Menparekraf Umumkan 50 Besar ADWI 2024, Termasuk Desa Batu Lintang Sungai Utik

KalbarOnline, Putussibau – Perjalanan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 telah memasuki babak akhir kurasi. Untuk sampai di tahap ini, proses yang diikuti oleh peserta cukup berat,, karena harus bersaing dengan 6.016 desa wisata di seluruh Provinsi di Indonesia.

Sehingga, banyak dari para penggiat desa wisata menunjukan pesona terbaik serta menggali potensi yang dimiliki desa wisata untuk disajikan dengan semenarik mungkin.

“Untuk sampai di titik ini perjalanan desa wisata tidaklah mudah. Bersaing dengan 6.016 desa wisata lainnya, membuat desa wisata berlomba-lomba menampilkan wajah terbaik desa wisatanya. Menggali seluruh potensi dan menyajikannya dengan kemasan yang sangat menarik,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno melalui Instagram @anugerahdesawisataindonesia dan YouTube @anugerahdesawisata7358.

Proses kurasi dengan tahapan yang cukup panjang disertai analisis penilaian secara objektif oleh Dewan Juri, menghasilkan desa wisata terbaik yang menjadi barometer dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024.

“Setelah melalui proses kurasi yang panjang, analisis dan penilaian secara objektif oleh seluruh tim Dewan Juri, Kemenparekraf telah mendapatkan desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024,” kata Menparekraf RI.

Dalam momen ini, Menteri Sandiaga dengan sangat bangga mengumumkan 50 besar desa wisata Anugerah Desa Wisata Indonesia.

“Inilah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh peserta adwi 2024. Dengan sangat teramat bangga, saya umumkan 50 besar desa wisata Anugerah Desa Wisata Indo mendampingi Direktur Tata Kelola Destinasi di Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Florida Pardosi turun langsung ke Dusun Sungai Utik, Desa Batu Lintang Kecamatan Embaloh Hulu, Sabtu (07/09/2024),” katanya.

Wabup Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat  dalam kesempatan itu mendampingi langsung Direktur Tata Kelola Destinasi, Florida Pardosi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia ke Desa Batu Lintang, Kecamatan Embaloh Hulu pada kegiatan visitasi dan penilaian lapangan 50 Besar Desa Wisata ADWI 2024.

Dalam kegiatan tersebut, menurut pengakuan dewan juri, Desa Wisata Batu Lintang Dusun Sungai Utik ini merupakan desa pertama dalam sejarah mereka, sejak tahun 2022 kegiatan ADWI ini dimulai, yang kali pertama ikut serta dalam penilaian dan langsung masuk menjadi nominasi 50 Besar Desa Wisata ADWI tahun 2024. Desa ini bersaing dengan 93 desa se-Kalimantan Barat dan 6.016 desa se-Indonesia.

Wahyudi Hidayat turut menyampaikan, apresiasi dan rasa bangga yang setinggi-tinggi kepada seluruh elemen yang bekerja sama dalam menyukseskan kegiatan ini, terutama kepada masyarakat Desa Batu Lintang Dusun Sungai Utik yang bekerja keras hingga masuk dalam 50 Besar Desa Wisata ADWI 2024.

Wahyudi mengatakan, pihaknya siap membantu apa-apa yang menjadi kekurangan apabila Desa Batu Lintang Dusun Sungai Utik ini sukses masuk dalam 5 Besar Desa Wisata ADWI 2024. (Haq)

adminkalbaronline

Share
Published by
adminkalbaronline

Recent Posts

5 Drama Korea Romantis yang Tayang September 2024, Siap Bikin Baper!

KalbarOnline.com – Para penggemar drama Korea romantis siap-siap terhanyut dengan berbagai judul terbaru yang akan…

2 hours ago

Berlangsung Sengit, Persija Jakarta vs Dewa United Berakhir Tanpa Gol

KalbarOnline.com – Pertandingan Persija Jakarta melawan Dewa United pada lanjutan BRI Liga 1 2024/2025 berakhir…

2 hours ago

2.178 Personel Amankan Pertandingan Persija Jakarta vs Dewa United di GBK

KalbarOnline.com – Pertandingan seru antara Persija Jakarta melawan Dewa United akan digelar pada Senin, 16…

3 hours ago

Tegas! Polsek Boyan Tanjung Larang Aktivitas PETI di Dusun Penemur I Desa Teluk Geruguk 

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Kepala Polsek Boyan Tanjung, IPTU Widiharso,  menggelar sosialisasi dan imbauan kepada…

6 hours ago

5 Fakta Menarik Drama Korea Fragile, Kisah Remaja SMA yang Mencari Jati Diri

KalbarOnline.com – Bulan September ini, ada banyak drama Korea baru yang menarik untuk ditonton, salah…

7 hours ago

Peringatan Maulid Jadi Momentum Aktualisasi Nilai Keteladanan Nabi Muhammad Saw

KalbarOnline, Ketapang - Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Heryandi menghadiri tabligh akbar dalam…

8 hours ago