Pesan WhatsApp Palsu Mengatasnamakan Pj Wali Kota Pontianak Beredar, Warga Diimbau Waspada

KalbarOnline.com – Masyarakat Pontianak diimbau untuk waspada terhadap modus penipuan yang mencatut nama-nama pejabat, termasuk Penjabat (Pj) Wali Kota Pontianak, Ani Sofian. Penipuan ini menggunakan berbagai cara, salah satunya dengan membuat akun WhatsApp palsu yang menggunakan nama dan foto pejabat untuk mengirimkan pesan kepada warga.

Nama Ani Sofian juga digunakan oleh pelaku penipuan dalam pesan WhatsApp yang diterima oleh salah satu warga. Warga tersebut, yang curiga akan keaslian pesan tersebut, langsung mengonfirmasi kebenarannya kepada Pj Wali Kota Ani Sofian.

“Saya tegaskan bahwa nomor dan isi pesan tersebut bukan dari saya, itu adalah modus penipuan yang menggunakan foto saya di profil WA-nya,” kata Ani Sofian pada Senin (2/9/2024).

Ani Sofian menegaskan bahwa dirinya tidak pernah menghubungi siapapun, termasuk rumah ibadah atau lembaga, terkait dengan pemberian bantuan sosial (bansos) atau bantuan lainnya melalui nomor ponsel. Dia menjelaskan bahwa seluruh penyaluran bansos di Pemkot Pontianak dilakukan melalui mekanisme resmi tanpa biaya apapun. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk selalu mengonfirmasi langsung ke Pemkot Pontianak jika menerima pesan yang mencurigakan.

“Kami meminta masyarakat untuk selalu waspada dan mengecek kebenaran jika ada yang menghubungi dengan mengatasnamakan pejabat Pemkot Pontianak,” tegasnya.

Dengan kemajuan teknologi, para pelaku penipuan semakin canggih dalam melakukan aksinya. Ani Sofian mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dan tidak mudah percaya pada pesan-pesan yang datang melalui WhatsApp atau media sosial lainnya.

“Jadi, saya minta masyarakat tidak mudah percaya apabila ada yang menghubungi atau mengirim pesan melalui handphone dengan mengatasnamakan pejabat-pejabat tertentu,” tutupnya. (Jau)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Bupati Kapuas Hulu Hadiri Deklarasi ODF 4 Desa di Badau

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menghadiri kegiatan deklarasi ODF di Desa…

8 hours ago

Bergabung Bersama 700 Relawan Saro’an di Tebas, Ria Norsan Disambut Antusias

KalbarOnline, Sambas - Calon Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan menghadiri pengukuhan tim kemenangan dan relawan…

8 hours ago

Bang Midji Serahkan Bantuan Sajadah ke Masjid Agung Sultan Anum Sekadau

KalbarOnline, Sekadau - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) periode 2018 - 2023, Sutarmidji bersilaturahmi dengan jemaah…

12 hours ago

Tragedi Perkemahan di Kubu Raya, Harisson Minta Panitia Kemah Perhatikan Kondisi Cuaca

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson turut menyampaikan duka cita yang mendalam…

12 hours ago

Pj Gubernur Harisson Dukung Metode Gasing Diterapkan di Sekolah-sekolah Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson, mendorong penerapan metode belajar berhitung dengan…

12 hours ago

Hari Kedua, Napak Tilas Bupati dan Rombongan Ziarah ke Makam-makam Pahlawan Daerah

KalbarOnline, Ketapang - Rangkaian kegiatan napak tilas tahun 2024 di Kabupaten Ketapang sudah dimulai, salah…

13 hours ago