Harisson Ajak Masyarakat Sambut Kepulangan Veddriq: Pahlawan Olahraga Indonesia Asal Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat (Kalbar) bakal menyambut meriah kepulangan atlet panjat tebing asal Kota Pontianak, peraih medali emas Olimpiade Paris 2024, Veddriq Leonardo, pada Rabu (21/08/2024) besok.

Penyambutan kepulangan pahlawan olahraga Indonesia ke kampung halamannya itu, bakal melibatkan seluruh lapisan masyarakat, dengan arak-arakan menggunakan mobil hias di jalan-jalan protokol Kabupaten Kubu Raya hingga Kota Pontianak.

Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar, Harisson bahkan secara khusus telah menerbitkan Surat Edaran (SE) guna menyambut kepulangan Veddriq Leonardo. Di dalam edaran itu, Harisson mengajak semua lapisan masyarakat untuk menyambut kedatangan Veddriq dengan penuh sukacita.

“Saya mengajak semua lapisan masyarakat untuk memeriahkan penyambutan pahlawan olahraga Indonesia Veddriq Leonardo yang pulang ke kampung halaman,” seru Harisson, Senin (19/08/2024).

Atas nama pemerintah provinsi (pemprov) dan seluruh masyarakat Kalbar, Harisson menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Veddriq Leonardo yang telah mempersembahkan emas pertama untuk Indonesia di ajang Olimpiade Paris 2024.

“Kami (Pemprov) tentu akan memberikan apresiasi (bonus) untuk Veddriq Leonardo, sesuai peraturan, dan ketentuan yang berlaku,” ungkapnya.

Keberhasilan yang diukir Veddriq, menurut Harisson, menjadi bukti nyata bahwa di Kalbar, banyak anak muda yang penuh prestasi. Generasi muda Kalbar kata dia, telah siap menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk menyongsong Indonesia Emas 2045.

“Saya percaya dan berkeyakinan, prestasi Veddriq ini akan terus membakar semangat putra/putri Kalbar untuk juga ikut berprestasi di semua bidang, dan semua ajang, baik nasional maupun internasional,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kalbar, Windy Prihastari menjelaskan, kedatangan Veddriq Leonardo akan disambut dengan sangat meriah oleh seluruh lapisan masyarakat. Pemprov Kalbar kata dia telah mempersiapkan penyambutan ini sejak Veddriq turun dari pesawat.

Windy menjelaskan, Veddriq akan dijemput di VIP Bandara Supadio oleh Pj Gubernur Kalbar, Harisson bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalbar, beserta keluarga.

Dalam penyambutan tersebut, juga akan hadir Bernard Benyamin Van Aert, atlet Kalbar yang lolos 20 besar Olimpiade Paris 2024 pada cabang olahraga balap sepeda.

“Mulai dari turun pesawat pahlawan olahraga Indonesia Veddriq Leonardo akan kami sambut dengan adat tepung tawar, tarian, dan lainnya,” jelas Windy.

Setelah itu, menurut Windy, Veddriq akan dibawa mengikuti arak-arakan atau pawai, melintasi sejumlah ruas jalan di Ibu Kota Provinsi Kalbar. Mulai dari Jalan Arteri Supadio (Ayani II), menuju Jalan Ayani I, dan berhenti sejenak di Bundaran Digulis Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak. Di lokasi tersebut Veddriq akan menyapa warga dan generasi muda.

Kemudian pawai akan dilanjutkan ke Jalan Teuku Umar menuju Jalan Gajah Mada, dan Jalan Veteran. Selanjutnya arak-arakan akan berhenti di Pendopo Gubernur Kalbar. Di sana telah dipersiapkan panggung agar masyarakat Kalbar bisa melihat Veddriq Leonardo secara langsung.

“Di pendopo juga Pj Gubernur Kalbar bersama Veddriq akan menyampaikan sambutan. Kemudian akan disampaikan bonus kepada Veddriq dan Bernard dari Pemprov Kalbar untuk pembinaan,” terangnya.

