual ayam sudah memiliki standar yang tetap dan tidak mudah terpengaruh oleh fluktuasi harga di pasaran.

“Dengan kontrak tahunan yang telah disepakati, harga jual ayam tetap stabil. Ini menguntungkan peternak karena harga tidak dipengaruhi oleh pasar,” jelas Kamaruzaman.

Kamaruzaman juga menegaskan komitmen pemerintah dalam mendukung sektor-sektor strategis, termasuk pertanian dan peternakan, untuk menjaga kestabilan harga pangan dan mengatasi inflasi.

“Kami fokus pada stabilitas harga pangan agar kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi dengan harga yang wajar dan terjangkau,” tambahnya.

Lebih lanjut, Kamaruzaman menyebutkan bahwa dirinya telah berdiskusi dengan pihak korporasi untuk mewujudkan kemitraan dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di setiap desa.

“Kami berharap program ini dapat memberikan rasa aman bagi masyarakat terkait kebutuhan pokok, yang juga berperan dalam mengatasi inflasi,” pungkas Kamaruzaman.

Dengan langkah ini, diharapkan Kubu Raya dapat lebih efektif dalam menangani isu inflasi dan memastikan kestabilan harga pangan bagi warganya.

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Bupati Fransiskus Kukuhkan Gelar Karya Guru Penggerak Tahun 2024

KalbarOnline, Putussibau -  Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengukuhkan gelar karya kepada 39 guru penggerak…

7 hours ago

Bupati Kapuas Hulu Resmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan Sayut

KalbarOnline, Putussibau - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan meresmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan…

7 hours ago

Bang Midji Ngopi Sore dengan Tokoh Masyarakat Sintang di Pasar Masuka

KalbarOnline, Sintang - Bakal calon Gubernur Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji mengisi waktu sore dengan…

8 hours ago

Bupati Ketapang Jadi Inspektur Upacara Militer Tugu Juang Tumbang Titi

KalbarOnline, Ketapang - Memasuki hari ke-3 rangkaian Napak Tilas 2024, Bupati Ketapang, Martin Rantan menjadi…

9 hours ago

Pasien Kanker Asal Sambas Senang Layanan Radioterapi RSUD Soedarso Mulai Beroperasi

KalbarOnline, Pontianak - Uray Hidayati, seorang ibu pengidap kanker asal Selakau, Kabupaten Sambas, mengaku senang…

9 hours ago

Berkinerja Baik Turunkan Angka Kemiskinan Ekstrem, Pemprov Kalbar Raih Penghargaan Insentif Fiskal

KalbarOnline, Jakarta - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat kembali memperoleh penghargaan atas kinerjanya. Kali ini penghargaan…

9 hours ago