Buka Festival Robo-Robo 2024, Windy Harisson: Pemprov Kalbar Dukung Event Budaya Potensial

KalbarOnline.com – Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kalimantan Barat (Kalbar), Windy Prihastari Harisson, secara resmi membuka Festival Robo-Robo 2024 di Kabupaten Mempawah, Rabu (4/9). Windy mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar dalam acara ini, yang ditandai dengan pemukulan rebana oleh para pejabat yang hadir. Festival ini menjadi bagian dari Calendar of Event (CoE) Kalbar dan bertujuan untuk melestarikan serta memperkenalkan budaya lokal.

“Robo-robo merupakan salah satu event budaya unggulan di Kalbar, sejalan dengan branding pariwisata kita yang mengedepankan rimba dan budaya,” ujar Windy dalam sambutannya.

Festival Robo-Robo sendiri merupakan tradisi yang memperingati kedatangan Opu Daeng Menambon dari Kerajaan Matan (Martapura), Ketapang, ke Mempawah pada tahun 1737 Masehi. Opu Daeng Menambon, yang merupakan keturunan Kerajaan Luwu, Sulawesi Selatan, datang untuk menyebarkan agama Islam dan membuka wilayah Kerajaan Mempawah.

“Festival ini juga merupakan ajang promosi bagi generasi muda untuk mengenal dan mempromosikan budaya Kalbar ke khalayak luas,” tambah Windy.

Disporapar Kalbar juga terus mendukung pengembangan ekonomi kreatif (ekraf) melalui CoE Kalbar. Windy menyebut bahwa Festival Robo-Robo termasuk dalam tiga event potensial Kalbar yang tengah didorong untuk masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN), bersama Festival Kulminasi Matahari dan Festival Bukit Kelam.

“Saat ini kita sudah punya dua event yang lolos KEN, yaitu Cap Go Meh di Singkawang dan Gawia Sowa di Bengkayang. Kita berharap Robo-Robo, Kulminasi, dan Bukit Kelam bisa menyusul,” jelasnya.

Untuk mendukung tiga event potensial tersebut, Disporapar Kalbar telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp300 juta, dengan masing-masing Rp100 juta untuk Festival Robo-Robo, Kulminasi Matahari, dan Festival Bukit Kelam. (Jau)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Bupati Kapuas Hulu Hadiri Deklarasi ODF 4 Desa di Badau

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menghadiri kegiatan deklarasi ODF di Desa…

8 hours ago

Bergabung Bersama 700 Relawan Saro’an di Tebas, Ria Norsan Disambut Antusias

KalbarOnline, Sambas - Calon Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan menghadiri pengukuhan tim kemenangan dan relawan…

8 hours ago

Bang Midji Serahkan Bantuan Sajadah ke Masjid Agung Sultan Anum Sekadau

KalbarOnline, Sekadau - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) periode 2018 - 2023, Sutarmidji bersilaturahmi dengan jemaah…

12 hours ago

Tragedi Perkemahan di Kubu Raya, Harisson Minta Panitia Kemah Perhatikan Kondisi Cuaca

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson turut menyampaikan duka cita yang mendalam…

12 hours ago

Pj Gubernur Harisson Dukung Metode Gasing Diterapkan di Sekolah-sekolah Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson, mendorong penerapan metode belajar berhitung dengan…

12 hours ago

Hari Kedua, Napak Tilas Bupati dan Rombongan Ziarah ke Makam-makam Pahlawan Daerah

KalbarOnline, Ketapang - Rangkaian kegiatan napak tilas tahun 2024 di Kabupaten Ketapang sudah dimulai, salah…

13 hours ago