Musprov Kadin 2024, Fokus Dorong Pertumbuhan Ekonomi Sektor UMKM

KalbarOnline, Pontianak – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kalimantan Barat akan menggelar musyawarah tingkat provinsi (musprov) di Kota Pontianak, pada Jumat (09/08/2024).

Ketua Komite Tetap Keanggotaan Biasa dan Luar Biasa Bidang Organisasi Kadin, Guido D. Kartasasmita menyampaikan, salah satu fokus musprov ini yakni untuk membicarakan mengenai pembinaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kalbar.

“Tema kita dalam Musyawarah Provinsi (Muprov) ini adalah melihat potensi besar perekonomian Kalbar, khususnya di sektor UMKM. Kami hadir di Kalbar untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan pendampingan dan kapasitas UMKM di daerah ini,” ujar Guido, Kamis (08/08/2024).

Guido yang juga Ketua Panitia Musprov Kadin Kalbar 2024 itu menambahkan, bahwa meskipun Kalbar memiliki potensi besar di sektor kelapa sawit dan tambang, namun UMKM tetap menjadi tulang punggung perekonomian.

“Kita tahu potensi Kalbar banyak pada sawit dan tambang, tapi bagaimanapun juga, tulang punggung perekonomian di Indonesia adalah UMKM, termasuk di Kalimantan Barat. Oleh karena itu, kami merasa penting untuk melakukan pembinaan UMKM di sini bersama Kadin,” tambahnya.

Salah satu contoh konkret dari upaya pembinaan Kadin, yakni program “Wiiki Export”, di mana Kadin membantu UMKM di Kalbar untuk mengakses pasar ekspor, terutama ke Jepang.

“Jadi kami yang membina mereka (untuk) memiliki pasar ekspor ke luar negeri,” ungkapnya.

Selain Jepang, Guido mengatakan, bahwa pihaknya kini sedang menjajaki kerja sama dengan beberapa negara di Afrika dan negara maju lainnya untuk memperluas pasar bagi produk UMKM Kalbar.

“Kami juga sedang membangun kerja sama dengan beberapa negara maju dan berkembang di luar negeri, termasuk Afrika,” kata dia.

Sebelumnya, Kadin Kalbar telah mendaftarkan hampir 300 UMKM, dan akan ada puluhan diantaranya yang berpartisipasi dalam kegiatan musprov.

“Dari Kadin yang terdaftar mungkin hampir tiga ratus, dan besok juga akan hadir dalam kegiatan. Itu menunjukkan kita peduli dengan UMKM di Kalimantan Barat,” jelas Guido.

Dengan berbagai inisiatif ini, Kadin berharap dapat mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi Kalbar melalui peningkatan kapasitas dan akses pasar bagi UMKM. (Jau)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Bupati Fransiskus Kukuhkan Gelar Karya Guru Penggerak Tahun 2024

KalbarOnline, Putussibau -  Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengukuhkan gelar karya kepada 39 guru penggerak…

1 hour ago

Bupati Kapuas Hulu Resmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan Sayut

KalbarOnline, Putussibau - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan meresmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan…

1 hour ago

Bang Midji Ngopi Sore dengan Tokoh Masyarakat Sintang di Pasar Masuka

KalbarOnline, Sintang - Bakal calon Gubernur Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji mengisi waktu sore dengan…

3 hours ago

Bupati Ketapang Jadi Inspektur Upacara Militer Tugu Juang Tumbang Titi

KalbarOnline, Ketapang - Memasuki hari ke-3 rangkaian Napak Tilas 2024, Bupati Ketapang, Martin Rantan menjadi…

3 hours ago

Pasien Kanker Asal Sambas Senang Layanan Radioterapi RSUD Soedarso Mulai Beroperasi

KalbarOnline, Pontianak - Uray Hidayati, seorang ibu pengidap kanker asal Selakau, Kabupaten Sambas, mengaku senang…

3 hours ago

Berkinerja Baik Turunkan Angka Kemiskinan Ekstrem, Pemprov Kalbar Raih Penghargaan Insentif Fiskal

KalbarOnline, Jakarta - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat kembali memperoleh penghargaan atas kinerjanya. Kali ini penghargaan…

3 hours ago