30 Paskibraka Kabupaten Ketapang Resmi Dikukuhkan

KalbarOnline, Ketapang – Mewakili Bupati Ketapang, Asisten Sekda bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Heryandi mengukuhkan sebanyak 30 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Ketapang, di Ruang Rapat Utama Kantor Bupati Ketapang, pada Kamis (15/08/2024).

Pengukuhan tersebut ditandai dengan penyematan secara simbolis lencana dan kendit kecakapan oleh pembina upacara, Heryandi kepada pemimpin upacara.

Adapun pengantar pengukuhan dibacakan oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Ketapang, Andreas Hardi. Pada prosesi ini, para paskibraka mengucapkan ikrar yang disertai dengan prosesi mencium bendera merah putih oleh pemimpin upacara.

Bupati dalam amanat yang dibacakan Heryandi pada upacara pengukuhan ini menyampaikan, atas nama pribadi, masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Ketapang, ia mengucapkan selamat kepada yang mendapat amanah dan kehormatan sebagai pasukan paskibraka HUT ke-79 RI tingkat Kabupaten Ketapang.

“Sesaat tadi kita saksikan bersama, sebagaimana ikrar yang kalian ucapkan, serta prosesi cium bendera merah putih, satu hal yang perlu senantiasa ditanamkan, bahwa misi paskibra tidak boleh berhenti pada momentum peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI tahun 2024 ini saja, namun jiwa nasionalisme dan patriotisme, kepeloporan serta kepemimpinan yang terbentuk, harus mampu dijaga dan terus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Sebagai putra-putri Indonesia pilihan di Kabupaten Ketapang ini, Bupati Ketapang berharap, agar bisa memberi energi positif bagi generasi muda lainnya dan juga masyarakat.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada para orang tua anggota paskibra yang merupakan pahlawan, karena telah mendoakan, memberikan dorongan dan motivasi kepada anak-anaknya sehingga mampu bertahan dalam setiap proses penyeleksian dan latihan yang sangat berat, sehingga anak–anaknya dapat dikukuhkan dan diberi amanah mengemban tugas sebagai anggota paskibra pada puncak peringatan HUT ke-79 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2024 ini,” sampainya.

Kepada para pembina, pembimbing, pelatih dan panitia, Bupati Ketapang juga mengucapkan terima kasih atas segala usaha serta kesabaran dalam membimbing putra-putri terbaik di Kabupaten Ketapang selama proses latihan.

“Apabila selama proses latihan berlangsung terdapat kesalahan ataupun kekeliruan, semoga dapat dijadikan pembelajaran untuk lebih baik lagi di masa yang akan datang. Selanjutnya, kepada pihak sekolah juga kami ucapkan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan pada anak-anak anggota paskibra, semoga mereka bisa menjadi teladan bagi siswa-siswi lainnya,” pungkasnya.

Selanjutnya, di akhir acara ini, para tamu undangan memberikan ucapan selamat kepada para paskibraka yang telah dikukuhkan disertai dengan lagu Syukur, dan pasukan paskibraka juga berkesempatan menyanyikan beberapa lagu hiburan kepada para tamu dan undangan. (Adi LC)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Bupati Fransiskus Kukuhkan Gelar Karya Guru Penggerak Tahun 2024

KalbarOnline, Putussibau -  Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengukuhkan gelar karya kepada 39 guru penggerak…

1 hour ago

Bupati Kapuas Hulu Resmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan Sayut

KalbarOnline, Putussibau - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan meresmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan…

1 hour ago

Bang Midji Ngopi Sore dengan Tokoh Masyarakat Sintang di Pasar Masuka

KalbarOnline, Sintang - Bakal calon Gubernur Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji mengisi waktu sore dengan…

3 hours ago

Bupati Ketapang Jadi Inspektur Upacara Militer Tugu Juang Tumbang Titi

KalbarOnline, Ketapang - Memasuki hari ke-3 rangkaian Napak Tilas 2024, Bupati Ketapang, Martin Rantan menjadi…

3 hours ago

Pasien Kanker Asal Sambas Senang Layanan Radioterapi RSUD Soedarso Mulai Beroperasi

KalbarOnline, Pontianak - Uray Hidayati, seorang ibu pengidap kanker asal Selakau, Kabupaten Sambas, mengaku senang…

3 hours ago

Berkinerja Baik Turunkan Angka Kemiskinan Ekstrem, Pemprov Kalbar Raih Penghargaan Insentif Fiskal

KalbarOnline, Jakarta - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat kembali memperoleh penghargaan atas kinerjanya. Kali ini penghargaan…

3 hours ago