Kontes Ikan Arwana Super Red di Putussibau Bakal Dihadiri 5 Negara

KalbarOnline, Putussibau – Ikan arwana (ikan siluk) adalah spesies atau fauna yang berkembang biak di aliran danau  yang memiliki keunikan maupun ciri khas yang spesifik dibandingkan dengan ikan ikan lainya.

Warna dari ikan arwana pun memiliki beberapa jenis warna, ada putih, hijau, kuning dan merah (super red).

Secara alami, ikan arwana super red hanya ada di Kabupaten Kapuas Hulu, sehingga wajar jika arwana super red ini memiliki nilai jual tinggi di pasaran dan memiliki keistimewaannya tersendiri.

Penangkar sekaligus pecinta ikan arwana di Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Mustaqim kepada KalbarOnline membenarkan, jika ikan arwana yang sejauh ini menarik dan sangat diminati para pembeli adalah yang berwarna merah atau super red.

“Ikan arwana super red hanya ada di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, karena habitat ikan arwana super red itu hanya ada di Kabupaten Kapuas Hulu,” ungkapnya, Sabtu (3/08/2024).

Dengan daya tarik alami tersebut, Mustaqim turut menginformasikan, kalau pihaknya dalam waktu dekat ini juga akan melaksanakan kontes arwana super red di Kapuas Hulu.

Kalau tidak ada halangan, kontes tersebut akan dilaksanakan pada September mendatang. Ia pun berharap adanya  dukungan dari semua pihak untuk berpartisipasi dalam kegiatan kontes yang akan diselenggarakan di Kota Putussibau.

“Sebagai motto kami adalah ‘Salam Satu Hobi’, kami sebagai komunitas pecinta ikan arwana Indonesia Kabupaten Kapuas Hulu akan menggelar kontes ikan arwana super red,” katanya.

Pria yang akrab disapa Musblack itu menyampaikan, akibat dampak Covid-19 beberapa waktu lalu, harga ikan arwana super red di Kapuas Hulu anjlok drastis. Untuk bisa memulihkan dan menstabilkan harga jual ikan arwana super red, perlu dilakukan terobosan, yang salah satunya adalah dengan diadakan kontes ikan arwana super red.

Dengan akan digelarnya kontes ikan arwana super red nantinya, maka secara tidak langsung bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Kapuas Hulu khususnya penangkar ikan arwana.

“Kontes ikan arwana super red ini rencananya akan diikuti dari daerah lain bahkan dari berbagai negara seperti Malaysia, Singapura, Vietnam, Jepang dan Cina. Dan para penghobi ikan arwana super red diyakini ramai kembali peminatnya,” ucap Musblack. (Haq)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Bupati Fransiskus Kukuhkan Gelar Karya Guru Penggerak Tahun 2024

KalbarOnline, Putussibau -  Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengukuhkan gelar karya kepada 39 guru penggerak…

48 mins ago

Bupati Kapuas Hulu Resmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan Sayut

KalbarOnline, Putussibau - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan meresmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan…

49 mins ago

Bang Midji Ngopi Sore dengan Tokoh Masyarakat Sintang di Pasar Masuka

KalbarOnline, Sintang - Bakal calon Gubernur Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji mengisi waktu sore dengan…

2 hours ago

Bupati Ketapang Jadi Inspektur Upacara Militer Tugu Juang Tumbang Titi

KalbarOnline, Ketapang - Memasuki hari ke-3 rangkaian Napak Tilas 2024, Bupati Ketapang, Martin Rantan menjadi…

3 hours ago

Pasien Kanker Asal Sambas Senang Layanan Radioterapi RSUD Soedarso Mulai Beroperasi

KalbarOnline, Pontianak - Uray Hidayati, seorang ibu pengidap kanker asal Selakau, Kabupaten Sambas, mengaku senang…

3 hours ago

Berkinerja Baik Turunkan Angka Kemiskinan Ekstrem, Pemprov Kalbar Raih Penghargaan Insentif Fiskal

KalbarOnline, Jakarta - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat kembali memperoleh penghargaan atas kinerjanya. Kali ini penghargaan…

3 hours ago