Pastikan Listrik Andal Jelang HUT Kemerdekaan RI, PLN Inspeksi Jalur Tulang Punggung Listrik IKN

KalbarOnline.com – Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79, PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan melaksanakan inspeksi ke beberapa Gardu Induk (GI) yang menjadi jalur backbone (tulang punggung) kelistrikan Ibu Kota Nusantara (IKN) (10/8). Inspeksi jalur listrik ini mencakup pengecekan kondisi fisik jaringan, pemeliharaan alat proteksi, serta peninjauan kesiapan sistem kelistrikan secara menyeluruh.

Abdul Salam Nganro, General Manager PLN UIP3B Kalimantan menyampaikan inspeksi ini bertujuan untuk memastikan kesiapan personil dan peralatan selama masa Siaga Kelistrikan Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-79 yang berlangsung dari tanggal 10-20 Agustus 2024. Inspeksi ini dilakukan sebagai langkah antisipatif untuk mencegah terjadinya gangguan listrik di wilayah-wilayah penting, terutama di masa-masa krusial seperti peringatan Hari Kemerdekaan.

“Peringatan Hari Kemerdekaan RI tahun ini sangat istimewa, karena IKN yang terletak di Kalimantan menjadi tempat penyelenggaraan upacara sakral tersebut dan dihadiri oleh tamu-tamu negara. Sehingga keandalan pasokan listrik menjadi hal yang utama bagi kami,” jelas Salam.

Salam menambahkan hal tersebut menjadi penyemangat bagi PLN untuk terus menghadirkan listrik yang andal dengan berbenah kembali, memastikan infrastruktur dan instalasi yang telah dirawat selama ini beroperasi dengan normal tanpa anomali yang berpotensi menyebabkan gangguan. Dalam momen yang luar biasa ini, PLN berkomitmen penuh dalam memastikan pasokan listrik tetap andal terutama selama periode siaga ini.

“Dengan berbagai langkah yang telah kami ambil, kami optimis dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, terutama dalam menyambut HUT Kemerdekaan. Semoga dengan ikhtiar yang telah dilakukan dan terus bertawakal kepada Allah SWT, listrik yang andal dapat terus terwujud bukan hanya untuk upacara HUT RI saja tapi juga untuk kebutuhan masyarakat di Kalimantan,” pungkasnya.

Selain inspeksi jalur tulang punggung, PLN juga terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait di IKN untuk memastikan sinergi yang baik dalam menjaga kestabilan listrik selama perayaan HUT Kemerdekaan. PLN juga menyiapkan tim tanggap darurat yang akan berjaga selama 24 jam untuk memastikan penanganan cepat jika terjadi gangguan listrik. (**)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Bupati Fransiskus Kukuhkan Gelar Karya Guru Penggerak Tahun 2024

KalbarOnline, Putussibau -  Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengukuhkan gelar karya kepada 39 guru penggerak…

2 hours ago

Bupati Kapuas Hulu Resmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan Sayut

KalbarOnline, Putussibau - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan meresmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan…

2 hours ago

Bang Midji Ngopi Sore dengan Tokoh Masyarakat Sintang di Pasar Masuka

KalbarOnline, Sintang - Bakal calon Gubernur Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji mengisi waktu sore dengan…

3 hours ago

Bupati Ketapang Jadi Inspektur Upacara Militer Tugu Juang Tumbang Titi

KalbarOnline, Ketapang - Memasuki hari ke-3 rangkaian Napak Tilas 2024, Bupati Ketapang, Martin Rantan menjadi…

4 hours ago

Pasien Kanker Asal Sambas Senang Layanan Radioterapi RSUD Soedarso Mulai Beroperasi

KalbarOnline, Pontianak - Uray Hidayati, seorang ibu pengidap kanker asal Selakau, Kabupaten Sambas, mengaku senang…

4 hours ago

Berkinerja Baik Turunkan Angka Kemiskinan Ekstrem, Pemprov Kalbar Raih Penghargaan Insentif Fiskal

KalbarOnline, Jakarta - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat kembali memperoleh penghargaan atas kinerjanya. Kali ini penghargaan…

4 hours ago