Sekda Mohd Zaini: Keberhasilan Mengibarkan Bendera Merah Putih Ada di Pundak Paskibraka

KalbarOnline, Putussibau – Sekda Kapuas Hulu, Mohd Zaini mengukuhkan 36 orang anggota paskibraka yang akan bertugas membawa dan mengibarkan bendera merah putih pada HUT RI ke-79 di GOR Uncak Kapuas Putussibau.

Pengukuhan anggota Paskibraka Kabupaten Kapuas Hulu ini dilaksanakan di Rumah Jabatan Dinas Bupati Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis (15/08/2024).

Dalam sambutanya, Mohd Zaini mengatakan, bahwa bendera merupakan salah satu identitas dari suatu negara yang sangat mencerminkan jati diri dan harga diri bangsa tersebut.

Dalam acara kenegaraan yang bersifat nasional maupun pada acara peringatan hari-hari besar nasional, bendera selalu hadir sebagai media introspeksi jati diri anak bangsa, baik dengan cara dikibarkan ataupun dipasang membentang di atas podium acara.

“Di saat itu kita diingatkan bahwa setiap gerak langkah yang kita lakukan harus selalu dalam koridor semangat juang yang luhur dan jujur, sehingga nilai suci pengorbanan para pahlawan yang telah mengorbankan hidup mereka demi kemerdekaan bangsanya akan selalu dijaga serta dipelihara oleh seluruh anak bangsa,” tuturnya.

Pasukan pengibar bendera pusaka yang selanjutnya disebut paskibraka, adalah pelajar putra putri terbaik yang merupakan kader bangsa untuk melaksanakan tugas mengibarkan dan menurunkan duplikat bendera pusaka merah putih pada upacara peringatan HUT RI.

“Pembentukan paskibraka pada tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, di mana proses rekrutmen dan seleksi secara online melalui aplikasi paskibraka tahun 2024, sesuai peraturan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.

“Untuk kita ketahui bersama, Kabupaten Kapuas Hulu tahun ini mengirimkan satu orang putra terbaik sebagai calon anggota paskibraka di tingkat Provinsi Kalbar, dan tentunya merupakan prestasi yang patut kita syukuri bersama,” katanya.

“Perlu diresapi juga bahwa, salah satu puncak keberhasilan upacara memperingati HUT RI ke 79 ini berada di pundak paskibraka,” lanjutnya.

Zaini turut mengucapkan selamat kepada para anggota paskibraka tahun 2024. Ia mengharapkan, agar seluruh prosesi peringatan kemerdekaan nantinya dapat berjalan lancar.

“Pemkab Kapuas hulu menyampaikan ucapan selamat kepada 36 anggota paskibraka tahun 2024, ini menunjukan bahwa kalian dinilai memiliki kemampuan dan persyaratan sebagai anggota paskibraka,” pungkasnya. (Haq)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Bupati Fransiskus Kukuhkan Gelar Karya Guru Penggerak Tahun 2024

KalbarOnline, Putussibau -  Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengukuhkan gelar karya kepada 39 guru penggerak…

2 hours ago

Bupati Kapuas Hulu Resmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan Sayut

KalbarOnline, Putussibau - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan meresmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan…

2 hours ago

Bang Midji Ngopi Sore dengan Tokoh Masyarakat Sintang di Pasar Masuka

KalbarOnline, Sintang - Bakal calon Gubernur Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji mengisi waktu sore dengan…

3 hours ago

Bupati Ketapang Jadi Inspektur Upacara Militer Tugu Juang Tumbang Titi

KalbarOnline, Ketapang - Memasuki hari ke-3 rangkaian Napak Tilas 2024, Bupati Ketapang, Martin Rantan menjadi…

4 hours ago

Pasien Kanker Asal Sambas Senang Layanan Radioterapi RSUD Soedarso Mulai Beroperasi

KalbarOnline, Pontianak - Uray Hidayati, seorang ibu pengidap kanker asal Selakau, Kabupaten Sambas, mengaku senang…

4 hours ago

Berkinerja Baik Turunkan Angka Kemiskinan Ekstrem, Pemprov Kalbar Raih Penghargaan Insentif Fiskal

KalbarOnline, Jakarta - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat kembali memperoleh penghargaan atas kinerjanya. Kali ini penghargaan…

4 hours ago