Diungkapkan Windy, sepanjang jalan yang dilintasi pawai, Veddriq akan disambut oleh berbagai lapisan masyarakat. Pihaknya pun telah menyurati Pj Bupati Kubu Raya dan Pj Wali Kota Pontianak serta KONI setempat, agar mengajak masyarakat, pelajar dan atlet dalam penyambutan tersebut.

Selain itu, pihaknya pun telah menyurati Rektor Untan, Universitas PGRI, Politeknik Negeri Pontianak (Polnep), dan berbagai perguruan tinggi lainnya, agar bisa turut memeriahkan penyambutan dengan melibatkan seluruh mahasiswa dari masing-masing kampus.

Windy menjelaskan, dari Pendopo Gubernur Kalbar, Veddriq selanjutnya akan dibawa menuju venue panjat tebing kawasan Gelanggang Olahraga (GOR) Khatulistiwa. Di tempat tersebut, Veddriq kembali akan memberikan motivasi kepada para atlet, khususnya atlet-atlet panjat tebing.

“Kami menyambut Veddriq secara meriah, ini menjadi apresiasi yang luar biasa kepada Veddriq, termasuk Veddriq bisa menjadi contoh bagi pemuda Kalbar khususnya para atlet untuk bisa berprestasi di kancah nasional hingga internasional,” harapnya.

Terkait pembinaan terhadap atlet panjat tebing, sesuai kewenangan, Windy menyebutkan, Disporapar Kalbar telah menambah satu cabang olahraga (cabor) dalam Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP), yakni cabor panjat tebing. PPLP merupakan wadah untuk menempa atlet-atlet pelajar berprestasi pada berbagai cabor yang dibina oleh Disporapar Kabar.

Sejumlah program pembinaan pun telah dipersiapkan, dan dengan penambahan itu, kini PPLP Kalbar memiliki enam cabor binaan mulai dari atletik, angkat besi, karate, panahan, wushu dan panjat tebing.

Penambahan cabor panjat tebing pada PPLP binaan Disporapar Kalbar diharapkan mampu melahirkan Veddriq-Veddriq muda yang bakal mengharumkan Kalbar di kancah nasional hingga internasional. Seperti Veddriq Leonardo yang saat ini sukses meraih medali emas Olimpiade Paris 2024 di usia yang masih cukup muda.

“Kami menambah cabor panjat tebing di PPLP di bawah binaan Disporapar Kalbar, kami berharap dari usia pelajar kita akan memunculkan Veddriq-Veddriq lainnya,” pungkasnya. (Jau)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Bupati Fransiskus Kukuhkan Gelar Karya Guru Penggerak Tahun 2024

KalbarOnline, Putussibau -  Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengukuhkan gelar karya kepada 39 guru penggerak…

4 hours ago

Bupati Kapuas Hulu Resmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan Sayut

KalbarOnline, Putussibau - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan meresmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan…

4 hours ago

Bang Midji Ngopi Sore dengan Tokoh Masyarakat Sintang di Pasar Masuka

KalbarOnline, Sintang - Bakal calon Gubernur Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji mengisi waktu sore dengan…

6 hours ago

Bupati Ketapang Jadi Inspektur Upacara Militer Tugu Juang Tumbang Titi

KalbarOnline, Ketapang - Memasuki hari ke-3 rangkaian Napak Tilas 2024, Bupati Ketapang, Martin Rantan menjadi…

6 hours ago

Pasien Kanker Asal Sambas Senang Layanan Radioterapi RSUD Soedarso Mulai Beroperasi

KalbarOnline, Pontianak - Uray Hidayati, seorang ibu pengidap kanker asal Selakau, Kabupaten Sambas, mengaku senang…

6 hours ago

Berkinerja Baik Turunkan Angka Kemiskinan Ekstrem, Pemprov Kalbar Raih Penghargaan Insentif Fiskal

KalbarOnline, Jakarta - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat kembali memperoleh penghargaan atas kinerjanya. Kali ini penghargaan…

6 hours ago