BSI Catatkan Laba Bersih Rp3,4 Triliun di Kuartal II 2024, Tertinggi di Antara Top 10 Bank Nasional

KalbarOnline.com – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mencatatkan kinerja keuangan yang mengesankan pada kuartal II tahun 2024. Hingga Juni 2024, BSI berhasil meraih laba bersih sebesar Rp3,4 triliun, mencatat pertumbuhan tahunan sebesar 20,28%. Angka ini menjadikan BSI sebagai bank dengan pertumbuhan tertinggi di antara Top 10 bank nasional.

Direktur Utama BSI, Hery Gunardi, menyatakan bahwa pencapaian ini menunjukkan kemampuan BSI untuk tetap kompetitif dan unggul meski di tengah tantangan makroekonomi, termasuk kenaikan suku bunga acuan BI Rate ke level 6,25% pada awal kuartal II 2024. “Alhamdulillah, BSI berhasil mencatat pertumbuhan di berbagai indikator kunci seperti aset, DPK, laba bersih, dan rasio CASA, yang merupakan tertinggi di industri perbankan nasional,” kata Hery.

Hery menjelaskan, keberhasilan ini tidak lepas dari fokus BSI pada segmen ritel, konsumer, dan UMKM, baik dari sisi dana maupun pembiayaan. Dengan komposisi dana murah mencapai 62,05% dan pembiayaan sebesar 71,73% di segmen ritel dan konsumer, BSI mampu menjaga kualitas kredit dan efisiensi biaya.

Likuiditas BSI tetap solid meski likuiditas pasar sedang ketat. Dana Pihak Ketiga (DPK) BSI naik 17,50% menjadi Rp296,70 triliun, sementara Tabungan meningkat 16,09% menjadi Rp128,78 triliun. Pertumbuhan ini didukung oleh pertambahan jumlah nasabah yang mencapai 20,46 juta per Juni 2024.

Selain itu, pembiayaan BSI juga tumbuh di atas rata-rata industri dengan total Rp257,39 triliun, naik 15,99% YoY, dengan NPF menurun menjadi 1,99%. Segmen ritel, konsumer, dan UMKM menyumbang Rp184,61 triliun dari total pembiayaan, dengan kontribusi besar dari produk gadai dan cicil emas yang tumbuh signifikan.

Di tengah era digital, layanan BSI Mobile terus diminati dengan jumlah pengguna mencapai 7,12 juta orang, dan jumlah transaksi mencapai 247,32 juta dengan nilai Rp298,82 triliun. BSI juga memperluas jaringan merchant QRIS dan BSI Agen untuk mendukung transaksi syariah di seluruh Indonesia.

BSI juga fokus pada prinsip Environment, Social, and Governance (ESG) dengan pembiayaan berkelanjutan mencapai Rp61,1 triliun, mendominasi segmen UMKM. Selain itu, BSI berkontribusi pada pengurangan emisi karbon melalui penyediaan mesin RVM (Reverse Vending Machine) di seluruh Indonesia.

BSI juga memberikan dukungan penuh pada penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024, dengan penambahan mesin ATM, EDC, dan BSI Smart Agen di Aceh. Hery Gunardi menegaskan bahwa BSI berkomitmen untuk mendukung pembangunan ekonomi Aceh dan suksesnya PON XXI sebagai momen bersejarah bagi daerah tersebut. (Lid)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Bupati Fransiskus Kukuhkan Gelar Karya Guru Penggerak Tahun 2024

KalbarOnline, Putussibau -  Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengukuhkan gelar karya kepada 39 guru penggerak…

44 mins ago

Bupati Kapuas Hulu Resmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan Sayut

KalbarOnline, Putussibau - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan meresmikan Asrama Santo Yusuf Paroki Penampakan Tuhan…

46 mins ago

Bang Midji Ngopi Sore dengan Tokoh Masyarakat Sintang di Pasar Masuka

KalbarOnline, Sintang - Bakal calon Gubernur Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji mengisi waktu sore dengan…

2 hours ago

Bupati Ketapang Jadi Inspektur Upacara Militer Tugu Juang Tumbang Titi

KalbarOnline, Ketapang - Memasuki hari ke-3 rangkaian Napak Tilas 2024, Bupati Ketapang, Martin Rantan menjadi…

3 hours ago

Pasien Kanker Asal Sambas Senang Layanan Radioterapi RSUD Soedarso Mulai Beroperasi

KalbarOnline, Pontianak - Uray Hidayati, seorang ibu pengidap kanker asal Selakau, Kabupaten Sambas, mengaku senang…

3 hours ago

Berkinerja Baik Turunkan Angka Kemiskinan Ekstrem, Pemprov Kalbar Raih Penghargaan Insentif Fiskal

KalbarOnline, Jakarta - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat kembali memperoleh penghargaan atas kinerjanya. Kali ini penghargaan…

3 hours ago