Pj Gubernur Lepas Kontingen Kalbar Menuju PON XXI

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson Azroi secara resmi melepas kontingen Kalbar yang akan mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut), pada Senin (26/08/2024), di Aula Garuda, Kantor Gubernur Kalbar.

Pelepasan kontingen tersebut ditandai dengan penyerahan bendera pataka dari Pj Gubernur kepada Ketua KONI Kalbar, Fachrudin Siregar serta pemasangan jaket kepada dua perwakilan atlet dan diikuti seluruh atlet yang siap mengharumkan Kalimantan Barat di kancah nasional.

Ajang kompetisi nasional yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali sejak 1959 ini, bakal diikuti oleh perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia, dan berlangsung mulai tanggal 8 hingga 20 September 2024.

Saat melakukan pelepasan kontingen Kalbar, Harisson berpesan kepada kontingen yang siap bertanding dapat mengukir prestasi pada PON kali ini.

“Saudara semua merupakan duta olahraga Kalbar yang telah siap berkompetisi dalam ajang olahraga nasional ini dan kiranya semua sudah mempersiapkan diri dengan baik.  Harapan kita bersama dengan persiapan yang telah dilakukan, Kontingen Kalbar mampu meraih yang terbaik,” ucapnya.

Ia juga mengingatkan untuk terus menjaga kekompakan dan kebersamaan serta menjaga nama baik Kalbar ketika berada di Aceh dan Sumut nantinya.

“Saya berpesan, selalu jaga semangat dan rasa percaya diri. Saling support, saling memperkuat motivasi, dan memelihara kebersamaan yang akan menjadi fondasi untuk meraih sejatinya prestasi, karena yang terpenting dalam olahraga tidak hanya urusan speed, stamina, skill, dan strength, tetapi juga spirit yang menjadi obor semangat kebersamaan,” katanya.

“Jaga nama baik Kalimantan Barat selama menjalankan tugas sebagai anggota Kontingen Kalimantan Barat pada PON XXI Aceh – Sumatera Utara dan jadilah Duta Olahraga Kalbar yang ramah dan bersahabat,” tambah Harisson.

Dirinya juga menekankan kepada seluruh atlet untuk menanamkan jiwa sportivitas yang senantiasa mengedepankan kesetiakawanan, kejujuran dan kredibilitas yang ditanamkan dalam diri sebagai atlet sehingga konsekuensi dari sebuah ajang kompetisi baik kemenangan maupun kekalahan diperoleh dengan penuh kehormatan.

“Kita harus berusaha semaksimal mungkin untuk meraih prestasi terbaik dengan memegang teguh jiwa sportifitas sebagai landasan bagi saudara-saudara dalam mengikuti setiap event yang diselenggarakan,” jelasnya.

Di hadapan seluruh atlet, Harisson juga menyampaikan bahwa PON merupakan puncak penyelenggaraan multi event olahraga di tanah air.

Melalui event ini, diharapkan juga dapat menjadi tolak ukur, dan mengetahui sejauh mana hasil pembinaan olahraga yang telah dilaksanakan selama ini.

“Kilas balik pencapaian prestasi Kalimantan Barat pada PON XX Tahun 2021 yang lalu di Provinsi Papua, kontingen Kalimantan Barat mampu meraih 3 medali emas, 5 medali perak dan 6 medali perunggu. Hasil tersebut  merupakan tantangan bagi kita semua untuk menunjukkan prestasi yang lebih baik lagi,” timpalnya.

Dalam kesempatan itu juga, tak lupa Pj Gubernur menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pelatih, ofisial, pengurus yang secara berkelanjutan dan bekerja keras telah mempersiapkan dan menghasilkan atlet-atlet yang sekarang ini akan berangkat mewakili Provinsi Kalimantan Barat.

“Saya mengucapkan selamat dan penghargaan serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh atlet yang terpilih mewakili Provinsi Kalimantan Barat dalam Pekan Olahraga Nasional XXI Aceh-Sumatera Utara Tahun 2024,” katanya.

Untuk diketahui, pada PON XXI Aceh-Sumut kali ini, kontingen Kalbar akan mengikuti 32 cabang olahraga, 142 orang atlet dan 79 orang pelatih.

Dengan semangat juang yang tinggi dan dukungan penuh dari masyarakat, dirinya yakin kontingen Kalbar akan mampu mengharumkan nama daerah di kancah nasional.

“Semoga prestasi yang diraih dapat menginspirasi generasi muda untuk terus berprestasi di bidang olahraga. Mari kita junjung tinggi nilai-nilai sportivitas dan berharap mereka dapat memecahkan rekor serta membawa pulang medali sebanyak-banyaknya,” pungkas Hariason. (Jau)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Menteri AHY Siapkan Baseline Program Pertanahan dan Tata Ruang untuk Transisi Kepemimpinan

KalbarOnline, Balikpapan - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono…

12 mins ago

Menteri AHY Berhasil Pertahankan Disertasi tentang Kepemimpinan Transformasional dan Orkestrasi SDM

KalbarOnline, Surabaya - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono…

14 mins ago

Tunggakan Pedagang Pasar Flamboyan dan PSP Capai Rp 1,5 Miliar

KalbarOnline, Pontianak – Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Pontianak menyisir para pedagang…

17 mins ago

Windy Prihastari Edukasikan Kepedulian Generasi Muda Cegah Kelahiran Thalasemia Mayor

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kalimantan…

2 hours ago

Kagama Kalbar Ikut Dampingi Jokowi Tinjau Kawasan Wanagama Nusantara di Ibu Kota Nusantara

KalbarOnline, Kaltim - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan sekaligus pencanangan kawasan Wanagama Nusantara di…

3 hours ago

Jelang Pilkada 2024, Sat Binmas Polres Kapuas Hulu Laksanakan Cooling System

KalbarOnline, Putussibau - Menjelang pilkada serentak tahun 2024, Polres Kapuas Hulu melalui satuan binmas melaksanakan…

4 hours ago