Tegas! DPP Golkar Pastikan Usung Sutarmidji Jadi Cagub Kalbar, Wakilnya Belum Tentu Ria Norsan

KalbarOnline, Pontianak – Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Golkar kembali menegaskan, kalau pihaknya telah memastikan untuk mendukung Sutarmidji menjadi calon Gubernur Kalbar periode 2024 – 2029 pada pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 27 November mendatang.

Penegasan itu disampaikan oleh Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia di sela-sela acara penyerahan rekomendasi dukungan Partai Golkar kepada 8 kepala daerah tingkat kabupaten, di Kota Pontianak, Kalbar, Sabtu (10/08/2024).

“Untuk calon gubernurnya ada Pak Sutarmidji. Nah tinggal kami sedang menuju tahap akhir, finalisasi untuk pasangannya (wakilnya) siapa? Insya Allah dari kader Partai Golkar,” katanya.

Disinggung soal dinamika politik terakhir, di mana Ria Norsan sepertinya enggan berpasangan kembali dengan Sutarmidji. Sinyal itu ditunjukkan Ria Norsan melalui postingan sebuah poster dirinya yang ingin berpasangan dengan Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar, Lasarus.

Begitupun dari sisi Sutarmidji, menanggapi postingan Ria Norsan, ia juga memposting sebuah poster yang menampilkan dirinya berpasangan dengan mantan Kapolda Kalbar untuk di Pilgub Kalbar 2024.

“Sejauh ini baik-baik saja. Hubungan kami dengan Pak Sutarmidji bagus, hubungan kami dengan Pak Ria Norsan bagus. Hubungan Pak Sutarmidji dan Pak Ria Norsan bagus. Hubungan keduanya dengan Pak Maman (Abdurrahman) dan semua (pengurus) DPD Golkar juga bagus,” tampik Doli.

Dirinya menjelaskan, kalau ia tidak terlalu memusingkan siapa yang bakal menjadi calon wakil Sutarmidji di Pilgub Kalbar nantinya. Karena yang pasti, rekomendasi dukungan Partai Golkar sudah turun kepada Sutarmidji seorang.

Insyaallah tunggu saja dalam waktu dekat bakal ada pengumuman siapa wakilnya Pak Sutarmidji, yang jelas (kader) dari Partai Golkar (tidak harus Ria Norsan, red),” katanya.

Saat ditanya kemungkinan, bagaimana jika calon wakil Sutarmidji nantinya bukan berasal dari atau kader Partai Golkar, maka hal itu akan dikomunikasikan lagi dengan partai koalisi. Namun aspirasi Golkar, kata Doli, tetap berharap calon wakil datang dari internal partainya.

“Kita sudah komitmen, sudah pasti mengusung Pak Sutarmidji, nah tinggal kita mematangkan. Nama-nama (wakil)-nya juga sedang kita godok, dan inikan harus ada persetujuan dari partai-partai politik pengusung yang lain. tunggu saja satu dua hari lagi,” katanya.

Sejalan dengan itu, Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Kalbar, Maman Abdurrahman juga memastikan, kalau dukungannya terhadap Sutarmidji tidak akan berubah.

“Kita sudah memutuskan untuk mendukung Pak Sutarmidji, oke? Itu final! Artinya dari usulan DPD I dan DPP (Partai Golkar) sudah mengusulkan mendukung Pak Sutarmidji,” tegas Maman.

Namun kembali soal calon wakil, Partai Golkar kata Maman, tetap berharap bisa diusung dari internal sendiri, dan hal ini pun sudah dibicarakan ke partai-partai dalam koalisi. Kendati kader itu tidak harus Ria Norsan atau merujuk ke satu nama lainnya, yang jelas wakil harus dari Partai Golkar.

“Namun memang ada kesepakatan antara semua partai, baik itu Golkar, Demokrat, Gerindra dan Partai Nasdem, bahwa karena menghormati prinsip kebersamaan antara partai, didorong wakilnya dari kader Partai Golkar,” jelas Maman.

Saat disinggung pula soal dinamika politik beberapa hari terakhir ini, di mana hubungan antara Sutarmidji dan Ria Norsan terlihat sedang tidak baik-baik saja, Maman justru seolah memberi sinyal kalau ia tak terlalu khawatir, karena masih terdapat nama-nama top di Partai Golkar Kalbar yang siap mendampingi Sutarmidji.

“Sehubungan dengan dinamika perjalanan selama ini, yang tentunya masyarakat Kalbar sudah tahu, tunggu saja tanggal mainnya, finalisasinya seperti apa, paling lama minggu depan (nama wakil) sudah tuntas lah,” katanya.

Maman mengaku tak bisa berspekulasi, jika pada akhirnya, nama calon wakil pendamping Sutarmidji bukan dari kalangan internal partainya

“Saya pikir tunggu dulu saja pengumuman resminya, kalau bicara spekulasi tentunya kami di DPD I tentunya belum berani berspekulasi, namun yang pingin kami tegaskan, dalam waktu dekat akan kita putuskan, dan semua ini akan dibahas dengan partai koalisi,” tuntas Maman. (Jau)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Bupati Fransiskus Kukuhkan Gelar Karya Guru Penggerak Tahun 2024

KalbarOnline, Putussibau -  Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengukuhkan gelar karya kepada 39 guru penggerak…

6 hours ago

Bupati Kapuas Hulu Resmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan Sayut

KalbarOnline, Putussibau - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan meresmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan…

7 hours ago

Bang Midji Ngopi Sore dengan Tokoh Masyarakat Sintang di Pasar Masuka

KalbarOnline, Sintang - Bakal calon Gubernur Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji mengisi waktu sore dengan…

8 hours ago

Bupati Ketapang Jadi Inspektur Upacara Militer Tugu Juang Tumbang Titi

KalbarOnline, Ketapang - Memasuki hari ke-3 rangkaian Napak Tilas 2024, Bupati Ketapang, Martin Rantan menjadi…

8 hours ago

Pasien Kanker Asal Sambas Senang Layanan Radioterapi RSUD Soedarso Mulai Beroperasi

KalbarOnline, Pontianak - Uray Hidayati, seorang ibu pengidap kanker asal Selakau, Kabupaten Sambas, mengaku senang…

8 hours ago

Berkinerja Baik Turunkan Angka Kemiskinan Ekstrem, Pemprov Kalbar Raih Penghargaan Insentif Fiskal

KalbarOnline, Jakarta - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat kembali memperoleh penghargaan atas kinerjanya. Kali ini penghargaan…

9 hours ago