Disporapar Kalbar Fasilitasi Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kerja Pariwisata

KalbarOnline.com – Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kalimantan Barat (Kalbar) terus meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). Salah satunya di bidang kepariwisataan.

Kadisporapar Kalbar, Windy Prihastari mengatakan, sejalan dengan komitmen itu, pihaknya menggelar pelatihan bagi kepemanduan wisata berbasis elektronik tahun 2024. Dalam hal ini, Disporapar Kalbar memfasilitasi sertifikasi kompetensi bagi tenaga kerja pariwisata, yang diikuti oleh 30 orang peserta se-Kalbar.

Kegiatan itu berlangsung di Hotel Maestro Pontianak, pada 19 – 21 Agustus 2024.

Windy mengatakan, fasilitasi sertifikasi bagi tenaga kerja pariwisata ini sangat berguna untuk memastikan bahwa karyawan atau tenaga kerja yang bergerak di sektor pariwisata memiliki kompetensi dan keahlian yang diperlukan untuk memenuhi standar keterampilan yang ditetapkan.

“Jadi dengan adanya sertifikasi kompetensi, memungkinkan tenaga kerja pariwisata kita di Kalbar, untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan seiring dengan peningkatan kompetensinya,” kata Windy.

Dokumentasi selama kegiatan Sertifikasi Kompetensi bagi Tenaga Kerja Pariwisata, yang diikuti oleh 30 orang peserta yang berada di Provinsi Kalimantan Barat, yang berlangsung  di Hotel Maestro Pontianak, pada 19-21 Agustus 2024.

Selain itu, dengan adanya sertifikasi ini, dapat meningkatkan daya saing tenaga kerja, karena memberikan kredibilitas dan keahlian yang telah diakui secara nasional.

Oleh karena itu, Windy mengatakan, sertifikasi ini penting sebagai cara untuk menunjukkan kemampuan dan memenuhi standar dalam berbagai bidang.

“Melalui sertifikasi, keahlian dan kompetensi, dapat secara objektif diukur dan diakui, memberikan manfaat bagi individu, perusahaan maupun masyarakat. Dan hal tersebut yang dapat membantu untuk meningkatkan kompetensi SDM serta memperlancar usaha,” tegas Windy.

Windy mengatakan, dengan adanya sertifikasi ini, akan memungkinkan karyawan mengikuti beberapa proses sertifikasi. Ia pun berharap bahwa, hal ini akan mendukung pencapaian sumber daya manusia pariwisata Indonesia yang berkualitas tinggi, yang akan memungkinkan untuk memaksimalkan potensi pariwisata, khususnya di daerah Kalimantan Barat.

Dokumentasi selama kegiatan Sertifikasi Kompetensi bagi Tenaga Kerja Pariwisata, yang diikuti oleh 30 orang peserta yang berada di Provinsi Kalimantan Barat, yang berlangsung  di Hotel Maestro Pontianak, pada 19-21 Agustus 2024.

“Kegiatan ini kita ingin memberikan kesempatan pada pelaku dan pekerja untuk mengikuti sertifikasi dari lembaga sertifikasi profesi yang difasilitasi oleh Disporapar Kalbar,” ujarnya.

Adapun peserta pelatihan sebanyak 30 orang yang merupakan para pelaku usaha pariwisata maupun pekerja di sektor pariwisata, terutama yang menangani hospitality dan pelayanan, yang memiliki sertifikat dari Lembaga Sertifikasi Profesi.

Pada kegiatan ini, juga menghadirkan narasumber dari perwakilan Kemenparekraf RI. Setelah pemberian materi, kegiatan dilanjutkan dengan materi uji kompetensi dengan narasumber dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) sebanyak 3 (tiga) orang. 

Berikutnya, dilanjutkan dengan presentase oleh seluruh peserta dan uji kompetensi, masing-masing peserta dari berbagai asosiasi untuk memberikan presentasi sesuai dengan bidang uji kompetensi yang mereka ambil. (Jau)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Pontianak Tanpa Kantong Plastik Mulai 2025, Ini Cara Mendapatkan Tas Belanja dari DLH

KalbarOnline, Pontianak - Mulai tanggal 1 Januari 2025, seluruh pelaku usaha di Pontianak, Kalimantan Barat,…

2 hours ago

Keseruan Warga Sui Jawi Gelar Lomba Mancing Dalam Parit, Ada yang Dapat Lele 3,8 Kg

KalbarOnline, Pontianak - Ratusan warga berbondong-bondong memeriahkan lomba mancing dalam parit yang digelar di Gang…

5 hours ago

Usmandy: Sutarmidji Telah Buktikan Komitmen Percepatan Pembangunan di Sintang, Melawi dan Kapuas Hulu

KalbarOnline.com - Anggota DPRD Kalimantan Barat, Usmandy dari Dapil Sintang, Melawi dan Kapuas Hulu, mengapresiasi…

5 hours ago

Norsan Absen Hadiri Dialog Kebangsaan BEM SI, Magdalena: Semua Calon Gubernur Diundang Secara Adil

KalbarOnline.com - Dialog Kebangsaan dalam rangka Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Se-Indonesia…

5 hours ago

Buron Sejak Juli 2024, DPO Pencabulan Anak Ditangkap

KalbarOnline, Pontianak - Unit PPA Satreskrim Polres Sambas bersama Unit Reskrim Polsek Selakau berhasil menangkap…

6 hours ago

Cawagub Didi Haryono Pastikan Pengembangan UMKM Hingga Infrastruktur Jadi Prioritas

KalbarOnline, Landak - Calon Wakil Gubernur Kalimantan Barat nomor urut 1, Didi Haryono memastikan akan…

6 hours ago