Pontianak Tempati Peringkat Enam Kota dengan Inflasi Terendah Nasional

KalbarOnline.com – Kota Pontianak kembali mencatat prestasi dalam pengendalian inflasi. Data terbaru menunjukkan bahwa inflasi di Pontianak pada Agustus 2024 berada di angka 1,31 persen, menempatkan kota ini di peringkat enam nasional untuk inflasi terendah. Pencapaian ini menambah daftar prestasi Pontianak yang sebelumnya juga mendapat penghargaan dari Presiden Joko Widodo atas konsistensinya dalam menjaga inflasi rendah selama setahun terakhir.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pontianak Ani Sofian menyampaikan bahwa pihaknya tidak akan berpuas diri dan akan terus berfokus pada kesejahteraan masyarakat serta peningkatan daya beli. “Ini menjadi satu langkah penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kita ingin daya beli masyarakat terus meningkat,” ujarnya usai mengikuti rapat koordinasi inflasi secara virtual di Pontive Center, Selasa (3/9/2024).

Dibandingkan tahun lalu, inflasi di Kota Pontianak menunjukkan penurunan yang signifikan, dari 3,74 persen pada Agustus 2023 menjadi 1,31 persen pada Agustus 2024. Beberapa komoditas yang menjadi penyumbang inflasi di bulan Agustus 2024 antara lain kacang panjang, kopi bubuk, dan cabai rawit. Sementara itu, beberapa komoditas lain seperti daging ayam ras dan bawang merah justru mengalami penurunan harga.

Ani Sofian menjelaskan bahwa pengendalian inflasi ini tidak terlepas dari berbagai upaya Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Pontianak, termasuk Gerakan ASN Menanam Sayur dan pengembangan sorgum sebagai pengganti nasi.

“Strategi kebijakan 4K, yaitu keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektif sangat penting. Kami akan terus menajamkan program untuk mengatasi lonjakan inflasi,” tutupnya. (Jau)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Bupati Kapuas Hulu Hadiri Deklarasi ODF 4 Desa di Badau

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menghadiri kegiatan deklarasi ODF di Desa…

8 hours ago

Bergabung Bersama 700 Relawan Saro’an di Tebas, Ria Norsan Disambut Antusias

KalbarOnline, Sambas - Calon Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan menghadiri pengukuhan tim kemenangan dan relawan…

8 hours ago

Bang Midji Serahkan Bantuan Sajadah ke Masjid Agung Sultan Anum Sekadau

KalbarOnline, Sekadau - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) periode 2018 - 2023, Sutarmidji bersilaturahmi dengan jemaah…

12 hours ago

Tragedi Perkemahan di Kubu Raya, Harisson Minta Panitia Kemah Perhatikan Kondisi Cuaca

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson turut menyampaikan duka cita yang mendalam…

12 hours ago

Pj Gubernur Harisson Dukung Metode Gasing Diterapkan di Sekolah-sekolah Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson, mendorong penerapan metode belajar berhitung dengan…

12 hours ago

Hari Kedua, Napak Tilas Bupati dan Rombongan Ziarah ke Makam-makam Pahlawan Daerah

KalbarOnline, Ketapang - Rangkaian kegiatan napak tilas tahun 2024 di Kabupaten Ketapang sudah dimulai, salah…

12 hours ago