Pj Bupati Kubu Raya Harap Pilkada Berjalan Lancar

KalbarOnline, Kubu Raya – Penjabat (Pj) Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman memberikan apresiasi kepada Polres Kubu Raya yang telah sukses melaksanakan simulasi sistem pengamanan kota (sispamkota) di halaman Pergudangan Borneo Business Icon, Kecamatan Sungai Ambawang, Kamis (22/08/2024).

Simulasi ini merupakan bagian dari persiapan menyambut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kubu Raya yang dijadwalkan berlangsung pada 27 November 2024.

Kamaruzaman menekankan pentingnya antisipasi dini untuk memastikan pilkada berjalan aman dan lancar. “Ini sudah diantisipasi sejak dini sehingga kita berharap untuk pilkada ini tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Kamaruzaman usai kegiatan.

Menurut Kamaruzaman, pilkada merupakan momen penting sebagai pesta demokrasi dari rakyat untuk rakyat, dalam menentukan pemimpin masa depan Kubu Raya. Oleh karena itu, simulasi pengamanan seperti ini sangat krusial untuk memastikan kesiapan semua pihak terkait.

“Mudah-mudahan semua tahapan bisa berjalan dengan lancar dan tertib. Sehingga nanti pada waktunya, pilkada hingga penetapan hasil tidak ada hambatan dan gangguan, khususnya di wilayah Kabupaten Kubu Raya,” harapnya.

Kamaruzaman juga menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Kubu Raya terus bersinergi dengan Polres Kubu Raya dan pemangku kepentingan lainnya untuk memastikan suksesnya pelaksanaan Pilkada.

“Salah satu tugas kami sebagai penjabat bupati adalah menyukseskan pelaksanaan Pilkada, sehingga kami terus berkoordinasi dengan Kapolres dan bersinergi agar Pilkada di Kubu Raya berlangsung tertib dan lancar,” tambahnya.

Kapolres Kubu Raya, AKBP Wahyu Jati Wibowo menjelaskan, bahwa simulasi ini bertujuan untuk mengantisipasi dan merespons potensi ancaman yang mungkin timbul selama tahapan pilkada.

“Kami telah menyiapkan strategi dan perencanaan untuk menghadapi potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Namun, meskipun kami siap, kami tetap berharap tidak akan terjadi masalah kamtibmas dalam tiap tahapan pelaksanaan Pilkada nanti,” ungkap Wahyu.

Wahyu juga menyatakan, bahwa pihaknya terus berkoordinasi dengan penyelenggara pilkada, seperti KPU, Bawaslu, dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), untuk memastikan keamanan tetap terjaga. Fokus pengamanan mencakup pencegahan terhadap aksi anarkistis dan segala bentuk ancaman terhadap harta dan jiwa masyarakat.

“Seperti aksi massa yang bersifat anarki, serta potensi permasalahan yang dapat menyebabkan kerugian terhadap harta benda dan jiwa masyarakat, itu yang akan kami antisipasi,” tegasnya. (Jau)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Menteri AHY Siapkan Baseline Program Pertanahan dan Tata Ruang untuk Transisi Kepemimpinan

KalbarOnline, Balikpapan - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono…

6 mins ago

Menteri AHY Berhasil Pertahankan Disertasi tentang Kepemimpinan Transformasional dan Orkestrasi SDM

KalbarOnline, Surabaya - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono…

8 mins ago

Tunggakan Pedagang Pasar Flamboyan dan PSP Capai Rp 1,5 Miliar

KalbarOnline, Pontianak – Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Pontianak menyisir para pedagang…

11 mins ago

Windy Prihastari Edukasikan Kepedulian Generasi Muda Cegah Kelahiran Thalasemia Mayor

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kalimantan…

2 hours ago

Kagama Kalbar Ikut Dampingi Jokowi Tinjau Kawasan Wanagama Nusantara di Ibu Kota Nusantara

KalbarOnline, Kaltim - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan sekaligus pencanangan kawasan Wanagama Nusantara di…

2 hours ago

Jelang Pilkada 2024, Sat Binmas Polres Kapuas Hulu Laksanakan Cooling System

KalbarOnline, Putussibau - Menjelang pilkada serentak tahun 2024, Polres Kapuas Hulu melalui satuan binmas melaksanakan…

4 hours ago