Kolaborasi PIKK dan Srikandi PLN Gelar Aksi Tanam 150 Bibit Pohon di Balikpapan Timur

KalbarOnline, Balikpapan – PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan berkolaborasi dengan Persatuan Istri Karyawan dan Karyawati (PIKK) PLN dan Srikandi PLN menggelar aksi menanam 150 bibit pohon di lokasi pembangkitan PLTD Batakan, Balikpapan Timur, Kalimantan Timur, pada hari Senin (22/07/2024).

Aksi penanaman ini merupakan salah satu program Srikandi Movement yaitu CommuniTree, yang mana program ini bertujuan untuk menanam pohon di aset PLN Group, khususnya di pembangkit, yang kayunya dapat dijadikan co-firing pembangkit dan daunnya bisa dimanfaatkan untuk pupuk, pakan ternak dan lain-lain.

General Manager PLN UIP3B Kalimantan, Abdul Salam Nganro menyampaikan, aksi ini merupakan salah satu wujud nyata dukungan PLN terhadap program pemerintah dalam penghijauan dan pelestarian lingkungan.

“Melalui aksi penanaman pohon ini, kita juga berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dan mengajak lebih banyak pihak untuk turut serta dalam gerakan peduli lingkungan,” ungkap Salam.

Aksi penanaman pohon ini dihadiri Kepala DLH Kota Balikpapan, Manager PT PLN Nusantara Power Unit Pembangkitan Kaltimra, Ketua PIKK UIP3B Kalimantan dan pengurus Srikandi PLN Group Regional Kalimantan dan dibuka secara resmi oleh Direktur Transmisi dan Perencanaan Sistem, Sita Evy Haryadi.

Dalam sambutannya, Sita Evy menyampaikan, adapun bibit pohon yang ditanam yaitu kaliandra merah. Tanaman hias yang bunganya cantik ini merupakan tanaman peneduh serta akarnya yang kuat mampu mencegah erosi pada tanah.

“Kaliandra merah tidak hanya mempercantik lingkungan tetapi juga memberikan manfaat ekologis dan ekonomi. Semoga dengan aksi penanaman pohon yang digagas PIKK bersama Srikandi ini memberikan dampak yang baik bagi lingkungan sekitar PLTD Batakan,” jelas Sita.

Ketua PIKK PLN UIP3B Kalimantan, Nurhasnah Abdul Salam Nganro menyampaikan, dengan menanam pohon kaliandra ini, kita turut serta dalam menjaga keseimbangan alam dan memberikan manfaat bagi generasi yang akan datang.

“Semoga apa yang kita laksanakan ini menjadi berkah bagi masyarakat dan memberikan kontribusi bagi kelestarian lingkungan serta dalam sirkuler ekonomi di Balikpapan,” kata Nurhasnah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan, Sudirman Djayaleksana menyambut baik upaya yang telah dilakukan PLN.

“Terima kasih kepada PLN atas aksi penanaman pohon yang telah dilaksanakan pada hari ini. Semoga kegiatan penanaman di PLTD Batakan ini mampu mengatasi permasalahan lingkungan dan membuat Kota Balikpapan lebih sejuk dan nyaman,” pungkas Sudirman. (Jau)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Bupati Fransiskus Kukuhkan Gelar Karya Guru Penggerak Tahun 2024

KalbarOnline, Putussibau -  Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengukuhkan gelar karya kepada 39 guru penggerak…

1 hour ago

Bupati Kapuas Hulu Resmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan Sayut

KalbarOnline, Putussibau - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan meresmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan…

1 hour ago

Bang Midji Ngopi Sore dengan Tokoh Masyarakat Sintang di Pasar Masuka

KalbarOnline, Sintang - Bakal calon Gubernur Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji mengisi waktu sore dengan…

3 hours ago

Bupati Ketapang Jadi Inspektur Upacara Militer Tugu Juang Tumbang Titi

KalbarOnline, Ketapang - Memasuki hari ke-3 rangkaian Napak Tilas 2024, Bupati Ketapang, Martin Rantan menjadi…

3 hours ago

Pasien Kanker Asal Sambas Senang Layanan Radioterapi RSUD Soedarso Mulai Beroperasi

KalbarOnline, Pontianak - Uray Hidayati, seorang ibu pengidap kanker asal Selakau, Kabupaten Sambas, mengaku senang…

3 hours ago

Berkinerja Baik Turunkan Angka Kemiskinan Ekstrem, Pemprov Kalbar Raih Penghargaan Insentif Fiskal

KalbarOnline, Jakarta - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat kembali memperoleh penghargaan atas kinerjanya. Kali ini penghargaan…

4 hours ago