Pontianak Mantapkan Langkah Menuju Kota Kreatif dengan Kolaborasi Ekonomi Kreatif

KalbarOnline.com Pelaku ekonomi kreatif, akademisi, komunitas, media massa, dan Pemerintah Kota Pontianak bersinergi menentukan sub sektor ekonomi kreatif unggulan kota. Mereka berkumpul dalam Focus Group Discussion (FGD) Uji Petik Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I) yang berlangsung di Hotel Mercure Pontianak, Rabu (28/8/2024).

Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian, menekankan pentingnya pertemuan ini untuk menetapkan arah pengembangan ekonomi kreatif Pontianak ke depan. Menurutnya, dengan memiliki sub sektor ekonomi kreatif unggulan, fokus pengembangan akan lebih jelas dan terarah.

“Hasil dari diskusi ini akan memberikan gambaran yang lebih jelas tentang langkah-langkah strategis yang perlu kita ambil ke depannya,” ujarnya saat membuka FGD tersebut.

Pontianak saat ini tengah mengajukan diri sebagai bagian dari kota kreatif Indonesia. Proses ini dimulai sejak 2023 dan tim dari pusat telah datang untuk melakukan uji petik awal pekan ini. Meski prosesnya penuh tantangan, Ani Sofian optimis bahwa kolaborasi yang solid akan membawa hasil yang optimal.

“Kami yakin dengan komitmen, dedikasi, dan kolaborasi semua pihak, Pontianak bisa dikenal bukan hanya di Indonesia, tapi juga di kancah internasional,” tegasnya.

Dukungan Pusat untuk Ekosistem Kreatif

Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Oneng Setya Harini, menyampaikan bahwa pemerintah terus mendorong pengembangan kabupaten/kota kreatif untuk mendukung ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia melalui program PMK3I.

“Pontianak adalah kota ke-82 yang masuk dalam program ini,” jelasnya.

Kemenparekraf berpedoman pada Rencana Induk Pengembangan Ekonomi Kreatif Nasional, yang melibatkan banyak pihak, termasuk pemerintah daerah, untuk berpartisipasi aktif.

Dengan adanya 17 sub sektor ekonomi kreatif, tidak mungkin semuanya dikembangkan sekaligus. Fokus pada sub sektor unggulan diperlukan untuk mendapatkan hasil maksimal.

“Kami mendampingi pemetaan untuk menetapkan sub sektor unggulan, demi memajukan seluruh ekonomi kreatif kota,” tambah Oneng.

Uji Petik dan Penetapan Sub Sektor Unggulan

Sejak dua hari terakhir, tim telah melakukan uji petik di 21 lokasi di Pontianak, termasuk 15 pelaku kuliner, dua seni pertunjukan, dua lokasi kriya, dan satu lokasi sejarah perkampungan. Pada pertemuan ini, tim membantu para stakeholder untuk menetapkan sub sektor unggulan Kota Pontianak.

Oneng menekankan pentingnya melanjutkan kolaborasi yang sudah terjalin dan memastikan semua aktor tetap terlibat. “Apa pun yang diputuskan nanti, kami berharap itu adalah hasil bersama. Kami melihat komitmen dan sinergi yang sudah bagus,” katanya.

Ia juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Pontianak atas dukungannya. “Ini pertama kalinya kabupaten/kota memfasilitasi seluruh proses secara menyeluruh. Target kami sebenarnya hanya dua kabupaten/kota tahun ini, tapi kami berharap bisa mencapai lima,” tutupnya. (Lid)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Bupati Fransiskus Kukuhkan Gelar Karya Guru Penggerak Tahun 2024

KalbarOnline, Putussibau -  Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengukuhkan gelar karya kepada 39 guru penggerak…

4 hours ago

Bupati Kapuas Hulu Resmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan Sayut

KalbarOnline, Putussibau - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan meresmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan…

4 hours ago

Bang Midji Ngopi Sore dengan Tokoh Masyarakat Sintang di Pasar Masuka

KalbarOnline, Sintang - Bakal calon Gubernur Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji mengisi waktu sore dengan…

6 hours ago

Bupati Ketapang Jadi Inspektur Upacara Militer Tugu Juang Tumbang Titi

KalbarOnline, Ketapang - Memasuki hari ke-3 rangkaian Napak Tilas 2024, Bupati Ketapang, Martin Rantan menjadi…

6 hours ago

Pasien Kanker Asal Sambas Senang Layanan Radioterapi RSUD Soedarso Mulai Beroperasi

KalbarOnline, Pontianak - Uray Hidayati, seorang ibu pengidap kanker asal Selakau, Kabupaten Sambas, mengaku senang…

6 hours ago

Berkinerja Baik Turunkan Angka Kemiskinan Ekstrem, Pemprov Kalbar Raih Penghargaan Insentif Fiskal

KalbarOnline, Jakarta - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat kembali memperoleh penghargaan atas kinerjanya. Kali ini penghargaan…

6 hours ago