Festival Seni Budaya Melayu 2024 Digelar Oktober, Ada Pentas P Ramlee dari Serawak

KalbarOnline, Pontianak – Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kalbar akan menggelar Festival Budaya Melayu yang ke-13 di Pontianak. Festival ini akan diselenggarakan selama tiga hari, yaitu dari tanggal 19 sampai 23 Oktober 2024 mendatang. 

Ketua Umum MABM Kalbar, Chairil Effendi mengatakan, bahwa pagelaran festival budaya Melayu tahun ini akan berbeda dibanding tahun sebelumnya. Selain diikuti oleh masyarakat Melayu dari 14 kabupaten/kota di Kalbar, festival ini juga melibatkan negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Brunei.

“Memang sepertinya tahun ini agak sedikit berbeda, karena kemungkinan tahun ini juga akan ada keterlibatan dari negara lain untuk ikut memeriahkan festival budaya Melayu yang ke 13 ini, seperti Komunitas Melayu Sarawak Malaysia, Komunitas Melayu Brunei, Komunitas Melayu Singapura, dan tentunya kita perlu dukungan dari masyarakat juga,” ungkapnya saat konferensi pers yang dilaksanakan di Pendopo Gubernur Kalbar, Selasa (20/08/2024).

“Juga kita akan mempersiapkan berbagai kegiatan di dalamnya, seperti sastra, olahraga, kuliner, kerakyatan dan lainya,” tambahnya.

Festival budaya ini akan menghadirkan berbagai macam kegiatan, seperti lomba dan gelar seni serta olahraga tradisional, pergelaran upacara adat, peragaan busana Melayu, pameran budaya, dan berbagai macam pergelaran kuliner khas Melayu.

Menariknya lagi, festival budaya Melayu pada tahun ini akan menampilkan sebuah pertunjukan pementasan P Ramlee yang didatangkan khusus dari negara tetangga, Sarawak, Malaysia.

“Tahun ini ada pementasan dari klub pecinta P Ramlee dari Sarawak yang rencananya berlangsung di Rumah Melayu. Di samping itu juga ada lomba lagu-lagu P Ramlee yang ditujukan untuk remaja-remaja,” ungkapnya.

Chairil Effendi berharap, pemerintah dapat memberikan dukungan dalam mempromosikan festival budaya ini, sehingga dapat menarik wisatawan lokal dan mancanegara serta memberikan dampak positif bagi perekonomian Kalimantan Barat.

“Memang kita meyakini betul bahwa pergerakan dan perputaran ekonomi saat ini sangat ditentukan oleh pariwisata. Jadi semuanya menyadari bahwa pariwisata itu penting sekali untuk mendongkrak perekonomian,” harapnya.

Di tempat yang sama, Kadisporapar Kalbar, Windy Prihastari mengatakan, pemerintah provinsi mendukung penuh pelaksanaan festival ini. Ia berharap, lewat festival ini dapat mendongkrak pertumbuhan perekonomian Kalbar.

“Tentunya kami dari Pemerintah Provinsi sangat mendukung kegiatan ini, karena ini merupakan suatu hal yang sangat penting untuk mengenalkan kebudayaan serta kegiatan ini juga dapat meningkatkan perekonomian bagi masyarakat khusunya UMKM,” ucapnya.

Dikatakannya lagi, bahwa masyarakat diharapkan dapat mengikuti semua agenda yang ada, agar bisa mempromosikan ekonomi kreatif di Kalbar.

“Kami berharap masyarakat bisa terlibat aktif dalam pelaksanaan festival budaya ini, kemudian ini juga merupakan ajang promosi bagi kebudayaan kita,” pungkasnya. (Lid)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Bupati Fransiskus Kukuhkan Gelar Karya Guru Penggerak Tahun 2024

KalbarOnline, Putussibau -  Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengukuhkan gelar karya kepada 39 guru penggerak…

46 mins ago

Bupati Kapuas Hulu Resmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan Sayut

KalbarOnline, Putussibau - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan meresmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan…

47 mins ago

Bang Midji Ngopi Sore dengan Tokoh Masyarakat Sintang di Pasar Masuka

KalbarOnline, Sintang - Bakal calon Gubernur Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji mengisi waktu sore dengan…

2 hours ago

Bupati Ketapang Jadi Inspektur Upacara Militer Tugu Juang Tumbang Titi

KalbarOnline, Ketapang - Memasuki hari ke-3 rangkaian Napak Tilas 2024, Bupati Ketapang, Martin Rantan menjadi…

3 hours ago

Pasien Kanker Asal Sambas Senang Layanan Radioterapi RSUD Soedarso Mulai Beroperasi

KalbarOnline, Pontianak - Uray Hidayati, seorang ibu pengidap kanker asal Selakau, Kabupaten Sambas, mengaku senang…

3 hours ago

Berkinerja Baik Turunkan Angka Kemiskinan Ekstrem, Pemprov Kalbar Raih Penghargaan Insentif Fiskal

KalbarOnline, Jakarta - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat kembali memperoleh penghargaan atas kinerjanya. Kali ini penghargaan…

3 hours ago