Dorong SDM Unggul di Bidang Kepariwisataan, Disporapar Kalbar Gelar Workshop Sisparnas 2024 

KalbarOnline, Pontianak – Disporapar Kalimantan Barat menggelar Workshop Pengembangan Sistem Kepariwisataan Nasional (Sisparnas) tahun 2024, berlangsung sejak 19 – 23 Agustus 2024, di Hotel Maestro Pontianak.

Kegiatan Workshop Pengembangan Sistem Kepariwisataan Nasional ini diikuti oleh 35 orang peserta yang berasal dari PIC dan surveyor di Kabupaten dan Kota se-Provinsi Kalimantan Barat.

Kegiatan ini adalah bentuk sinergitas antara Pemerintah Pusat melalui Kemenparekraf bersama Pemprov Kalbar melalui Disporapar Kalbar, agar setiap daerah memiliki sumber daya manusia (SDM) yang unggul di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif (ekraf), salah satunya adalah melalui program tugas pembantuan, yakni kegiatan Workshop Pengembangan Sistem Informasi Kepariwisataan Nasional.

Kegiatan Workshop Pengembangan Sistem Informasi Kepariwisataan Nasional di Kalimantan Barat Tahun 2024 ini didasari oleh Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2019 tentang Ekonomi Kreatif.

Kadisporapar Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari mengatakan, Sumber Daya Manusia (SDM) yang berasal dari destinasi wisata dan desa atau kampung wisata merupakan bagian dari sumber daya manusia ekonomi kreatif yang harus dioptimalkan.

Hal ini penting menurutnya, agar mereka menjadi SDM yang mampu membina dan mengelola potensi ekonomi kreatif, secara sistematis, terstruktur dan berkelanjutan.

“Ini juga sejalan dengan upaya kita dalam pengarusutamaan ekraf, dalam rencana pembangunan nasional melalui pengembangan ekosistem ekraf yang memberikan nilai tambah pada produk ekraf yang unggul dan berdaya saing tinggi, mudah diakses, dan terlindungi secara hukum,” ujar Windy dalam sambutanya.

Maka dari itu, kegiatan ini diharapkan membantu pengembangan kompetensi SDM bidang pariwisata dan ekonomi kreatif, agar mampu mendorong terciptanya produk-produk pariwisata unggulan di daerah,  yang ikut berkontribusi terhadap perekonomian nasional. (Jau)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Cawagub Didi Haryono Disambut Hangat Masyarakat Saat Hadir di Peringatan Kelahiran Nabi Kongzi 2575

KalbarOnline, Pontianak - Calon wakil Gubernur Kalbar nomor urut 1, Didi Haryono menghadiri peringatan Kelahiran…

6 hours ago

Mensos RI Apresiasi Pemkot Pontianak Atasi Kemiskinan Ekstrem

KalbarOnline, Jakarta – Menteri Sosial (Mensos) RI Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul…

6 hours ago

Pesan Bang Midji saat Kampanye Dialogis di Paloh: Adu Gagasan dan Ingatkan Pentingnya Pendidikan Anak

KalbarOnline, Sambas – Kampanye dialogis calon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut 1, Sutarmidji di Kecamatan…

6 hours ago

Mia Islamidewi Juarai Sayembara Cerpen Membaca Pontianak 2024

KalbarOnline, Pontianak - Cerpen Mia Islamidewi berjudul "Riak" berhasil menjadi juara Sayembara Cerpen Membaca Pontianak.…

6 hours ago

Gol A Gong Kampanyekan Gemar Membaca di Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Duta Baca Indonesia, Gol A Gong mengajak seluruh warga kota Pontianak membaca…

6 hours ago

Lima Pasangan Terjaring Razia Kos Satpol PP Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pontianak mengamankan lima pasangan tidak…

6 hours ago