Korem 121/ABW dan Kodim Putussibau Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana Alam Banjir

KalbarOnline, Putussibau – Korem 121/Abw menggelar latihan atau simulasi lapangan terkait penanggulangan bencana alam banjir di Markas Kodim 1206/Putusibau yang berlokasi di Desa Pala Pulau, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu (04/09/2024).

Kegiatan yang dibuka oleh Kasiops Kasrem 121/Abw, Letkol Inf Jumadal ini bertujuan guna mengantisipasi lonjakan korban warga sekitar yang lebih besar.

Selain TNI, kegiatan ini diikuti oleh unsur Polri, pemda, basarnas yang tergabung dalam PRC PB (Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana). Simulasi yang dilakukan yakni terkait bagimana melakukan integrasi dan berkolaborasi, pengerahan kekuatan skala besar di wilayah yang terdampak, baik personel, materiil maupun sarana dan prasarana terkait dengan kebencanaan alam.

Danrem 121/Abw, Brigjen TNI Luqman Arief dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kasiops Kasrem 121/Abw, Letkol Inf Jumadal Aulia mengatakan, bahwa latihan ini mempunyai tujuan untuk melatih ketanggapsegeraan dan kesiapsiagaan satuan dan unsur-unsur terkait dalam rangka membantu penanganan bencana alam di wilayah.

“Sehingga dilakukan sejumlah simulasi, yang menggambarkan kondisi jika terjadi bencana alam khususnya bencana banjir,” terangnya.

Melalui pelatihan ini, diharapkan segenap satuan dan unsur yang tergabung dalam latihan, dapat dan mampu bekerja sama serta bersinergi dalam menanggulangi bencana alam yang sewaktu-waktu bisa terjadi di wilayah.

“Sehingga kita akan selalu siap setiap saat untuk melaksanakan operasi jika terjadi bencana alam di wilayah,” ucapnya.

Setelah pelaksanaan gelar pasukan, seluruh peserta latihan melaksanakan simulasi latihan di Kelurahan Pala Pulau, Kecamatan Putussibau Utara, yang dianggapkan sebagai wilayah yang terdampak bencana alam banjir.

Dengan penuh semangat dan antusias, seluruh peserta latihan serta masyarakat yang terlibat betul-betul menghayati peran masing-masing. (Haq)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

Bupati Kapuas Hulu Hadiri Deklarasi ODF 4 Desa di Badau

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menghadiri kegiatan deklarasi ODF di Desa…

8 hours ago

Bergabung Bersama 700 Relawan Saro’an di Tebas, Ria Norsan Disambut Antusias

KalbarOnline, Sambas - Calon Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan menghadiri pengukuhan tim kemenangan dan relawan…

8 hours ago

Bang Midji Serahkan Bantuan Sajadah ke Masjid Agung Sultan Anum Sekadau

KalbarOnline, Sekadau - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) periode 2018 - 2023, Sutarmidji bersilaturahmi dengan jemaah…

12 hours ago

Tragedi Perkemahan di Kubu Raya, Harisson Minta Panitia Kemah Perhatikan Kondisi Cuaca

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson turut menyampaikan duka cita yang mendalam…

12 hours ago

Pj Gubernur Harisson Dukung Metode Gasing Diterapkan di Sekolah-sekolah Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson, mendorong penerapan metode belajar berhitung dengan…

12 hours ago

Hari Kedua, Napak Tilas Bupati dan Rombongan Ziarah ke Makam-makam Pahlawan Daerah

KalbarOnline, Ketapang - Rangkaian kegiatan napak tilas tahun 2024 di Kabupaten Ketapang sudah dimulai, salah…

13 hours ago