Tekan Inflasi, Dinas Pertanian Perkebunan dan Pangan Kapuas Hulu Luncurkan Program Tanam Cabai

KalbarOnline, Putussibau – Dinas Pertanian Perkebunan Kabupaten Kapuas Hulu meluncurkan program tanam cabai dalam rangka mengantisipasi dan menekan angka inflasi di Kabupaten Kapuas Hulu, pada Kamis (15/08/2024).

Peluncuran itu dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Mohd Zaini, Dandim 1206 Putussibau, Letkol Inf Nasli, sejumlah kepala OPD dan undangan lainya.

Mohd Zaini dalam kesempatan itu mengatakan, kalau pihaknya bersyukur bahwa inflasi di Kabupaten Kapuas Hulu  terus menerus dan dalam jangka waktu tertentu bisa dikendalikan.

Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, lanjut Zaini, terus menjamin kestabilan harga pangan, dan tentu ini berdampak positif untuk masyarakat.

“Melalui launching (peluncuran) tanam cabai massal ini, saya harapkan masyarakat dapat memanfaatkan pekarangan dengan menanam cabai maupun sayur mayur untuk solusi dalam mengatasi tingginya harga dan kelangkaan pangan di pasaran terutama komiditi cabai,” katanya.

Zaini pun mengharapkan, kegiatan ini dapat memberikan motivasi kepada masyarakat serta kepada kita semua guna memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari.

“Selain itu, dengan produksi cabai dan sayuran yang meningkat, kegiatan ini dapat menjaga stabilitas ketersediaan  stok dan harga pangan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Pangan Kabupaten Kapuas Hulu, Hiasintus Gunung Agung menyampaikan, kecukupan komoditas cabai merupakan salah satu penyeimbang lainya seperti sembako dan juga bantuan tunai (BLT).

“Guna menekan daya inflasi, selain (yang menjadi faktor) beras, daging, telur, bawang merah, bawang putih. (Program tanam cabai ini) untuk meningkatkan daya beli masyarakat dan menekan inflasi,” sampai Gunung Agung. (Haq)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Bupati Kapuas Hulu Hadiri Deklarasi ODF 4 Desa di Badau

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menghadiri kegiatan deklarasi ODF di Desa…

8 hours ago

Bergabung Bersama 700 Relawan Saro’an di Tebas, Ria Norsan Disambut Antusias

KalbarOnline, Sambas - Calon Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan menghadiri pengukuhan tim kemenangan dan relawan…

8 hours ago

Bang Midji Serahkan Bantuan Sajadah ke Masjid Agung Sultan Anum Sekadau

KalbarOnline, Sekadau - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) periode 2018 - 2023, Sutarmidji bersilaturahmi dengan jemaah…

12 hours ago

Tragedi Perkemahan di Kubu Raya, Harisson Minta Panitia Kemah Perhatikan Kondisi Cuaca

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson turut menyampaikan duka cita yang mendalam…

12 hours ago

Pj Gubernur Harisson Dukung Metode Gasing Diterapkan di Sekolah-sekolah Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson, mendorong penerapan metode belajar berhitung dengan…

12 hours ago

Hari Kedua, Napak Tilas Bupati dan Rombongan Ziarah ke Makam-makam Pahlawan Daerah

KalbarOnline, Ketapang - Rangkaian kegiatan napak tilas tahun 2024 di Kabupaten Ketapang sudah dimulai, salah…

13 hours ago