Pj Wali Kota Pontianak Sambut Peserta Kalbar Travelmart & Famtrip

KalbarOnline, Pontianak – Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian menyambut hangat kedatangan para peserta Kalbar Travelmart & Famtrip dalam acara welcome dinner yang digelar di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Pontianak, Selasa (30/07/2024) malam.

Tak lupa, Ani Sofian menyampaikan ucapan selamat datang kepada rombongan peserta Kalbar Travelmart & Famtrip. Dirinya menilai, agenda ini merupakan langkah strategis untuk memperkenalkan potensi wisata Kota Pontianak dan Kalimantan Barat (Kalbar) secara lebih luas.

Ani Sofian mengklaim, Pontianak memiliki banyak destinasi wisata menarik yang layak untuk dikunjungi oleh wisatawan.

“Kota Pontianak tidak hanya terkenal dengan Tugu Khatulistiwa, tetapi juga memiliki wisata kuliner yang kaya, wisata budaya yang unik serta wisata menyusuri Sungai Kapuas yang eksotis,” kata dia.

Lebih lanjut ia berharap, melalui kegiatan ini, dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pontianak dan Kalbar umumnya. Kehadiran para pelaku usaha perjalanan wisata, baik yang ada di Kalbar maupun luar Kalbar termasuk luar negeri juga diharapkan mampu mendorong pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Sehingga mampu menumbuhkan ekonomi masyarakat dan pariwisata di Kota Pontianak,” kata Ani Sofian.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Kalbar, Ifan Ronaldo Barus menerangkan, Kalbar Travelmart & Famtrip ini menjadi wadah mempertemukan pelaku usaha perjalanan wisata di Kalbar dan luar daerah termasuk luar negeri.

“Ini bagian upaya mempromosikan dan menjual destinasi wisata kita yang ada di Kalbar,” terangnya.

Ifan menambahkan, ajang pertemuan penjual dan pembeli paket-paket wisata ini telah memastikan kehadirannya pada Kalbar Travelmart & Famtrip yang digelar mulai 30 Juli hingga 1 Agustus 2024. Agen perjalanan wisata sebagai pembeli yang sudah memastikan kehadirannya sebanyak 26 agen.

“Yang mana dua di antaranya berasal dari Sarawak dan Kuala Lumpur,” tukasnya.

Sedangkan penjual paket wisata dari Kalbar berjumlah 33 pihak, mulai dari agen perjalanan wisata, restoran, hotel, desa wisata, jasa transportasi hingga taman wisata alam.

“Semoga Kalbar Travelmart & Famtrip ini sukses dan bisa berlanjut ke depannya,” harapnya.

Ketua Umum DPP ASITA, Nunung Rusmiaty menekankan pentingnya kolaborasi dalam mengembangkan sektor pariwisata di Indonesia.

“Kalbar Travelmart & Famtrip ini menunjukkan bagaimana masing-masing daerah mempromosikan potensi pariwisata yang dimilikinya,” katanya.

Nunung juga menegaskan peran penting pemerintah dalam mendukung pengembangan sektor pariwisata. Tanpa dukungan pemerintah, sulit untuk mengembangkan sektor pariwisata ini.

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa anggota ASITA berperan dalam mempromosikan destinasi wisata di seluruh dunia. Hal ini menunjukkan komitmen ASITA dalam memajukan industri pariwisata Indonesia di kancah internasional.

“Dengan adanya kolaborasi antara pelaku industri pariwisata dan dukungan pemerintah, diharapkan sektor pariwisata Indonesia dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian nasional,” katanya. (Jau)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Bupati Fransiskus Kukuhkan Gelar Karya Guru Penggerak Tahun 2024

KalbarOnline, Putussibau -  Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengukuhkan gelar karya kepada 39 guru penggerak…

54 mins ago

Bupati Kapuas Hulu Resmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan Sayut

KalbarOnline, Putussibau - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan meresmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan…

55 mins ago

Bang Midji Ngopi Sore dengan Tokoh Masyarakat Sintang di Pasar Masuka

KalbarOnline, Sintang - Bakal calon Gubernur Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji mengisi waktu sore dengan…

2 hours ago

Bupati Ketapang Jadi Inspektur Upacara Militer Tugu Juang Tumbang Titi

KalbarOnline, Ketapang - Memasuki hari ke-3 rangkaian Napak Tilas 2024, Bupati Ketapang, Martin Rantan menjadi…

3 hours ago

Pasien Kanker Asal Sambas Senang Layanan Radioterapi RSUD Soedarso Mulai Beroperasi

KalbarOnline, Pontianak - Uray Hidayati, seorang ibu pengidap kanker asal Selakau, Kabupaten Sambas, mengaku senang…

3 hours ago

Berkinerja Baik Turunkan Angka Kemiskinan Ekstrem, Pemprov Kalbar Raih Penghargaan Insentif Fiskal

KalbarOnline, Jakarta - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat kembali memperoleh penghargaan atas kinerjanya. Kali ini penghargaan…

3 hours ago