Hasan Karman Tiba-tiba Mundur dari Pencalonan Wali Kota Singkawang, Ini Penyebabnya

KalbarOnline, Singkawang – Hasan Karman, mantan Wali Kota Singkawang, secara mengejutkan memutuskan untuk mundur dari pencalonan sebagai Wali Kota Singkawang. Pengumuman tersebut disampaikan langsung oleh Hasan Karman melalui sebuah video yang beredar di media sosial.

Dalam video tersebut, Hasan Karman menyampaikan permohonan maaf kepada para pendukung dan relawan yang selama ini mendukung keinginannya untuk mencalonkan kembali sebagai wali kota. Hasan menegaskan, bahwa keputusannya itu bukan karena ketidakinginan atau ketidakmampuan.

“Yang saya hormati warga Singkawang, terutama para relawan dan pendukung yang menginginkan saya mencalonkan kembali menjadi wali kota, dalam kesempatan ini saya harus menyampaikan bahwa saya tidak jadi mencalonkan diri. Saya tidak bisa mencalonkan diri karena bukan tidak mau, bukan juga karena tidak mampu, tetapi dikarenakan beberapa alasan,” ungkapnya dalam video.

Hasan menjelaskan, bahwa salah satu alasan utama di balik keputusannya adalah ketiadaan dukungan dari partai politik. Menurutnya, syarat untuk mendaftar sebagai calon wali kota adalah mendapatkan dukungan dari 20 kursi DPRD, namun dirinya tidak berhasil mendapatkan dukungan tersebut.

“Pertama, saya tidak mendapatkan tiket atau dukungan 20 kursi DPRD dari partai politik Kota Singkawang, yang merupakan syarat minimal untuk mendaftar ke KPU,” kata Hasan.

Lebih jauh, Hasan mengungkapkan dugaan bahwa kursi-kursi tersebut telah dibeli oleh pihak-pihak tertentu dengan harga yang sangat tinggi. Ia juga mencurigai adanya upaya sistematis untuk menghalanginya maju sebagai calon wali kota.

“Kursi-kursi tersebut telah dikunci dan diborong oleh pihak-pihak tertentu dengan harga transaksi luar biasa yang hanya mereka yang tau. Katanya lima tahun menjabat belum tentu nilai tersebut akan kembali jika tidak menggunakan jalan ilegal, dan saya tidak ingin berbuat seperti itu,” ujarnya.

“Kedua ada pihak-pihak tertentu yang beritikad mencegah dan menghalangi saya maju, mereka berupaya agar saya jangan sampai mendapat tiket bahkan ada dugaan terjadi persekongkolan untuk menutup jalan saya dan upaya ini tampak berhasil mereka lakukan,” tambahnya.

Meski tidak lagi mencalonkan diri sebagai Wali Kota Singkawang, Hasan menegaskan, bahwa ia akan terus berkomitmen untuk berkontribusi dalam pembangunan Kota Singkawang.

“Mohon pengertian semua pihak yang mendukung dan berdoa untuk saya, sebagai orang beriman saya percaya ada rencana baik Tuhan untuk saya. Mengabdi tidak harus di satu bidang, masih banyak bidang pengabdian lain yang bisa saya tekuni jika Tuhan merestui,” tutup Hasan Karman. (Lid)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Bupati Fransiskus Kukuhkan Gelar Karya Guru Penggerak Tahun 2024

KalbarOnline, Putussibau -  Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengukuhkan gelar karya kepada 39 guru penggerak…

1 hour ago

Bupati Kapuas Hulu Resmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan Sayut

KalbarOnline, Putussibau - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan meresmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan…

1 hour ago

Bang Midji Ngopi Sore dengan Tokoh Masyarakat Sintang di Pasar Masuka

KalbarOnline, Sintang - Bakal calon Gubernur Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji mengisi waktu sore dengan…

3 hours ago

Bupati Ketapang Jadi Inspektur Upacara Militer Tugu Juang Tumbang Titi

KalbarOnline, Ketapang - Memasuki hari ke-3 rangkaian Napak Tilas 2024, Bupati Ketapang, Martin Rantan menjadi…

3 hours ago

Pasien Kanker Asal Sambas Senang Layanan Radioterapi RSUD Soedarso Mulai Beroperasi

KalbarOnline, Pontianak - Uray Hidayati, seorang ibu pengidap kanker asal Selakau, Kabupaten Sambas, mengaku senang…

3 hours ago

Berkinerja Baik Turunkan Angka Kemiskinan Ekstrem, Pemprov Kalbar Raih Penghargaan Insentif Fiskal

KalbarOnline, Jakarta - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat kembali memperoleh penghargaan atas kinerjanya. Kali ini penghargaan…

4 hours ago