Mentebah Adakan Rembuk Stunting Tingkat Desa di Menaren

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Forum Komunikasi Kecamatan (Forkopimcam) Mentebah menggelar Rembuk Stunting Tingkat Desa di Desa Menaren, pada Rabu (08/08/2024). Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya promotif dan preventif untuk pencegahan serta penurunan stunting, sesuai dengan Permendes Nomor 8 Tahun 2022.

Turut hadir dalam kegiatan rembuk, Camat Mentebah, Abdil Hasyim beserta jajaran, Kapolsek Mentebah, IPTU Didik Rianto, Kades Menaren, Jahidin, Kepala Puskesmas Mentebah, Chandra Efendi,  beserta anggota.

Kemudian hadir juga Pendamping Lokal Desa Kecamatan Mentebah, Alexander Supriadi Selan, perangkat desa, lembaga desa, kader posyandu dan masyarakat sekitar.

Camat Mentebah, Abdil Hasyim menyampaikan, bahwa berbagai tindakan penting telah diambil untuk mencegah dan menurunkan stunting, diantaranya adalah pemberian makanan tambahan bergizi berupa bubur ayam dan susu untuk ibu dan anak, pemberian vitamin A dan obat cacing untuk anak, serta pengadaan alat ukur tinggi badan sebagai media pendataan stunting.

“Selain itu, penyediaan air bersih dan sanitasi, pendidikan tentang tata cara pengasuhan anak, peningkatan kapasitas KPM, kader posyandu, dan pendidik anak usia dini juga menjadi fokus utama dalam upaya ini,” kata Abdil.

Menurut dia, berbagai upaya tersebut menunjukkan komitmen seluruh peserta dalam mendukung program pencegahan stunting di Desa Menaren. Program pencegahan stunting ini sendiri merupakan bagian dari program pemerintah yang harus didukung oleh setiap desa, dengan mengalokasikan anggaran khusus untuk penanggulangannya.

“Setelah rembuk stunting ini, akan disusun rencana tindak lanjut dan pelaksanaan program kegiatan guna mencegah dan mengurangi stunting di Desa Menaren. Harapannya, dengan adanya rencana tindak lanjut ini, pencegahan stunting bisa dilakukan secara lebih efektif dan terstruktur, sehingga generasi mendatang dapat tumbuh sehat dan cerdas,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kapolsek Mentebah, IPTU Didik Rianto berharap, seluruh masyarakat Desa Menaren dapat mendukung program pemerintah terkait pencegahan dan penanggulangan masalah stunting.

“Dengan dukungan penuh dari masyarakat, Desa Menaren dapat mencapai tujuan bersama dalam menciptakan generasi yang sehat dan bebas dari stunting,” ujarnya. (Haq)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Bupati Fransiskus Kukuhkan Gelar Karya Guru Penggerak Tahun 2024

KalbarOnline, Putussibau -  Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengukuhkan gelar karya kepada 39 guru penggerak…

2 hours ago

Bupati Kapuas Hulu Resmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan Sayut

KalbarOnline, Putussibau - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan meresmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan…

2 hours ago

Bang Midji Ngopi Sore dengan Tokoh Masyarakat Sintang di Pasar Masuka

KalbarOnline, Sintang - Bakal calon Gubernur Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji mengisi waktu sore dengan…

3 hours ago

Bupati Ketapang Jadi Inspektur Upacara Militer Tugu Juang Tumbang Titi

KalbarOnline, Ketapang - Memasuki hari ke-3 rangkaian Napak Tilas 2024, Bupati Ketapang, Martin Rantan menjadi…

3 hours ago

Pasien Kanker Asal Sambas Senang Layanan Radioterapi RSUD Soedarso Mulai Beroperasi

KalbarOnline, Pontianak - Uray Hidayati, seorang ibu pengidap kanker asal Selakau, Kabupaten Sambas, mengaku senang…

4 hours ago

Berkinerja Baik Turunkan Angka Kemiskinan Ekstrem, Pemprov Kalbar Raih Penghargaan Insentif Fiskal

KalbarOnline, Jakarta - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat kembali memperoleh penghargaan atas kinerjanya. Kali ini penghargaan…

4 hours ago