Sekda Ketapang Pimpin Rapat Normalisasi Sungai Pesaguan

KalbarOnline, Ketapang – Sekda Ketapang, Alexander Wilyo memimpin rapat normalisasi Sungai Pesaguan, pada Jumat (09/08/2024), di Ruang Rapat Bupati Ketapang.

Rapat tersebut membahas dan mendiskusikan tentang kelanjutan dari rapat sebelumnya terkait rencana normalisasi Sungai Pesaguan yang mengalami pendangkalan.

Sekda dalam kesempatan tersebut mengatakan, bahwa untuk normalisasi Sungai Pesaguan, sesuai dengan DED memerlukan dana yang sangat besar, sehingga kalau pun dilakukan oleh pemerintah melalui APBD, ini akan dilakukan bertahap.

Tetapi menurutnya, karena prioritas-prioritas daerah ini masih banyak antrean, sehingga belum bisa dilaksanakan dalam waktu dekat.

“Namun dalam DED ada opsi, kita bisa bekerja sama dengan swasta atau pihak ketiga melalui program CSR. Dengan adanya program CSR pihak ketiga dapat mempercepat realisasi normalisasi daerah aliran sungai (DAS) Pesaguan,” ujarnya.

Oleh karena itu, Alexander meminta OPD terkait, dalam normalisasi ini agar segera melaksanakan koordinasi dan konsultasi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, serta pihak terkait mengenai izin dan rencana pengerukan aliran sungai tersebut.

“Permasalahan pendangkalan ini memang sudah terjadi bertahun-tahun, padahal sungai ini memiliki peran vital dalam perekonomian masyarakat,” ucapnya.

Sekda juga berharap rencana normalisasi Sungai pesaguan ini dapat segera terealisasi, mengingat pendangkalan sungai yang terus terjadi.

“Kondisi pendangkalan di aliran Sungai Pesaguan Kabupaten Ketapang, terus terjadi hingga rentan menjadi kendala kapal yang melintas,” ungkapnya.

Padahal menurutnya, area sungai ini menjadi area lalu lintas kapal nelayan, logistik, bahkan bahan bakar yang keluar-masuk pesaguan.

“Untuk itu, saya akan mengagendakan kembali rapat terkait normalisasi ini. Semoga nanti rapat berikutnya kita sudah semakin mengerucut, dan berjalan dengan lancar,” pungkasnya. (Adi LC)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Bergabung Bersama 700 Relawan Saro’an di Tebas, Ria Norsan Disambut Antusias

KalbarOnline, Sambas - Calon Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan menghadiri pengukuhan tim kemenangan dan relawan…

2 mins ago

Bang Midji Serahkan Bantuan Sajadah ke Masjid Agung Sultan Anum Sekadau

KalbarOnline, Sekadau - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) periode 2018 - 2023, Sutarmidji bersilaturahmi dengan jemaah…

4 hours ago

Tragedi Perkemahan di Kubu Raya, Harisson Minta Panitia Kemah Perhatikan Kondisi Cuaca

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson turut menyampaikan duka cita yang mendalam…

4 hours ago

Pj Gubernur Harisson Dukung Metode Gasing Diterapkan di Sekolah-sekolah Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson, mendorong penerapan metode belajar berhitung dengan…

4 hours ago

Hari Kedua, Napak Tilas Bupati dan Rombongan Ziarah ke Makam-makam Pahlawan Daerah

KalbarOnline, Ketapang - Rangkaian kegiatan napak tilas tahun 2024 di Kabupaten Ketapang sudah dimulai, salah…

4 hours ago

Bupati Ketapang Buka Resmi Kegiatan Napak Tilas 2024

KalbarOnline, Ketapang - Bupati Ketapang, Martin Rantan membuka secara resmi kegiatan Napak Tilas Pemerintah Kabupaten…

4 hours ago