Windy Sebut Kalbar Mampu Jadi Tuan Rumah Event Nasional Bahkan Internasional

KalbarOnline, Pontianak – Provinsi Kalimantan Barat sukses sebagai tuan rumah acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) Purna Praja Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) angkatan 09 tahun 2001 yang telah digelar selama tiga hari, sejak 26 – 28 Juli 2024.

Berbagai kegiatan dirangkai dalam acara yang dihadiri tidak kurang 100 alumni purna praja dari seluruh Indonesia itu. Satu diantaranya aksi sosial yang melibatkan 20 Purna Praja STPDN angkatan 09 tahun 2001 untuk menjadi kakak asuh stunting (kating) niners bagi 20 anak stunting di Kalbar.

Seperti diketahui bahwa, gerakan kating ini diinisiasi oleh Pj Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari dalam upaya nyata TP PKK untuk membantu pemerintah dalam menekan angka stunting di Kalbar.

Sebagai Purna Praja STPDN angkatan 09 tahun 2001, Windy mengatakan, silatnas ini menjadi momentum untuk melakukan berbagai aksi sosial, semisal menjadi kating bagi 20 anak stunting dan menyerahkan bantuan kepada anak -anak disabilitas di Kalbar.

Masih pada pola yang sama, Windy mengatakan, nantinya Para Purna STPDN akan menjadi kating terhadap 20 anak stunting selama tiga bulan ke depan.

“Saya bersama Purna STPDN angkatan 09 ini, selama tiga bulan ke depan akan menjadi kating. Dan kami akan memantau terus setiap perkembangan anak stunting ini setiap bulannya bersama para tenaga kesehatan dan kader posyandu,” jelas Windy.

Silatnas ini juga diisi dengan berbagai kegiatan menarik, termasuk seminar nasional bertajuk “Evidence-Based Policy: Pilar Pembangunan Menuju Indonesia Emas 2045”.

Seminar ini juga menghadirkan beberapa narasumber ternama dari kalangan alumni purna praja yang saat ini menjabat posisi penting di pemerintahan. Mulai dari Pj Bupati Jayapura, Asdep Kepemimpinan Pemuda Kemenpora RI, dan keynote speech oleh Pj Gubernur Kalbar.

Selain itu, juga diadakan Parade Fashion Wastra se-nusantara pada acara gala dinner di Pendopo Gubernur Kalbar. Di mana seluruh peserta yang hadir mengenakan wastra khas daerah masing-masing.

“Lewat momen ini kita saling bertukar wastra khas daerah masing-masing, yang  akan dipajang sebagai koleksi wastra nusantara di Dekranasda Kalbar,” ujar Windy.

Selain itu juga telah disiapkan hampers bagi para peserta yang  berisi produk-produk ekraf khas Kalbar, salah satunya wastra Kalbar yang dikombinasikan menjadi tas.

Selain itu, Windy mengatakan, bahwa silatnas ini adalah kesempatan emas untuk memperkenalkan wisata birokrasi, pariwisata, dan prestasi yang telah dicapai Kalbar.

“Ke depan, kami akan menyiapkan paket-paket wisata birokrasi di Kalbar yang akan ditawarkan ke seluruh provinsi di Indonesia. Kalbar memiliki banyak prestasi nasional, dan ini kesempatan bagi mereka untuk belajar dari kami,” pungkasnya.

Pada momen ini, juga diadakan fam trip dengan membawa para peserta untuk menikmati berbagai destinasi wisata Kalbar khususnya di Kota Pontianak.

“Para peserta kita ajak untuk merasakan sensasi bermain meriam karbit, mengunjungi Tugu Khatulistiwa, menyusuri Sungai Kapuas, serta berkunjung ke Rumah Radakng dan Rumah Melayu. Dan kita kenalkan Budaya Dayak, Melayu dan Tionghoa yang telah kita tampilkan dirangkaikan kegiatan ini,” jelasnya.

“Bahkan peserta  juga berbelanja di pusat oleh-oleh, dan belanja wastra di Dekranasda Kalbar,” tambahnya.

Windy yang juga merupakan Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalbar ini menyebutkan, acara silatnas tersebut juga menjadi ajang untuk mempromosikan budaya, pariwisata, dan ekonomi kreatif Kalbar kepada seluruh peserta dari berbagai provinsi.

Dengan berbagai kegiatan dan kerja sama dari berbagai pihak, Silatnas Purna Praja STPDN 09 tahun 2001 di Kalbar ini diharapkan dapat menjadi momen berharga untuk promosi dan peningkatan citra Kalbar di kancah nasional.

Windy juga menekankan, lewat berbagai event dan acara yang telah sukses dilaksanakan, menunjukan bahwa Provinsi Kalbar siap untuk menjadi tuan rumah untuk berbagai event atau acara pada skala nasional bahkan internasional.

Terbukti, pada beberapa tahun belakangan, Kalbar sering dipercayai sebagai tuan rumah berbagai event, bahkan tahun ini saja sudah ada 7 event yang dipusatkan di Provinsi Kalbar, mulai dari Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata se-Indonesia, Festival Cap Go Meh, Rekor Muri Memangkong Sotong, Kejurnas Cabor Angkat Besi 2024 dan Proliga 2024. (Jau)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Bupati Fransiskus Kukuhkan Gelar Karya Guru Penggerak Tahun 2024

KalbarOnline, Putussibau -  Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengukuhkan gelar karya kepada 39 guru penggerak…

52 mins ago

Bupati Kapuas Hulu Resmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan Sayut

KalbarOnline, Putussibau - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan meresmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan…

53 mins ago

Bang Midji Ngopi Sore dengan Tokoh Masyarakat Sintang di Pasar Masuka

KalbarOnline, Sintang - Bakal calon Gubernur Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji mengisi waktu sore dengan…

2 hours ago

Bupati Ketapang Jadi Inspektur Upacara Militer Tugu Juang Tumbang Titi

KalbarOnline, Ketapang - Memasuki hari ke-3 rangkaian Napak Tilas 2024, Bupati Ketapang, Martin Rantan menjadi…

3 hours ago

Pasien Kanker Asal Sambas Senang Layanan Radioterapi RSUD Soedarso Mulai Beroperasi

KalbarOnline, Pontianak - Uray Hidayati, seorang ibu pengidap kanker asal Selakau, Kabupaten Sambas, mengaku senang…

3 hours ago

Berkinerja Baik Turunkan Angka Kemiskinan Ekstrem, Pemprov Kalbar Raih Penghargaan Insentif Fiskal

KalbarOnline, Jakarta - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat kembali memperoleh penghargaan atas kinerjanya. Kali ini penghargaan…

3 hours ago